10 Rekomendasi Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui

  • Bagikan
10 Rekomendasi Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui
halodoc.com

Seruni.id – Tidak semua jenis obat flu dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui. Banyak hal yang mesti dijadikan pertimbangan, salah satunya yakni efek samping yang ditimbulkan, apakah berpengaruh terhadap si kecil atau tidak. Kondisi ini memang sangat menganggu. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kelelahan, cuaca yang tidak menentu, hingga perubahan pola hidup ketika mengurus dan menyusui si buah hati.

10 Rekomendasi Obat Flu yang Aman untuk Ibu Menyusui
halodoc.com

Untuk mengatasinya memang membutuhkan obat, tapi seperti yang sudah Seruni katakan sebelumnya, tidak semua obat aman dan cocok untuk ibu menyusui. Bahkan, salah memilih hanya akan membuat gejala semakin memburuk. Jika kamu ingin mengetahui apa saja merek obat flu yang aman untuk ibu menyusui, berikut Seruni telah merangkumnya mulai dari obat yang dijual di apotek hingga obat alami. Disimak baik-baik ya, agar tidak salah minum obat.

Obat Flu untuk Ibu Menyusui

1. Anthistamin

Salah satu merk obat flu untuk ibu menyusui yang dijual di apotik adalah Anthistamin. Ini merupakan salah satu obat yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi flu akibat reaksi alergi. Untuk diketahui, bahwa obat flu yang mengandung anthistamin mampu mengatasi berbagai gejala penyerta, sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Anthistamin temasuk obat flu yang memiliki efek samping tersendiri, yakni membuat seseorang menjadi mudah mengantuk. Maka dari itu, setelah mengonsumsi obat ini, usahakan untuk tidak mengendarai kendaraan, ya, karena akan sangat membahayakan.

2. Dekongestan

Obat flu yang aman untuk ibu menyusui berikutnya yakni Dekongestan. Sebab, obat ini mengandung pseudeophedrine atau phenylephedrine, sehingga mampu melegakan hidung tersumbat. Meski obat yang satu ini tergolong aman, tapi cara kerjanya dapat memengaruhi kegiatan selama proses menyusui si kecil, loh. Pasalnya, pada sebagian orang, Dekongestan dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti mual dan sakit kepala. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsinya, pastikan kamu telah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

3. Parasetamol

Parasetamol merupakan salah satu obat flu alternatif untuk ibu menyusui. Obat ini memiliki peran penting, yakni menurunkan demam sekaligus meredakan nyeri yang terasa di sekujur tubuh. Namun, jika kamu sudah mengonsumsi obat lainnya, pastikan tidak ada kandungan parasetamol di dalamnya, karena bisa menggandakan dosisnya, dan ini sangat tidak dianjurkan.

4. Ibuprofen

Jika kamu sedang menyusui dan mengalami flu, maka bisa mengonsumsi Ibupforesn. Obat ini dipercaya ampuh dan aman dikonsumsi unutk ibu menyusui, termasuk tidak akan memengaruhi produksi ASI. Ketika mengonsumsinya dengan dosis yang tepat, maka gejala demam, nyeri pada otot, dan sakit kepala bisa berkurang. Namun, pastikan dosisnya sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter, ya. Selain itu, kamu perlu memerhatiakn reaksi yang terjadi pada bayi setelah mengonsumsi obat tertentu. Apabila ada reaksi alergi yang berupa ruam dan kemerahan di pipi atau badan, diare atau perubahan pola tidur, sebaiknya segeralah konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Dextrometrhophan

Flu dan batuk, merupakan kedua penyakit yang terkadang datang secara bersamaan. Untuk meredakan batuk yang membuat tenggorokan terasa gatal, kamu bisa mengonsumsi obat dengan kandungan Dextromethorphan. Kandungan ini bekerja secara aktif dengan mengurangi keinginanmu untuk terbatuk. Obat flu ini dinyatakan aman untuk ibu menyusui. Namun, tidak dianjurkan dikonsumsi kalau ibu memiliki riwayat asma, bronkitis, dan mengidap atau memiliki riwayat diabetes. Pasalnya, mengonsumsinya hanya akan membuat penyakit tersebut semakin memburuk.

Obat Flu Ibu Menyusui Alami

Obat-obatan berbahan kimia bukanlah satu-satunya solusi untuk mengatasi flu saat menyusui. Kamu bisa mengonsumsi obat flu tradisional, yang telah lama dipercaya berkhasiat untuk meredakan gejala flu dan batuk. Adapun obat flu yang aman untuk ibu menyusui yakni sebagai berikut:

1. Air Hangat

Mengonsumsi air hangat ketika sedang flu, merupakan salah satu obat alami yang murah dan mudah dilakukan. Air hangat dapat meredakan berbagai gejala yang disebabkan oleh flu. Dengan mengonsumsi air hangat, tenggorokan dan hidung tersumbat pun menjadi lebih lega. Minumlah air hangat secara rutin selama terserang flu, agar asupan cairan dapat terpenuhi dengan baik.

2. Air Jahe

Selain air hangat, air jahe pun dipercaya ampuh sebagai obat flu yang aman untuk ibu menyusui. Kandungan gingerol, minyak atsiri, dan antioksidan alami dalam jahe dapat menjadi obat flu alami bagi ibu menyusui, karena dapat meredakan demam dan gejala penyerta lainnya. Dengan mengonsumsi air jahe, akan memberikan rasa hangat pada tubuh maupun tenggorokan. Selain itu, kandungan asam amino dan mineralnya juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah.

3. Teh

Teh hijau maupaun hitam, merupakan teh yang baik dikonsumsi ketika sedang flu, terlebih pada ibu menyusui. Sebab, kedua jenis teh tersebut memiiki kandungan antioksidan theanine, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Madu

Sudah sejak lama, madu dikenal sebagai salah satu obat yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Madu juga bisa dijadikan sebagai pilihan obat flu alami untuk ibu menyusui. Konsumsilah 1-2 sendok madu setiap pagi, atau campurkan ke dalam teh hangat. Selain meredakan gejala flu, madu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta melancarkan ASI, loh.

5. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang pasti ada di dapur. Dan ternyata bawang putih bisa menjadi obat flu alami untuk ibu menyusui. Cara menggunakan bawang putih sebagai obat pilek alami adalah dengan memakannya mentah-mentah, sebanyak 1 butir saja per hari. Namun, perlu kamu ketahui bahwa bawang putih juga dapat memberi efek negatif pada tubuh jika mengonsumsinya berlebihan. Selain itu, pada beberapa orang, mengonsumsi bawang putih mentah dapat menyebabkan sakit perut dan pusing. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan bawang putih sebagai obat pilek alami, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Baca Juga: Waspada Flu Singapura Menyerang Si Kecil, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa pilihan obat flu yang aman untuk ibu menyusui. Sebelum mengonsumsinya, pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter, ya. Sehingga asupan obat dapat dikonsumsi secara tepat. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id