4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Anak, Wajib Tahu!

  • Bagikan
vitasi.net

Seruni.id – Kacang hijau adalah penganan yang sudah sejak lama menjadi favorit, baik di kalangan anak-anak, hingga lansia. Selain lezat, nyatanya jenis kacang-kacangan satu ini memiliki banyak khasiat. Nah, kali ini Seruni akan bagikan apa saja manfaat kacang hijau untuk kesehatan anak. Apa saja? Ini dia:

Image result for mung bean
istockphoto.com

Mendukung Kecerdasan

Sebagai sumber asam folat, menjadikan manfaat kacang hijau sangat tepat untuk mengoptimalkan daya ingat anak. Kemampuan mengingat yang kuat ini akan membantu buah hati kita untuk lebih mudah memahami dan mengingat materi yang ia pelajari di sekolah, sehingga ia tidak akan menemui kesulitan saat mengerjakan tugas atau menghadapi ujian sekalipun.

Mengoptimalkan Pertumbuhan

Selain menjadi sumber asam folat yang baik, penganan satu ini juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A, B6, C, E, dan K yang penting untuk menunjang pertumbuhan anak kita. Selain itu, kacang hijau juga merupakan sumber protein yang baik, karena mengandung 20 hingga 24 persen protein. Bahkan, terdapat juga zat besi yang membuat manfaat kacang hijau sangat baik untuk mencegah anemia.

Baca Juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Tidak hanya dapat dikonsumsi untuk anak yang berusia di atas 5 tahun, kacang hijau juga sangat cocok untuk dijadikan makanan pendamping ASI (MPASI). Karena kandungan kalsium dan fosfornya akan membuat manfaat kacang hijau baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan flavonoid dalam kacang hijau berperan penting sebagai anti-mikroba dan anti-inflamasi yang membuat manfaat kacang hijau berguna untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh buah hati kita. Maka, anak pun akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga akan jarang terserang penyakit yang bisa sangat mengganggu aktivitasnya.

Related image
bakeryandsnacks.com

Jadi, mulai sekarang harus pintar-pintar menyelipkan kacang hijau ke dalam menu harian anak, ya.

  • Bagikan
seruni.id