Tak Hanya Enak, Ini 20 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

  • Bagikan
Tak Hanya Enak, Ini 20 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan
halodoc.com

Seruni.id – Pepaya tidak hanya memiliki rasa yang enak, namun manfaat pepaya juga sangat luar biasa. Salah satunya dapat memperlancar buang air besar (BAB). Sebab, mengandung banyak serat. Tapi, tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat lainnya yang terkandung pada buah pepaya?

Tak Hanya Enak, Ini 20 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan
halodoc.com

Buah dengan nama latin Carica papaya ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan. Menariknya, hampir semua bagian pepaya bisa dikonsumsi, mulai dari buah, daun, hingga bunga. Buah berwarna oranye ini pun mengandung enzom yang disebut paparin serta antioksidan lebih banyak dari buah-buahan lain. Kandungan nutrisi pada pepaya seperti serat, mineral (likopen, kalsium, potasium, folat, magnesium), dan vitamin A, B1, B3, B5, E, dan K.

Satu buah pepaya berukuran kecil dengan berat 152 gram, mengandung 59 Kkal, 15 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 1 gram protein. Selain itu, kandungan gula dan indeks glikemik pada pepaya cukup rendah. Jadi, aman dikonsumsi penderita diabetes. Lalu apa saja manfaat makan buah pepaya setiap hari?

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Mungkin sudah banyak yang tahu, bahwa manfaat pepaya bisa mengatasi selembelit hingga sulit BAB. Maka, penting sekali untuk mengonsumsinya setelah makan. Selain mudah didapat, pepaya juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Buah pepaya mengandung ‘papain’ yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein. Buah pepaya merupakan sumber serat yang baik, folat, vitamin A, karotenoid, lutein, lycopene, dan asam amino esensial yang memengaruhi fungsi sel.

2. Mencegah Kanker

Selain dapat memperlancar sistem pencernaan, buah pepaya juga sangat baik dikonsumsi bagi penderita kanker, terutama kandekr payudara, loh. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi penelitian, bahwa kandungan buah papaya berupa likopen dapat mengurangi risiko kanker.

3. Mencegah Peradangan Kronis

Buah-buahan serta sayuran yang kaya akan antioksidan dipercaya mampu mengurangi inflamasi atau peradangan kronis. Begitupun dengan buah pepaya yang termasuk ke dalam salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi. Jadi, ketika mengonsumsi buah pepaya matang, tak akan terjadi peradangan kronis.

4. Meredakan Nyeri Menstruasi

Kebanyakan wanita akan merasakan nyeri pada bagian perut ketika sedang datang bulan. Untuk mengatasi masalah ini jangan lupakan manfaat pepaya sebagai obat untuk meredakan rasa sakit. Sebab, kandungan enzin papain dalam pepaya sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan hingga meredakan nyeri menstruasi.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menambahkan pepaya ke dalam makanan dapat meningkatkan kesehatan jantungmu, loh. Dalam sebuah studi menunjukkan, bahwa buah-buahan yang kaya akan likopen dan vitamin C seperti pepaya ini, dapat membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya pun dapat melindungi jantungmu dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol. Rasio yang membaik juga termasuk alasan penurunan risiko penyakit jantung.

6. Membunuh Parasit pada Usus

Manfaat pepaya berikutnya, bisa kamu dapatkan dari bijinya. Biji buah pepaya ternyata juga dipercaya dapat membunuh cacing usus dan parasit amuba pada tubuh. Kandungan karpain pada pepaya dapat membantu menyingkitkan parasit pada saluran pencernaan tersebut.

7. Menyembuhkan Luka pada Lapisan Perut

Masih berhubungan dengan pencernaan, manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan adalah dapat menyembuhkan luka yang terjadi pada laipsan perut dan sistem pencernaan lainnya. Kandungan dari buah tersebut dapat membantu tubuh untuk melindungi sistem penceraan. Maka dari itu, buah ini sangat baik sekali dikonsumi oleh seseorang yang mengidap penyakit maag.

8. Memperkuat Sistem Imun

Sistem imun sangat penting sekali untuk kita jaga, agar tubuh tidak mudah terserang segala macam penyakit. Maka dari itu, perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan E yang bisa menguatkan sistem imun tubuh, seperti salah satunya adalah pepaya. Dengan mengonsumsi buah pepaya secara rutin, risiko terserang penyakit infeksi pun akan semakain berkurang, contohnya flu dan pilek.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan zat gizi lain seperti vitamin K dalam pepaya ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang kita. Kekurangan vitamin K yang parah dapat menyebabkan terjadinya patah tulang atau tulang akan mudah keropos. Vitamin K dapat membantu kamu dalam penyerapan kalsium dan mengurangi pengeluaran kalsium pada urin.

10. Mengntrol Gula Darah

Penderita diabetes penting sekali mengontrol gula darahnya dengan mengonsumsi serat yang cukup. Dalam satu buah pepaya berukuran sedang, mengandung 4,7 gram serat. Selain itu, buah satu ini dipilih oleh banyak orang untuk meningkatkan kesuksesan dalam program penurunan berat badan, loh. Oleh karena itu, jadikan pepaya sebagai salah satu pilihan buah dalam menu harianmu, ya.

11. Dapat Menurunkan Berat Badan

Banyak wanita yang ingin memiliki tubuh ideal. Karena dengan tubuh ideal, akan mempermudah memilih pakaian untuk tampil maksimal. Selain itu, juga akan membuat siapa saja merasa lebih percaya diri. Nah, sekarang kamu tak perlu lagi bingung memikirkan bagaimana caranya, karena pepaya bisa menjadi solusinya. Manfaat pepaya untuk diet sangat ampuh sekali, karena pepaya adalah buah yang kaya akan kalsium, vitamin, zat besi, dan riboflavin. Pepaya juga memiliki kadar lemak yang sangat rendah. Kandungan papain dalam buah pepaya juga membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi konstipasi. Karena itulah buah ini sangat baik untuk diet.

12. Meminimalisirkan Risiko Kerusakan Mata

Jika kamu termasuk orang yang terus menerus bertatapan dengan layar monitor, maka penting sekali untuk memnuhi kebutuhan vitamin A dengan buah pepaya, sehingga mata akan tetap sehat dan segar, dan pastikan dapat meminimalisir risiko kerusakan pada mata.

Manfaat Pepaya untuk Kecantikan

13. Mencegah Jerawat

Salah satu manfaat pepaya adalah mencegah jerawat. Jerawat dapat timbul karena berbagai hal, seperti tumbukan sel kulit mati, kadar minyak berlebih pada wajah, sumbatan kotoran di pori kulit wajah, dan lain-lain. Adapaun faktor utama untuk menghindari timbulnya jerawat yaitu rutin membersihkan bagian kulit wajah menggunakan bahan-bahan yang sifatnya dapat menyerap kotoran dan menutrisi kulit wajah. Salah satu cara mencegah jerawat adalah campuran pepaya dan larutan teh hijau.

14. Mencegah Tanda Penuaan

Manfaat pepaya untuk wajah berikutnya selain dapat mencegah jerawat ternyata juga dapat mencegah tanda penuaan, loh. Kandungan vitamin A pada pepaya dapat meuluruhkan sel kulit mati dan menjaga kulit agar tetap lembut dan lentur. Kandungan pada pepaya yaitu AHA dapat membantu membersihkan sel kulit mati, serta menghilangkan kerutan di wajah dan garis halus di kulit. Vitamin C dan E pada pepaya dapat meremajakan kulit dan membantu kamu untuk memiliki kulit yang tampak lebih muda.

15. Melembapkan Kulit Wajah

Banyak wanita yang menghabiskan uangnya untuk membeli produk pelembap kulit. Namun, mereka tak tahu, bahwa ternyata dengan menggunakan masker pepaya saja, kita sudah bisa mendapatkan kulit lembap dan cantik, loh. Menggunakan masker pepaya secara rutin akan membuat wajah tidak kekurangan nutrisi dan cairan. Pun, wajah juga menjadi tidak mudah kering dan terlihat lembab lebih lama.

16. Menghilangkan Noda dan Flek Hitam pada Wajah

Sebal noda dan flek hitam pada wajah tak kunjung hilang? Tenang saja, masalah kulitmu itu bisa hilang dengan mudah, loh. Caranya mudah banget, kamu cukup memakai masker berbahan pepaya setiap hari agar hasil lebih maksimal.

17. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori wajah yang besar dapat menjadi tempat kotoran, debu, serta polusi menumpuk sehingga akan membuat kulit menjadi mudah berjerawat. Nah, manfaat pepaya selanjutnya ini, dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Caranya dengan diaplikasikan sebagai masker wajah.

18. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Pepaya bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan rambut, yaitu mengatasi ketombe, mencegah kerontokan, menguatkan dan menyuburkan pertumbuhan rambut, dan membuat rambut hitam berkilau. Kandungan asam folat pada pepaya bisa membantu meningkatkan sirkulasi ke folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan.

Selain buahnya, biji pepaya juga bisa dijadikan sebagai perawatan rambut untuk mengurangi ketombe. Biji pepaya memiliki sifat antijamur yang dapat mengendalikan dan mencegah ketombe. Kandungan tersebut mampu mencegah infeksi jamur yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe.

Caranya, Anda perlu mencampurkan daging dan biji pepaya menjadi pasta halus layaknya masker. Kemudian oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama sat jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keramas agar tidak lengket.

19. Mengatasi Mata Panda

Tak hanya yang matang saja, manfaat pepaya muda juga baik untuk kecantikan, loh. Salah satunya untuk menghilangkan mata panda. Cara memakainya cukup mudah, kamu perlu menghasulkan pepaya hijau hingga menjadi bubur untuk dijadikan masker di area kantung mata. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.

20. Melembutkan dan Mengencangkan Kulit

Pepaya akan mengurangi pembentukan radikal bebas, sehingga buah ini dapat mencegah penuaan dini atau membuat terlihat awet muda. Kamu bisa mencampurkan putih telur untuk masker wajah selama 20 menit. Putih telur akan membantu pepaya untuk mengencangkan kulit lebih efektif. Setelah dibilas, hasilnya akan membuat kulitmu terasa lebih lembut. Hal itu dikarenakan adanya proses pengelupasan kulit mati. Selain itu, cara ini juga akan membuat wajah terasa lebih segar dan merona.

Baca Juga: 9 Mitos atau Fakta Daun Pepaya

Nah, masih berani menghindari pepaya? Cobalah mulai sekarang untuk lebih rutin mengonsumsi buah penuh manfaat ini ya. Pepaya bisa sangat mudah kamu temukan kok baik di pasar tradisional maupun pasar modern dan harganya juga relatif murah dibanding dengan sejuta manfaat yang ia berikan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id