Ketahui 10 Manfaat Zakat Fitrah yang Dilakukan di Bulan Ramadhan

  • Bagikan
Ketahui 10 Manfaat Zakat Fitrah yang Dilakukan di Bulan Ramadhan
monye.kompas.com

Seruni.id – Sudahkah kamu mengeluarkan zakat fitrah di tahun ini? Kalau belum, yuk segera dibayarkan untuk menjadi penyempurna ibadah puasa Ramadhan. Namun, sebelum membayarkannya, apakah kamu sudah tahu apa saja manfaat zakat fitrah yang dilakukan setiap tahun di bulan Ramadhan selain untuk menyucikan harta? Berikut ini Seruni telah merangkum beberapa fungsi melaksanakan fitrah yang harus kamu tahu. Selengkapnya baca di bawah ini, ya.

Ketahui 10 Manfaat Zakat Fitrah yang Dilakukan di Bulan Ramadhan
detik.com

 

1. Menyempurnakan Iman

Manfaat zakat fitrah yang pertama, yakni merupakan salah satu pilar agama Islam. Bagi setiap Muslim yang berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan melengkapi kewajiban yang diamanatkan agamanya.

 

2. Membersihkan Jiwa

Selain memperoleh pahala yang berlipat, bulan Ramadhan juga bisa menjadi kesempatan untuk kita menyucikan jiwa melalui zakat fitrah. Hal ini tertulis dalam Al-Qur’an Surat At-Taubah ayat 103.

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

 

3. Dapat Menyucikan Harta

Bukan hanya jiwa yang kembali bersih, manfaat zakat fitrah juga dapat membersihkan harta dari hal-hal yang tidak baik. Contohnya, kamu adalah seorang pedagang. Dalam proses jual beli, ada pelanggan yang tidak rida dengan harga yang kamu berikan. Sehingga ia membelinya tanpa rasa ikhlas.

Maka, hal tersebut dapat menjadi penghalang dalam memperoleh harta. Proses jual beli tersebut dapat disucikan melalui zakat fitrah. Namun, fungsi menyucikan harta ini tidak berlaku bagi umat muslim yang memperoleh harta secara haram, seperti hasil korupsi, mencuri, atau menipu.

 

4. Mencapai Keimanan yang Sempurna

Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW,

“Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari: 13).

Hal ini tentu berkaitan dengan zakat, tanpa kita sadari, berzakat merupakan salah satu upaya untuk menyempurnakan keimanan, yakni dengan tidak hanya mementingkan diri sendiri, melainkan juga orang-orang yang membutuhkan.

 

5. Mempererat Jalinan Silaturahmi

Manfaat zakat fitrah berikutnya, juga dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar umat Muslim, loh. Jika muzaki (pemberi) peduli kepada mustahik (penerima) dan mustahik mendoakan muzaki, maka hal ini dapat memperkuat hubungan persaudaraan. Terlebih, di tengah pandemi ini, zakat fitrah sangat berharga bagi para mustahik. Sebab, dengan hal tersebut dapat meringankan beban mereka dalam menjalani kehidupan.

 

6. Berlatih Mensyukuri Nikmat Allah SWT

Manfaat zakat fitrah yang jarang kita sadari, yaitu dapat menumbuhkan rasa syukur dalam diri atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Dari setiap hasil kerja kita, ada peran orang lain dan campur tangan Allah SWT dalam prosesnya. Selain itu, zakat fitrah dapat membantu orang-orang yang tidak mampu merasakan nikmat hari raya. Mereka tidak merasa kekurangan makanan di momen tersebut.

 

7. Menjadi Pelindung di Hari Akhir

Di hari kiamat kelak, seluruh umat manusia akan dikumpulkan di padang Mahsyar. Nantinya, apa yang sudah kita amalkan akan menjadi tempat berteduh dari panas yang tak tertahankan. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Al-Bukhari, tentang salah satu dari tujuh jenis orang yang akan berada di bawah teduh Allah SWT di hari kebangkitan kelak.

“Orang-orang yang beramal dan menyembunyikannya sedemikian rupa sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diberikan oleh tangan kanannya.”

Jadi, jangan pernah lupa dengan kewajiban kita untuk mengeluarkan zakat atau beramal dalam bentuk apapun. Sehingga nantinya akan menjadi pemberat timbangan amal baik kita.

 

8. Menghapuskan Dosa

Setiap kebaikan yang kita lakukan dengan ikhlas dan karena Allah Ta’ala, akan mendapatkan pahala dna mengurangi dosa. Bahkan, hal tersebut juga bisa menghapuskannya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

“Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (Dalam HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaa’i).

 

9. Menenangkan Hati

Dengan berzakat keihklasan kita akan lebih terlatih. Jika kita melakukannya dengan ikhlas tanpa paksaan, maka manfaat zakat fitrah bisa membuat kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus dalam melakukan kebajikan bagi orang lain. Inilah hikmah zakat yang akan membawa banyak keselamatan.

 

10. Menjadi Tiket ke Surga

Sebagai seorang Muslim, kita pasti percaya akan adanya surga dan berusaha untuk masuk ke surga di akhir hidupnya. Dalam kaitannya dengan surga, manfaat zakat fitrah selanjutnya adalah pahala yang diperoleh dapat menjadi “tiket” yang melancarkan dan memastikan perjalananmu ke surga. Seperti yang disebutkan (Dalam HR. At-Tirmidzi):

“Surga adalah untuk “mereka yang bertutur halus, menyebarkan salam Islam, memberi makan orang-orang dan bermalam dengan memanjatkan doa secara sukarela ketika orang-orang sedang terlelap.”

Baca Juga: Perbedaan Zakat Fitrah, Zakat Profesi, dan Zakat Maal

Demikianlah sepuluh manfaat zakat fitrah yang harus kita ketahui. Bagi kamu yang belum membayarnya, yuk segera lakukan zakat fitrah sebelum Ramadhan berakhir. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan