Mau Belanja Online Lebih Hemat? Terapkan 6 Tips Ini Yuk!

Mau Belanja Online Lebih Hemat? Terapkan 6 Tips Ini Yuk!
economy.okezone.com

Seruni.id – Saat ini banyak orang yang lebih memilih untuk belanja secara online, dibandingkan harus datang langsung ke tokonya. Apalagi, belanja online jauh lebih praktis. Tinggal pilih, bayar, dan kamu hanya perlu duduk manis menunggu barangmu datang.

Mau Belanja Online Lebih Hemat? Terapkan 6 Tips Ini Yuk!
finance.detik.com

Tahukah kamu? Ternyata kamu bisa mendapatkan harga juah lebih murah lagi, loh. Bahkan, beberapa cara berikut ini dapat memberikan perbedaan yang cukup signifikan. Agar lebih hemat, yuk terapkan trik-trik di bawah ini.

1. Menyusun Daftar Belanja

Pertama-tama, pastikan kamu sudah membuat daftar barang yang ingin kamu beli. Cara ini tidak hanya berlaku ketika belanja secara offline saja, tapi juga online. Apa sih tujuannya? Salah satunya yakni agar kamu membeli apa yang memang dibutuhkan, jika tidak dibuat daftar biasanya kamu akan tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Setelah itu, pastikan keperluan yang dibeli tidak melebihi daftar belanja, ya. Karena kalau lebih, kamu akan gagal berhemat.

2. Bandingkan Harga dengan Website Lain

Agar belanja online lebih hemat, kamu perlu membandingkan harga dari beberapa website. Karena banyaknya website yang ada, terkadang mereka bersaing untuk memberikan layanan dan harga terbaik untuk para pelanggan. Keuntungan yang diperoleh bisa jadi bukan harga yang lebih kompetitif melainkan pada gimmick lainnya seperti gratis ongkos kirim atau potongan harga saat kamu belanja di lain waktu. Biasanya, potongan harga yang diberikan dapat digunakan untuk pembayaran tagihan rutin. Contoh, potongan harga hingga Rp20 ribu untuk pembayaran tagihan listrik setelah kamu membeli tiket pesawat melalui online. Bukankah dengan cara ini kamu jadi bisa lebih hemat?

3. Manfaatkan Promo

Jangan lupa untuk memanfaatkan promo yang diberikan ketika berbelanja online. Tapi, pastikan kamu memerhatikan syarat dan kententuan yang berlaku, ya. Promo menarik saat belanja online memang selalu menggoda. Bahkan, ketika kamu mengunjungi salah satu marketplace, dan menemukan banyak promo di sana. Lantas, yang terjadi justru di luar rencana, yang tadinya kamu ingin berhemat, justru menjadi lebih boros. Sebaiknya pastikan kamu jeli dalam memilih promo yang diberikan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhanmu.

4. Cari Lokasi Toko yang Jaraknya Dekat dengan Rumah

Memilih toko online yang dekat dengan rumah, akan membuat pengeluaran dalam berbelanja menjadi lebih hemat. Setidaknya toko tersebut berada dalam satu provinsi yang sama denganmu. Tujuannya tidak lain adalah agar ongkos kirim menjadi lebih murah.

5. Gunakan Jasa Pengiriman Mudah dan Terpercaya

Cara belanja online lebih hemat berikutnya yakni dengan memilih layanan pengiriman gratis dari situs belanja. Namun, jika layanan ini tidak tersedia, tenang saja. Kamu tetap bisa berhamat dengan cara memilih ekspedisi pengiriman termurah. Meski membutuhkan waktu yang lebih lama, tapi jika kamu tidak terburu-buru, ini bisa menjadi solusi yang terbaik.

6. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Tanpa kita sadari, belanja online dengan menggunakan kartu kredit terkadang membuat pengeluaran jauh lebih besar. Hal ini tentu membahayakan untuk kantongmu, kan? Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan pembayaran normal. Namun, jika terpakasa, usahakan kamu tetap mengontrol penggunaan dengan membeli barang yang sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 8 Alternatif Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan

Berbelanja online memang banyak keuntungannya ya. Tapi, kamu tetap harus bijak nih saat berbelanja online, jangan kalap dan tetap hemat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.