6 Publik Figur yang Berhasil Jalankan Diet ‘Puasa’, Siapa Saja?

  • Bagikan
6 Publik Figur yang Berhasil Jalankan Diet 'Puasa', Siapa Saja?
instagram.com/kiranalarasati

Seruni.id – Beberapa publik figur yang akan Seruni bahas kali ini, kabarnya mereka berhasil melakukan diet puasa, loh. Diet puasa dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Berikut ini Seruni akan memaparkan siapa saja publik figur yang melakukan metode diet tersebut sekaligus memberikan ulasan tentang diet puasa. Jadi, bagi kamu yang ingin melakukannya juga, simak sampai selesai, ya!

 

1. Benedict Cumberbatch

6 Publik Figur yang Berhasil Jalankan Diet 'Puasa', Siapa Saja?
cnnindonesia.com

Seorang aktor asal Inggris, Benedict Cumberbatch, rupanya menjadi salah satu publik figur yang berhasil menjalankan diet puasa. Ia melakukan diet puasa kurang lebih dua kali dalam seminggu. Artinya, selama dua hari, ia akan mengonsumsi makanan dengan 500 kalori atau kurang, lima hari lainnya ia akan mengurangi porsi makannya. Diet ini dia lakukan ketika akan memainkan dua peran berbeda yaitu Doctor Strange dan Detiktif Sharelock Holmes.

 

2. Kirana Larasati

6 Publik Figur yang Berhasil Jalankan Diet 'Puasa', Siapa Saja?
instagram.com/kiranalarasati

Lalu yang berikutnya ada Kirana Larasati. Pemeran sekaligus politikus ini, juga melakukan diet internittent fasting untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Diet yang ia lakukan tidak hanya sekadar untuk menurunkan berat badan saja, tapi juga menghasilkan tubuh yang sehat.

 

3. Elon Musk

6 Publik Figur yang Berhasil Jalankan Diet 'Puasa', Siapa Saja?
indianexpress.com

Siapa yang tak mengenal sosok yang satu ini, dia adalah salah satu orang terkaya di dunia. Elon Musk rupanya juga melakukan diet puasa dan berhasil turun 9 kg. Hal ini diketahui melalui cuitannya di Twitter. Diet tersebut diketahui merupakan saran dari teman baiknya usai dirinya merasa tidak percaya diri karena berat badannya.

 

4. Melaney Ricardo

6 Publik Figur yang Berhasil Jalankan Diet 'Puasa', Siapa Saja?
popbela.com

Melaney Ricardo merupakan artis yang berhasil menurunkan berat badannya dengan melakukan diet puasa. Metode tersebut membuatnya berhasil menurukan bobot tubuhnya sebanyak 15 kg. Sebelumnya, ia sempat mencoba berbagai jenis metode diet, tapi ia merasa lebih cocok dengan melakukan diet puasa.

 

5. Beyonce

6 Publik Figur yang Berhasil Jalankan Diet 'Puasa', Siapa Saja?
thenewsindianexpess.com

Beyonce diketahui pernah meakukan intermittent fasting. Selama tujuh hari dalam seminggu, penyanyi ini melakukan puasa selama dua hari secara berselang dan sisanya mengonsumsi makanan seperti normal.

 

6. Nagita Slavina

6 Publik Figur yang Berhasil Jalankan Diet 'Puasa', Siapa Saja?
inatagram.com/raffinagita1717

Dan yang terakhir ada Natiga Slavina. Ia menjadi salah satu artis yang juga pernah menjalankan intermittent fasting. Hal ini diketahui dari YouTube-nya. Nagita pernah menyebut dirinya melakukan diet tersebut dengan menerapkan aturan jam makan pada jam 12.00-18.00. Di luar jam tersebut, ia hanya minum air putih.

 

Mengenal Diet Puasa atau Intermittent Fasting

Intermittent fasting atau lebih dikenal dengan istilah diet puasa adalah suatu metode untuk mengatur pola makan, salah satunya dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu. Meski demikian, di antara waktu tersebut, kamu masih diperbolehkan untuk mengonsumsi minuman.

Berbeda dengan diet pada umumnya, yang merujuk pada pengurangan atau pembatasan makan, metode ini justru cenderung lebih mengatur kebiasaan makanmu. Diet puasa tidak mengatur makanan apa yang harus dikurangi atau dikonsumsi, tetapi kapan kamu makan dan kapan harus berhenti makan alias ‘puasa’. Metode yang satu ini, kerap menganjurkan puasa makan selama 1 jam. Namun, kamu bisa menentukan waktunya sendiri.

 

Apa Mnafaatnya?

Mungkin selama ini pola makanmu tidak beraturan atau sering melewatkan waktu makan. Namun, dengan menjalani intermittent fasting atau diet puasa, dapat memperbaiki atau membentuk perilaku makan yang lebih sehat. Metode ini, juga dapat melatih kesehatan tubuh agar tetap bisa menjalankan perannya meski sedang tidak mengonsumsi makanan dalam periode tertentu.

Intermittent fasting juga bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah serta kolesterol, karena tubuh melakukan pembakaran lemak lebih efektif saat berpuasa, selain itu dapat membuat hormon insulin lebih sensitif terhadap makanan. Dengan begitu, tubuh akan terbantu untuk melakukan peremajaan dan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara menyeluruh. Diet puasa turut membuat respons tubuh dalam melawan atau mencegah kerusakan organ.

 

Bagaimana Cara Melakukannya?

Untuk mengurangi konsumsi makanan, metode ini punya aturan yang bervariasi. Namun, pada umumnya, metode ini hanya menentukan dalam seminggu, kapan saja waktu untuk melakukan diet puasa. Dimana kamu cukup berpuasa makan saja. Selama periode tersebut, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit atau tidak makan sama sekali. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan intermittent fastind, di antaranya:

  • The 16/8 method: Membagi 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam waktu mengonsumsi makanan. Contoh: Kamu boleh makan dari jam 1 siang sampai jam 9 malam, kemudian dilanjutkan berpuasa hingga 16 jam ke depan.
  • Eat-Stop-Eat: Mengharuksn kamu untuk tidak mengonsumsi makanan selama 24 jam dalam beberapa hari per minggu. Misalnya kamu berhenti mengonsumsi makanan dari waktu makan malam hingga makan malam berikutnya, kemudian dilanjutkan dengan setelah satu hari tidak berpuasa. Mungkin mengentikan makan selama 24 jam cukup sulit, tapi kamu bisa memulai metode ini secara bertahap alias tidak perlu memulai langsung 24 jam.
  • The 5:2 Diet: Dilakukan dengan cara mengurangi jumlah konsumsi hingga 25% dari jumlah normal, sekitar 500 – 600 kalori per hari atau setara dengan satu kali porsi makan. Metode ini dilakukan dalam dua hari per minggu namun tidak berurutan, dan kamu masih dapat mengonsumsi makanan secara normal pada lima hari dalam seminggu.

Baca Juga: 5 Tips Agar Tetap Segar Meski Sedang Berpuasa

  • Bagikan