8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan

  • Bagikan
8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan

Seruni.id – Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 kali ini, mungkin tak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Seperti yang kita tahu, sudah satu setengah tahun pandemi Covid-19 masih melanda ibu pertiwi. Meski demikian, semangat perjuangan 45 kita, jangan sampai surut, ya. Tidak bisa merayakan HUT RI, bukan berarti kita tidak melakukan apa-apa. Sebab, banyak aktivitas yang bisa kita lakukan untuk mengenang jasa para pahlawan. Salah satunya dengan menonton film yang berakaitan dengan kemerdekaan.

Indonesia banyak sekali memproduksi film yang menyorot perjuangan para pahlawan terdahulu dalam melawan para penjajah. Dikemas dalam certia fiksi, beberapa film ini mampu menangkap situasi perjuangan demi mereaih kemerdekaan. Nah, untuk mengisi waktu luangmu berikut Seruni merekomendasikan beberapa film yang cocok untuk kamu tonton di hari kemerdekaan:

1. Merah Putih

8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan
kabarnusa.com

Film pertama yang bisa kamu saksikan di hari kemerdekaan nanti berjudul ‘Merah Putih’. Film yang disutradarai oleh Yadai Sungandi pada 2009 ini, mengisahkan tentang perjuangan Kemerdekaan RI. ‘Merah Putih’ adalah film yang merujuk berdasarkan sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia pada 1947. Tepatnya pada peristiwa Agresi Militer Belanda I ke jantung pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah.

Film keluaran Media Desa Indonesia milik Djojohadikusumo ini berkolaborasi dengan rumah produksi film Margate House. Dibintangi oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola, dan Darius Sinatria. Film ini wajib banget masuk ke dalam daftar tontonanmu di 17 Agustus nanti.

2. Soekarno: Indonesia Merdeka

8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan
liputan6.com

Film dengan judul ‘Soekarno: Indonesia Merdeka’ ini, merupakan film biopik yang mengisahkan tentang kehidupan Soekarno semasa kecil, hingga akhirnya beliau dikenal sebagai tokoh pergerakan Indonesia. Menggambarkan gagasan Soekarno tentang Indonesia merdeka dari pemerintah kolonial Belanda melalui pembelaannya saat sidang di penjaga kolonial. Kemudian, pembelaannya itu terkenal sebagai salah satu bukunya yang berjudul ‘Indonesia Menguat’. Film yang diperankan oleh Ario Bayu dan Maudy Koesnadi pada tahun 2013 itu, kembali hadir di Netflix sejak 12 Agustus 2021 lalu.

3. Darah Garuda

8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan
kompas.com

‘Darah Garuda’ merupakan film kedua dalam Trilogi Merdeka yang rilis pada 2010 silam. Film ‘Darah Garuda’ atau ‘Merah Putih II’ ini menceritakan kelanjutan dari perjuangan para pahlawan yang diperankan oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Ario Bayu, dan Teuku Rifnu. Para kadet (calon perwira) ini diceritakan terhubung dengan kantor pusat Jenderal Sudirman, di mana mereka diberi sebuah tugas rahasia di belakang garis musuh di Jawa Barat. Serangan gaya komando pada lapangan udara berhasil membalikkan perlawanan pemberontak saat melawan Jenderal Van Mook.

4. Hati Merdeka

8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan
dewipuspasari.net

Perjuangan Merah Putih belum juga tuntas. Kelima pejuang harus kembali melanjutkan misi usai menyelesaikan tugas yang berakhir tragis. Momen tersebut, tak lain saat mundurnya salah satu anggota kelompok yang diperankan oleh Lukman Sardi. Mereka harus melanjutkan dendam dalam perjalanan misi mereka ke Bali untuk membalas dendam kepada Belanda, meski saat itu tanpa adanya sosok pemimpin. Tujuan mereka dikirim ke Bali adalah untuk membunuh Kolonel Raymer yang telah membunuh keluarga Tomas yang diperankan oleh Donny Alamsyah.

5. Naga Bonar

8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan
fin.co.id

Kalau kamu tidak mau film yang terlalu berat, kamu bisa menyaksikan film ‘Naga Bonar’ yang penuh dengan nuansa komedi. Film yang berlatar belakang tahun 1987 ini, diperankan oleh aktor senior yaitu Deddy Mizwar. ‘Naga Bonar’ sendiri mengisahkan tentang napak tilas peristiwa perang kemerdekaan Indonesia ketika melawan kedatangan pasukan Kerajaan Belanda. Peristiwa tersebut meledak pasca Kemerdekaan Indonesia di daerah Sumatera Utara.

Dikisahkan, Naga Bonar merupakan seorang pencopet di Medan, Sumatera Utara yang ‘hobi’ keluar masuk penjara Jepang. Film dengan cetelukan khas “Apa Kata Dunia?” ini disutradarai oleh M.T Risyaf juga memiliki sekuel atau lanjutan yaitu ‘Naga Bonar (jadi) dua’, yang kembali diperankan oleh Deddy Mizwar dan Tora Sudiro.

6. Kartini

8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan
jelastoria.id

Perayaan Hari Kemerdekaan RI, juga turut dimeriahkan dengan salah satu film yang mengisahkan tentang sosok pahlawan wanita, Kartini. Kartini dikenal sebagai sosok pahlawan yang telah memperjuangkan emansipasi wanita. Meski film ini sering kali diputar bertepatan dengan hari kelahiran sang pahlawan, yaitu 21 April, pemutaran film Kartini juga kerap memeriahkan momen kemerdekaan RI.

Film ini dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo ini telah rilis pada 2017 silam. Ia berperan sebagai tokoh utama di film ‘Kartini’, Dian memerankan sosok Kartini mulai dari mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi seluruh masyarakat Jepara. Selain itu, film ini juga menceritakan kisah perjuangan berat dalam mencapai kesetaraan hak masyarakat baik ningrat atau bukan, terutama kaum perempuan.

7. 3 Srikandi

8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan
about.video.com

Rekomendasi film yang akan menemanimu di hari kemerdekaan berikutnya adalah ‘3 Srikandi’. Film garapan sutradara Iman Brotoseno ini, memang kerap diputar saat 17 Agustus. 3 Srikandi terinspirasi dari kisah 3 atlet panahan Indonesia yang mendapatkan medali perak pada Olimpiade Seoul 1998, yaitu raihan medali olimpiade pertama bagi Indonesia. Film ini diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Chealsea Islan, Tara Basro, dan Reza Rahadian.

8. Jenderal Soedirman

8 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Kamu Tonton di Hari Kemerdekaan
cnnindonesia.com

Film yang mengangkat kisah hidup panglima besar Jenderal Soedirman ini, berlatarkan perang untuk mempertahankan kemerdekaan dengan latar cerita Yogyakarta, yang pada masa itu merupakan Ibu Kota Indonesia. Meski dalam keadaan sakit, Jenderal Soedirman tetap memimpin pasukannya bergerliya melawan Belanda hingga berhasil mendapatkan pengakuan kedaulatan pada akhir tahun 1949.

Baca Juga: Kumpulan Puisi Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang Menyentuh Hati

Itulah delapan rekomendasi film yang bisa kamu saksikan di hari kemerdekaan. Semoga seluruh referensi film yang telah Seruni sebutkan di atas, dapat menambah rasa cinta kita pada Tanah Air dan semakin menghargai perjuangan para pahlawan bangsa. Selamat menyaksikan.

  • Bagikan
seruni.id