5 Contoh Riba dalam Kehidupan Sehari-hari

tandapagar.com

Seruni.id – Riba termasuk ke dalam perbuatan yang dilarang oleh Allaht SWT, perlu kita waspadai karena terkadang riba ini terjadi tanpa kita sadari. Nah, untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap riba ini, maka kita harus mengerti apa itu riba dan bagaimana contoh riba dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Riba?

syariahbank.com

Secara bahasa, arti dari riba adalah ziyadah atau tambahan, dan secara istilah, riba merupakan pengambilan tambahan dari modal atau harta pokok yang dilakukan dengan cara yang bathil. Sebenarnya, ada beberapa definisi riba secara istilah ini, namun garis besar dari beberapa definisi tersebut adalah sama yakni pengambilan tambahan yang dilakukan dengan cara yang bathil dan bertentangan dengan prinsip muamalah di dalam agama islam, baik di dalam transaksi jual beli ataupun pinjang meminjam. Berikut contohnya:

Pegadaian

Pegadaian adalah suatu badan yang melaksanakan kegiatan keuangan dalam hal gadai. Misalnya Anda menggadaikan barang ataupun surat berharga, seperti surat tanah, BPKB, dan lainnya, Akan tetapi, pegadaian pun biasanya akan menambahkan bunga dan biaya administrasi yang harus dibayarkan pada saat Anda ingin menebus kembali barang tersebut. Dan itu termasuk kedalam riba.

Pinjaman Bank

Salah satu contoh riba dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti meminjam uang pada pihak Bank konvensional yang kemudian akan dikembalikan pada waktu tempo satu tahun. Namun, pihak Bank tersebut memberikan kewajiban agar Anda membayarkan dengan jumlah yang lebih besar dari jumlah pokok yang dipinjam. Nah, jumlah lebih itulah yang merupakan riba.

Akan disebut riba juga bila kedua belah pihak, yakni pihak yang memberi pinjaman dan pihak yang meminjam menyepakati ketentuan dimana jika pihak yang meminjam tidak mampu membayar pinjamannya tepat waktu, maka dia akan dikenai biaya tambahan yang merupakan bunga. Tetapi, jika pihak peminjam bisa mengembalikan pinjamannya tepat waktu, maka dia tidak akan dikenai biaya tambahan ini.

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Memiliki rumah menjadi impian setiap keluarga. Akan tetapi, apakah Anda akan memaksakan diri berhutang demi sebuah rumah? Apalagi jika hutangnya riba seperti KPR. Kredit kepemilikan rumah juga termasuk kedalam contoh riba dalam kehidupan sehari-hari. Dimana kita harus mencicil angsuran sesuai dengan harga rumah serta bunga dan biaya administrasi lainnya.

Jika telat membayar angsuran tersebut, maka Anda diwajibkan membayar denda. Kalau Anda tidak bisa menlanjutkan pembayaran, maka rumah akan disita oleh pihak Bank. Denda dan disita juga termasuk perkara riba yang sering terlupakan.

Baca Juga: Halalkah Membeli Rumah dengan KPR?

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Sama halnya dengan KPR, kredit kendaraan bermotor juga termasuk contoh riba dalam kehidupa sehari-hari. Karena KKB mengandung bunga, dan denda yang ditambahkan ke dalam cicilan motor atau kendaraan lainnya. Selain itu, ada konsekuensi penyitaan kendaraan apabila Anda tidak membayar angsuran dalam jangkan waktu tertentu.

Transaksi Jual Beli

Contoh lain dari riba dalam kehidupan sehari-hari adalah transaksi jual beli dengan menukar emas berbentuk kalung seberat 10 gram dengan emas yang berbentuk gelang tetapi seberat 5 gram. Meskipun dikatakan gelang ini memiliki nilai estetika yang lebih banyak dibandingkan kalung, tetap saja ini termasuk kedalam riba riba.

Baca Juga: Jangan Abaikan Haramnya Riba!

Nah, itu dia contoh riba dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dengan mudah kita temui. Semoga dengan sedikit penjelasan di atas, Anda bisa mendapat pencerahan sehingga tidak lagi berhubungan dengan riba.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.