6 Sekte Paling Menyeramkan di Dunia Selain Apokaliptik

  • Bagikan
6 Sekte Paling Menyeramkan di Dunia Selain Apokaliptik
popculture.id

Seruni.id – Akhir-akhir ini, apokaliptik tengah menjadi perbincangan hangat warganet. Hal ini terkait dengan meninggalnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, yang diduga menganut sekte paling menyeramkan itu. Sekte sendiri merupakan kelompok orang yang memiliki kepercayaan atau pandangan yang sama, yang berbeda dari pandangan agama yang lebih lazim diterima oleh penganut agama tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa sekte paling menyeramkan yang pernah ada di dunia.

6 Sekte Paling Menyeramkan di Dunia Selain Apokaliptik
popculture.id

1. Apolakliptik di Guyana

Sekte paling menyeramkan di dunia yang pertama adalah Apokaliptik. Sekte yang dipimpin oleh Jim Jones ini berhasil menumbuhkan kepercayaan pada pengikutnya sejak tahun 1960-an, hingga sempat membuat gempar dunia pada 18 November 1978. Di mana 900 pengikutnya mengakhiri hidup secara massal di hutan terpencil di Guyana.

Para pengikut Jones dalam kesehariannya mereka menyulap hutan lebat menjadi lahan agrikultur. Bahkan, mereka juga bersedia melakukan apapun, termasuk mengonsumsi obat-obatan terlarang, bekerja tanpa kenal waktu, hingga menjadi budak seks.

Menurut Jones, mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri dianggap sebagai jalan keluar terakhir dari serangan tak terhindarkan oleh pemerintah AS. Bahkan, anggota kongres Leo Ryan yang datang ke lokasi pun ditembak mati oleh pengikutnya.

2. Heaven’s Gate

Heaven’s Gate merupakan salah satu sekte paling menyeramkan dan berbahaya. Para pengikut sekte ini percaya bahwa manusia bisa masuk surga jika meninggal sebelum bumi berakhir. Hal ini kemudian embuat banyak anggotanya memilih unutk mengakhiri hidup.

Pada tahun 1997 silam, sekitar 39 anggota paus melakukan bunuh diri secara kolektif di bawah instruksi dan perintah raja. Sejak saat itu, media mulia memberitakan yang mengatakan bahwa Heaven’s Gate merupakan salah satu sekte agama dengan ajaran paling berbahaya di dunia.

3. The Ku Klux Klan

Sekte paling menyeramkan berikutnya yaitu Klu Klux Klan (KKK). Semula sekte ini hanyalah sekelompok kecil ekstermis Kristen di Eropa. Namun, sejak terjadinya Perang Saudara, Ku Klux Klan semakin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan, mereka sampai memiliki sekitar 4 juta pengikut.

Sekte ini juga populer dengan topeng eye-catching dan seragam jubah putih yang menutupi seluruh tubuh untuk menyembunyikan identitasnya. Secara kejam, sekte ini menyasar dan tidak segan-segan membunuh orang-orang yang berbeda keyakinan dan identitas, mulai dari kulit hitam hingga pemuka agama.

4. Manson Family

Manson Family merupakan sebuah komunitas dan kultus yang dicetuskan oleh Charles Manson pada tahun 1960-an di California. Mayoritas pengikutnya adalah para wanita muda. Mereka meyakini bahwa Manon merupakan reinkarnasi Yesus dan mengajarkan perang ras akan datang. Kepada para pengikutnya, Manson tak segan-segan memerintahkan untuk memnubuh orang.

Sebab, ia menyakini jika pembunuhan bisa memprovokasi adanya perang ras. Secara keseluruhan, sembilan orang terbunuh dalam beberapa serangan kasus secara terpisah. Manson lantas dihukum atas sembilan tuduhan pembunuhan tingkat pertama. Dia dipenjara sampai meninggal pada 2017.

5. Angels ‘Landing’

Seseorang bernama Daniel Perez mengaku sebagai malaikat yang berusia 1.000 tahun. Ia memimpin kelompok perjalanan para perempuan dari negara bagian ke negara bagian di Amerika Sekitar. Kepada para pengikutnya ia memberi tahu bahwa dia perlu berhubungan intim dengan anak di bawah umur dan perempuan muda untuk tetap hidup.

6. Aum Shinrikyo

Aum Shinrikyo merupakan salah satu sekte paling menyeramkan berikutnya. Kelompok yang didirikan oleh Shoko Asahara pada 1984 ini, begitu terobsesi dengan kiamat di Jepang. Mayoritas para pengikutnya adalah mahasiswa dan lulusan muda dari kampus elit yang meyakini bahwa kiamat sudah sekat. Para pengikutnya juga yakin, bahwa mereka adalah orang-orang yang selamat.

Pada tahun 1995, anggota sekte paling menyeramkan itu melakukan serangan gas saraf sarin di sistem kereta bahwa tanah, Tokyo. Tindakan ini diduga sebagai usaha untuk menunjukkan kiamat.

Imbas serangan itu 13 orang tewas, dan ribuan lain mengalami luka-luka. Sekte tersebut tidak pernah dilarang di Jepang. Komunitas ini terus hidup dalam beberapa cabang termasuk Aleph dan Hikari no Wa, yang diperkirakan memiliki 1.500 pengikut saat ini.

Baca Juga: Ini Jawaban Bijak Dewi Sandra Ketika Ditanya “Ikut Islam Aliran Mana?”

Itulah deretan sekte paling menyeramkan dan berbahaya yang pernah ada di dunia. Semoga kita tidak termasuk ke dalamnya, ya.

  • Bagikan