10 Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema

  • Bagikan
10 Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema
kelaspintar.id

Seruni.id – Jika pada artikel sebelumnya Seruni telah membahas mengenai contoh teks diskusi, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh teks pidato singkat dengan berbagai tema. Tentunya contoh berikut ini bisa menjadi acuan keketika kamu hendak berpidato. Namun, sebelum membahas mengenai contohnya, Seruni ingin mengulas beberapa hal penting tentang pidato, mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, hingga ciri-cirinya. Maka dari itu, yuk simak sampai selesai.

 

Pengertian Pidato

10 Contoh Teks Pidato Singkat dengan Berbagai Tema
kompas.com

Secara umum, pidato adalah bentuk komunikasi yang dilakukan satu arah, yang isinya berupa pengungkapan pikiran dan gagasan dari pembicara tentang suatu hal kepada audiens. Sedangkan menurut Wikipedia, pidato adalah kegiatan berbicara di muka umum atau melakukan orasi dengan tujuan menyampaikan pendapat. Isi dari pidato sendiri biasanya berupa ide, gagasan, atau hal terkait dengan suatu acara atau hal yang ingin dicapai di masa mendatang. Adapun orang yang memberikan pidato disebut sebagai orator.

 

Tujuan Teks Pidato

  • Dengan adanya teks pidato, akan memberikan inspirasi bagi orator, untuk melakukan impovisasi yang disesuaikan dengan para pendengar.
  • Memudahkan seseorang yang hendak berpidato dalam menyampaikan ide, gagasan, atau informasi kepada khalayak.
  • Sebagai antisipasi jikalau terjadi lost speech, karena seseorang biasanya lupa apa yang akan disampaikan.

 

Fungsi Teks Pidato

  • Untuk menciptakan hubungan yang harmonis.
  • Mempermudah seseorang untuk komunikasi.
  • Terciptanya suasana yang kondusif.
  • Media komunikasi organisasi.

 

Ciri-ciri Teks Pidato

  • Isi dari contoh teks pidato, haruslah mengandung kebenaran.
  • Ada tujuan yang jelas.
  • Menciptakan suasana yang efektif dengan pendengar.
  • Cara menyampaikan pidatonya sesuai dengan pada hadirin.
  • Penyampaiannya jelas, begitupun dengan artikulasi, intonasi, dan volume.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Pidato

Sebelum masuk pada contoh teks pidato, Seruni akan memberikanmu informasi mengenai kaidah kebahasaan dalam sebuah teks pidato, yang di antaranya:

  • Menggunakan kalimat aktif.
  • Kata yang digunakan harus lugas, terlebih untuk memberikan ajakan bagi para pendengar.
  • Memakai kosa kata dalam bidang ilmu.
  • Dalam membuat teks pidato, harus memasukkan sinonim yang berfungsi sebagai penekanan.
  • Memberikan informasi yang informatif dan padat.
  • Memasukkan beberapa referensi, terutama untuk pidato yang sifatnya ilmiah sebagai data pendukung.

 

Struktur Teks Pidato

Membuat teks pidato tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Untuk itu, jika ingin membuatnya, maka kamu harus memperhatikan strukturnya berikut ini:

  • Salam pembuka: Sebuah pidato haruslah diawali dengan salam pembuka.
  • Ucapan penghormatan: Ucapan penghormatan biasanya ditujukkan kepada pejabat tinggi yang hadir di dalama cara pidato tersebut.
  • Ucapan syukur: Ucapan tersebut berisi tentang rasa syukur, karena bisa berkumpul, dan bisa menyampaikan maksud di depan banyak orang.
  • Isi: Ini merupakan bagian penting dalam sebuah teks pidato. Sebab, berisikan tentang informasi, gagasan, atau hal lainnya yang ingin disampaikan.
  • Penutup: Jika pidato diawali dengan pembuka, maka akhirilah dengan penutup. Biasanya, pada bagian ini berisikan kesimpulan yang telah disampaikan dan diikuti salam penutup.

Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema

Setelah mengetahui mengenai pengertian pidato hingga strukturnya, yuk kita lihat beberapa contoh teks pidato berikut ini:

1. Contoh Teks Pidato Pendidikan

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Para hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan di pagi hari ini, marilah sama-sama kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, atas segala nikmat dan hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua. Sehingga di hari nan cerah ini, kita bisa hadir dan berkumpul bersama dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional.

Hadirin yang saya hormati.

Mungkin banyak dari kita yang sudah tahu, bahwa keutamaan orang yang mencari ilmu akan dimudahkan dan dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu itu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan tenaga pendidik juga sangatlah penting.

Sehingga, orang yang bersamanya duduk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja, itu lebih disukai oleh Allah SWT daripada pahalanya dalam beribadah meski seribu tahun. Kiranya hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat serta ridha dari Allah. Aamiin Ya Rabbal’alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

2. Contoh Teks Pidato Pendidikan Moral

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak, ibu, dan hadirin semua yang saya hormati.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas izin dan ridha dari-Nya, kita dapat berkumpul di hari ini. Dengan tema pidato yang akan saya sampaikan hari ini adalah tentang pendidikan moral.

Seperti yang kita tahu bersama, belakangan ini, media sedang diramaikan tentang kasus kriminal yang dilakukan oleh sekelompok orang hingga pelajar sekolah. Bahkan, tak sedikit kasus pembunuhan, pemerkosaan, penganiayaan, pengyalahgunaan obat-obatan terlarang, dan tindak korupsi di antara para pejabat. Di mana, perilaku tersebut dapat merugikan kita semua, khususnya bagi generasi mendatang.

Perilaku tersebut sungguh tak elok. Hal itu terjadi lantaran kurangnya pendidikan moral di masyarakat. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pengembangan pendidikan moral dengan cara menanamkannya pada anak-anak sedini mungkin. Buatlah pelajaran pendidikan moral yang menarik agar anak-anak tertarik dan memahami nilai-nilai moral yang diajarkan.

Walaupun pendidikan moral tidak mudah untuk kita terapkan. Namun, kita jangan menyerah untuk melakukannya. Hal ini demi meminimalisir perilaku buruk pada anak-anak dan tidak dilakukan lagi pada generasi muda mendatang.

Saya kira, pidato ini cukup sampai di sini. Dengan kerendahan hati, saya mohon maaf jika dalam pidato ini ada kesalahan dan kekurangan. Semoga Tuhan selalu melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita semua. Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

3. Contoh Teks Pidato Tentang Lingkungan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati,

Ketua RW 10, ketua RT 11, dan para hadirin yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan keridhan-Nya kepada kami semua. Aamiin ya Rabbal’alamin.

Berkumpulnya kita di sini, merupakan bentuk menyambung tali silaturahmi sekaligus saya ingin membahas mengenai kebersihan lingkungan di sekitaran wilayah kita. Sudah sepatutnya kita tahu, bahwa kebersihan lingkungan harus kita rawat dan jaga. Karena jika lingkungan bersih, maka bencana pun bisa terhindarkan.

Dengan menjaga kebersihan lingkungan, juga akan mencegah berbagai penyakit yang mungkin timbul dari mana saja. Adapun hal pertama yang bisa kita lakukan dalam menjaga lingkungan sekitar adalah membersihkannya dengan cara bergotong royong. Mulai dari membersihkan gorong-gorong, hingga menyiapkan tempat sampah di setiap rumah.

Sebab, kita harus memupuk kesadaran untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan melaksanakan kerja bakti rutin setiap bulannya. Para hadirin, mungkin kita sudah tidak asing mengenai kutipan yang berbunyi “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Maka, saya harap, kita semua mau membersihkan, demi menciptakan lingkungan yang sehat, indah, dan nyaman.

Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika banyak kekurangan dan kesalahan dari yang saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

4. Contoh Teks Pidato Kesehatan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang saya hormati, bapak/ibu sekalian, serta teman-teman semua yang saya cintai.

Tak lupa, pertama-tama marilah kita memanjatkan rasa syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kita panjang umur, kesehatan, sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini.

Bapak, ibu, hadirin sekalian. Di pagi hari ini, izinkan saya untuk memberikan sedikit pidato singkat, terkait dengan kesehatan. Mungkin kita sering mendengar sebuah pepatah yang mengatakan “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.

Pepatah tersebut menyadarkan kita, bahwa dengan tubuh yang sehat akan berdampak terhadap jiwa dan pikiran. Oleh sebab itu, agar kita lebih produktif, sudah sepatutunya kita benar-benar menjaga kesehatan. Terlebih, kesehatan itu mahal harganya.

Dengan tubuh yang sehat, akan berdampak positif, mulai dari melahirkan pikiran positif, hingga kegiatan pun menjadi lebih produktif. Dengan menjaga kesehatan, tidak hanya berdampak baik untuk diri kita, tapi juga berdampak terhadap masa depan bangsa. Bangsa yang kuat, tentunya dihuni oleh masyarakat yang kuat juga, baik dari segi fisik atau mental.

Begitupun sebaliknya, jika bangsa tersebut dihuni oleh masyarakat yang lemah, maka bangsa tersebut akan sulit untuk berkembang. Hadirin, saya kira, cukup sampai di sini pidato yang saya sampaikan. Walaupun singkat, semoga dapat bermanfaat untuk kita semuanya. Terima kasih atas waktu dan partisipasinya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

5. Contoh Teks Pidato Islami Singkat Tentang Ilmu

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Para hadirin sekalian, sebelum pidato ini saya mulai, marilah kita panjatkan rasa syukur atas rahmat serta kasih sayang yang telah Allah SWT berikan kepada kita semua. Shalawat serta salam tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

Di kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai betapa pentingnya menuntut ilmu. Sebab, ilmu adalah bekal kita di dunia yang bisa menuntun terhadap kebaikan. Jika manusia tidak menuntut ilmu, niscaya mereka adalah orang-orang yang keliru.

Pentingnya menuntut ilmu, juga sebagai bentuk kekuasaan Allah SWT. Karena dengan ilmu, manusia dapat membaca Al-Qur’an dan mengkaji alam semesta ciptaan-Nya. Para hadirin yang dirahmati Allah, tak bisa kita pungkiri bahwa kita tidak dapat hidup tanpa adanya ilmu. Oleh sebab itu, sebaiknya kita dapat menuntut ilmu duniawi maupun ukhrawi, karena mencari ilmu itu hukumnya wajib, baik bagi laki-laki maupun perempuan.

Selain itu, dengan memiliki banyak ilmu, pengetahuan akan bertambah dan menyadari bahwa kita tidak ada apa-apanya. Sejatinya, ilmu tidak akan pernah habis, sebagaimana tanaman padi, “Semakin berisi, semakin merunduk”. Maka dari itu, jika kita tidak memiliki ilmu yang memadai, kita tidak akan mengetahui apa-apa yang ada di dunia ini.

Allah SWT telah menyampaikan dalam surah Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya, “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat”. Untuk itu, marilah terus menuntut ilmu agar semakin berakal dan mendapatkan kebahagiaan, baik di dunia pun di akhirat kelak. Demikian pidato singkat ini, saya ucapkan wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

6. Contoh Teks Pidato Pergaulan Bebas

Assalamu’alaimum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Para hadirin yang saya hormati, sebagai pembuka pada pidato ini, marilah sama-sama kita panjatkan rasa syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena telah memberikan kita kesehatan, sehingga dapat kumpul bersama di tempat ini. Di pagi hari nan cerah ini, saya bermaksud ingin menyampaikan sebuah pidato singkat terkait dengan pergaulan bebas.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, akhir-akhir ini, banyak sekali media informasi yang memberitakan tentang pergaulan bebas. Atas kabar tersebut, tentunya menjadikan kita sebagai orangtua merasa khawatir dan takut akan pergaulan anak-anak kita.

Banyak sekali faktor yang mendorong seorang anak untuk terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Mulai dari kurangnya kasih sayang dan arahan dari orangtua, hingga lingkungan yang buruk, sehingga mereka terdampak pergaulan negatif. Oleh karena itu, sebagai orangtua, kita harus memperikan perhatian lebih kepada mereka.

Kita harus mengupayakan anak-anak kita mendapatkan pergaulan yang baik. Berikanlah kasih sayang dan arahan agar mereka mendapatkan pergaulan yang tepat. Dengan melakukan hal hal sederhana, berupa arahan dan kasih sayang, diharapkan dapat memberikan sesuatu positif kepada anak dan menghindarkan mereka dari pergaulan bebas. Sekiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan, jika ada kekurangan dari apa yang saya sampaikan ini, mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

7. Contoh Teks Pidato Bahaya Narkoba

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Para hadirin sekalian yang saya hormati.

Pada pagi yang cerah ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan nikmat sehat dan panjang umur. Sehingga, kita dapat berkumpul dan menyambung tali silaturahmi.

Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan sedikit pidato mengenai bahaya obat-obatan terlarang. Seperti yang kita tahu, menyalahgunakan narkoba dapat melahirkan kejahatan, sehingga kita harus menghindarinya, agar selamat di dunia maupun akhirat.

Diharap, jangan sesekali mencoba mendekati apalagi sampai memakainya. Sebab, jika kita mencobanya, maka akan rugi seumur hidup. Tak ada kebahagiaan yang hakiki dari penggunaan narkoba, justru hanya akan merusak kehidupan kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa, mulai sekarang, jauhilah narkotika. Lebih baik berlomba-lombalah dalam meraih cita-cita setinggi mungkin, agar kelak menjadi orang yang tidak merugi. Mungkin haya ini pidato yang dapat saya sampaikan, jika ada salah kata atau ucapan, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.

Wasaalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

8. Contoh Teks Pidato Sumpah Pemuda

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Saudara-sudaraku sebangsa dan setanah air yang berbahagia. Dengan memanjatkan puji dan syukur atas rahmat dan kehadirat Allah SWT, di pagi har ini, kita dapat berkumpul guna memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia. Pagi ini, tepatnya di tanggal 28 Oktober, segenap lapisan bangsa Indonesia tengah memperingati Hari Sumpah Pemuda. Di mana, pada tanggal tersebut, mempunyai arti penting dalam sejarah bangsa.

Sebab, generasi muda mengadakan kongres II di Jakarta untuk mengikrarkan sumpah sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang terpenting bagi kita semua adalah hendaknya kita menjadi pemuda yang aktif dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa sekarang ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia, yang berbahagia. Demikian pidato saya dalam peringatan hari Sumpah Pemuda, semoga generasi muda saat ini, semangat dalam melaksanakan berbagai aktivitas yang positif. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

 

9. Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Para orangtua siswa, guru, dan saudara kelas yang kami banggakan.

Tak terasa tiga tahun sudah berlalu. Kami telah mengalami suka dan duka di skeolah ini. Di hari ini, di pagi yang cerah ini, kami berkumpul di acara perpisahan, segera kami akan meninggalkan sekolah tercinta ini. Bukan untuk melupakan, tapi untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Pada kesempatan ini, atas nama kelas 9, kami mengucapkan terima kasih yang tulus kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing kami selama di sekolah ini. Semoga segala ilmu yang bapak dan ibu guru berikan, dapat bermanfaat bagi kami.

Tak lupa, kami juga mengucapkan rasa terima kasih kepada orangtua yang telah tulus membimbing dan membesarkan kami, sehingga kami bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Kepada adik-adik kelas 7 dan 8, selamat tinggal, semoga kesuksesan dan keberhasilan akan selalu mengiri langkah kalian.

Kami tahu, perjalanan kami masih panjang. Kami akan melawati banyak lika-liku di perjalanan berikutnya. Untuk itu, kami mengharapkan doa dari para hadirin sekalian, sehingga kami dapat menjalani kewajiban dan bagian kehidupan kami di sekolah lebih tinggi dengan selamat. Akhir kata, semoga kita semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

10. Contoh Teks Pidato Maulid Nabi Muhammad

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wabihi nasta’inu ‘alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu ‘alaa asyrofil mursaliin, wa’ala aalihi wa sohbihi ajma’in. Amma ba’du.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena, berkat limpahan rahmat dan kasih sayangnya, kita dapat berkumpul dalam acara maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Sholawat serta salam, semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW. Nabi yang menjadi panutan kita semua dan senantiasa kita nantikan syafaatnya kelak. Semoga kita tergolong umatnya dan mendapatkan syafaatnya kelak di yaumul akhir. Aaamiin.

Hadirin yang berbahagia, berdirinya saya di sini, bermaksud untuk menyampaikan sepatah kata dalam peringatan Maulid Nabi. Kita semua tahu, Nabi Muhammad SAW, merupakan manusia paling sempurna yang pernah ada. Di mana, beiau ditugaskan untuk menyempurnakan akhlak manusia yang pada saat itu masih seperti binatang.

Tugas tersebut, dijelaskan di dalam hadis, Nabi SAW bersabda,

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

Artinya: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan keshalihan akhlak.” (HR. Al-Baihaqi).

Kemuliaan Rasul tercermin dalam akhlak beliau yang sangat baik. Bahkan, tutur katanya terdengar sangat lembut dan santun. Meski beliau sedang berbicara dengan orang kafir. Pernah ada kisah Nabi yang senantiasa menyuapi orang yahudi buta setiap hari.

Padahal orang yahudi tersebut selalu berkata bahwa Nabi itu sesat. Ia menjelek-jelekkan Nabi di hadapan Nabi.
Tetapi Rasul tidak marah sedikitpun. Ia justru terus menyuapi orang yahudi tersebut. Hingga ketika Rasul wafat, orang yahudi itu kaget karena tidak ada yang menyuapinya lagi.

Seperti itulah akhlak Nabi yang sepatutunya kita teladani. Semoga pidato singkat pada kesempatan kali ini, bisa bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada salah kata, mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: 10 Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Demikianlah 10 contoh teks pidato dengan berbagai tema. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap orang memiliki cara penyampaian yang berbeda-beda. Sehingga kamu jangan terlalu terpaku dengan contoh teks pidato di atas. Kamu boleh kok menginprovisasikannya sesuai dengan karaktermu. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id