Tips Simpel Agar Anak Semangat Sekolah ala Ibunda Maudy Ayunda

  • Bagikan
Tips Simpel Agar Anak Semangat Sekolah ala Ibunda Maudy Ayunda
klikseleb.pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Bagaimana caranya agar anak semangat sekolah setelah liburan? Simak tips simpelnya ala Ibunda Maudy Ayunda berikut ini, yuk!

Tips Simpel Agar Anak Semangat Sekolah ala Ibunda Maudy Ayunda
cnnindonesia.com

Sebentar lagi anak-anak akan kembali disibukkan dengan rutinitasnya sebagai pelajar. Sebelum kembali ke sekolah, pastinya banyak sekali yang harus dipersiapkan. Mulai dari seragam, sepatu, peralatan sekolah, sampai buku pelajaran. Seperti sudah menjadi sebuah tradisi, biasanya anak ingin semuanya serba baru.

Liburan sekolah yang cukup panjang, kerap kali membuat anak kehilangan semangat untuk memulai hari barunya di sekolah. Jadi, wajar saja jika perlatan sekolah serba baru bisa menjadi penyemangat bagi anak.

Berbicara mengenai cara agar anak semangat sekolah pasca liburan, Ibunda Maudy Ayunda, Mauren Jasmedi punya beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para orangtua nih.

Mauren Jasmedi dianggap berhasil mendidik anak-anaknya hingga sukses di bidang akademik dan non-akademik. Terbukti, putri sulungnya, Maudy Ayunda sukses meraih dua gelar master di Stanford University untuk jurusan bisnis dan pendidikan. Selain itu, Maudy Ayunda juga sukses di bidang non-akademiknya. Ia termasuk penyanyi dan juga aktris yang punya banyak karya.

Gaya parenting yang dilakukan Mauren dan kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan pada sang anak, membuat banyak para orangtua penasaran. Sama seperti ibu lainnya, Mauren juga penuh persiapan saat anak-anaknya hendak masuk sekolah. Lalu, apa saja sih yang dilakukannya saat itu?

Mendatangi Toko Buku

Ia punya satu kebiasaan yang disebutnya dengan berburu harta karun. Di mana Mauren akan mengajak anak-anaknya mendatangi toko buku. Hal tersebut menjadi kegemaran yang ia turunkan kepada kedua anaknya yang kini sukses dan berprestasi, Maudy dan Amanda. Mauren mengaku sangat suka mengoleksi buku-buku bagus. Tradisi ini dilakukan secara turun temurun dalam keluarganya.

“Bapak saya dulu banyak mewariskan buku-buku bagus yang akhirnya dikoleksi kakak saya. Ternyata saya pun hobby banget cari buku bagus. Kalo habis membaca buku dan ternyata bagus, saya akan koleksi buat di wariskan ke anak-anak saya kelak,” tulis ibunda Maudy seperti dikutip dari akun Instagram @muren.s.

Nah, menjelang tahun ajaran baru, para orangtua bisa meniru gaya parenting Ibunda Maudy Ayunda nih, yang sering mengajak anaknya mengunjungi toko buku. Dengan begitu, secara tidak langsung akan menumbuhkan minat terhadap membaca.

Mengajari Anak Menyampul Buku

Kebiasaan ini terbilang sangat sederhana, tapi mampu menumbuhkan semangat pada anak ketika hendak masuk sekolah, loh. Mauren sering kali mengajak anak-anaknya untuk menyampul buku, entah itu buku

Sebetulnya kebiasaan ini cukup sederhana, bahkan banyak orang tua yang sudah menerapkannya sejak lama. Ya, menyampul buku, entah itu buku pelajaran atau buku bacaan lainnya. Ini merupakan tradisi yang kerap dilakukan para orang tua saat anak akan masuk sekolah.

Seperti orang tua pada umumnya, ibunda Maudy Ayunda pun demikian. Menurutnya, tradisi satu ini sudah diajarkan sejak anak-anaknya masih kecil. Tujuannya agar anak-anak tahu kalau liburan segera usai dan mereka harus bersiap kembali bersekolah.

“Tradisi menyampul plastik setiap buku itu saya ajarkan saat anak-anak masih kecil. Maksudnya supaya anak-anak bersiap-siap saat Tahun pelajaran baru akan dimulai,” kata ibunda Maudy.

Kalau buku-buku sudah tersampul rapi, ia dan kedua anaknya melanjutkan dengan memberikan label nama. Hal ini menjadi salah satu cara yang juga dapat menumbuhkan semangat anak untuk sekolah.

“Dan setelah buku nya tersampul plastik dan berlabel nama mereka, biasanya mereka sudah ngga sabar ingin segera masuk sekolah,” lanjut Mauren.

Meskipun sederhana, menurut Mauren menyampul buku-buku ialah kegiatan yang penting dilakukan anak bersama orang tua. Selain, memicu semangat anak untuk sekolah. Hal itu juga dapat mengajari anak pentingnya menjaga barang-barang milik mereka.

“Suasana persiapan sekolah dengan menyampul buku-buku dan memberi nama pada alat tulis baru mereka, menurut saya penting, karena bisa menumbuhkan semangat pergi ke sekolah dan sekaligus mengajari merawat dan menjaga barang-barang milik mereka,” katanya.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Sekolah untuk Anak Menurut Psikolog

Jadi, apa saja tradisi yang kerap kamu lakukan ketika anak akan masuk sekolah?

  • Bagikan