50 Kata-kata Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah yang Menyentuh Hati

  • Bagikan
ucapan ulang tahun untuk ayah
ucapan selamat ulang tahun untuk ayah tercinta

Seruni.id – Ada yang menganggap bahwa ucapan ulang tahun untuk ayah, atau bapak atau papa atau apapun panggilan di keluarga kamu untuk laki-laki yang sudah membesarkan mu tersebut,  itu hanyalah sekadar ucapan, tak ada yang spesial jika tanpa hadiah yang istimewa, dan kejutan yang mengagumkan. Namun, bagi seorang ayah ucapan ulang tahun, apalagi terselip doa dan harapan di dalamnya, menjadi hal yang sangat bermakna untuknya.

ucapan ulang tahun untuk ayah
ucapan selamat ulang tahun untuk ayah tercinta – ilustrasi kado untuk ayah

Memberikan ucapan ulang tahun kepada orangtua, bisa dilakukan sebagai bentuk kasih sayang dan perhatian. Salah satunya untuk seorang ayah yang telah berjasa menjaga dan menafkahi keluarga. Lantas, apakah kamu saat ini sedang ingin memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah, tapi bingung ingin mengucapkannya seperti apa? Berikut Seruni telah menyediakan beberapa contoh ucapan ulang tahun untuk ayah yang singkat dan menyentuh hati.

 

Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Ayah Tercinta

ucapan ulang tahun untuk ayah
ucapan ulang tahun untuk bapak – ilustrasi seorang ayah akan meniup kue ulang tahun

Tidak semua anak berani memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah secara langsung. Selain karena malu, beberpa dari mereka mungkin tidak kuasa menahan haru. Kalau kamu salah satu di antaranya, kamu bisa memberi ucapan ulang tahun untuk ayah secara singkat melalui secarik kertas maupun via pesan singkat. Adapun contoh ucapan ulang tahun untuk ayah secara singkat yakni sebagai berikut:

1. “Ayah, selamat ulang tahun. Di usiamu yang semakin bertambah ini, aku harap agar ayah panjang umur, bahagia, dan yang terpenting sehat selalu. Semoga di usia ayah yang tak lagi muda ini, aku bisa menjadi anak yang membanggakan.”

2. “Betapa banyak jasa yang telah ayah berikan untukku dan untuk keluarga. Hingga hari ini, usiamu semakin bertambah satu tahun. Tak ada kado spesial yang bisa kuberikan, selain ucapan dan doa yang selalu kuberikan.”

3. “Terima kasih karena telah menjadi ayah terhebat untukku. Selamat ulang tahun, Ayah. Semoga Tuhan memberikan keberkahan dalam usiamu.”

4. “Sejak aku terlahir ke dunia, tak ada hari yang kulewatkan tanpamu. Selamat ulang tahun, Ayah. Semoga kau bisa mendampingiku hingga aku menjadi orangtua.”

5. “Ayah, selamat ulang tahun. Meski kini rambutmu telah berubah warna, tapi rasa sayangku takkan pernah berubah. Aku akan setia menemani ayah kapan pun ayah membutuhkanmu. Aku sayang ayah.”

6. “Selamat bertambah usia, Ayahku. Hari ini umurmu bertambah satu tahun dan semoga, kasih sayangmu juga bertambah kepadaku. Doaku untukmu semoga engkau panjang umur dan sehat selalu hingga maut memisahkan kita.”

7. “Selamat ulang tahun super heroku. Terima kasih karena ayah telah menjagku sepenuh hati, sejak aku lahir hingga dewasa. Meski usia ayah bertambah, tapi aku tetap akan menjadi putri kecilmu.”

8. “Selamat ulang tahun, Ayah. Tetaplah menjadi tempatku bersandar ketika aku hampir terjatuh. Semoga ayah sehat selalu.”

9. “Hari ini usia ayah bertambah satu tahun. Melalui pesan singkat ini aku ingin mengucapkan selamat ulang tahun, semoga panjang umur, dan selalu diberikan kesehatan. Meski hanya melalui pesan singkat, tapi percayalah harapan dan doaku selalu kulayangkan untukmu.”

10. “Selamat atas ulang tahun ayah hari ini. Sungguh merupakan kebahagiaan terbesar bagiku memiliki sosok ayah sepertimu. Aku berharap, kita dapat terus hidup bersama-sama hingga aku bisa memberikan cucu untukmu.”

11. “Selamat ulang tahun ayah tercinta. Semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu tertuju padamu. Tidak ada kata lagi yang ingin aku ucapkan selain berterima kasih atas apa yang engkau berikan kepada keluarga kita.”

12. “Ayah, aku berharap dengan bertambahnya usiamu, maka bertambah juga kasih sayangmu padaku. Aku menyayangimu, Yah. Selamat ulang tahun.”

13. “Segala doa yang kupanjatkan untukmu berawal dari ‘semoga’ ayah selalu diberikan keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan. Selamat ulang tahun, Ayah.”

14. “Aku tahu setiap tetes keringat yang ayah keluarkan adalah bentuk pengorbanan kepada keluarga. Selamat ulang tahun, Ayah. Semoga ayah diberikan kesehatan dan selalu diberkati.”

15. “Memiliki orangtua seperti ayah, merupakan anugerah terbesar yang telah Allah berikan untukku. Tidak hanya bekerja keras, tapi juga menyayangi dan mencintai sepenuh hatimu. Sebagai anakmu, aku merasa bangga memiliki ayah. Di hari spesial ini, aku ingin memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah. Semoga ayah selalu bahagia dan diberikan usia yang berkah.”

 

Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah yang Menyentuh Hati

ucapan ulang tahun untuk ayah
ucapan ulang tahun untuk papa – ilustrasi seorang ayah menerima kado disertai senyum kebahagiaan

Ada banyak jenis kata-kata yang bisa kamu pilih untuk memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah. Salah satunya adalah yang menyentuh hati. Tidak sekadar membuat sedih, tapi ucapan ulang tahun untuk ayah ini sarat akan makna, wajar saja jika nanti hatinya tersentuh. Selain itu, kamu juga harus mengucapkannya dari hati yang terdalam, ya. Berikut contoh ucapan ulang tahun untuk ayah yang menyentuh hati.

16. “Dari lubuk hati yang terdalam aku ucapkan selamat ulang tahun, Ayah. Semoga ayah selalu diberikan kelancaran dalam setiap langkahnya, selalu diberikan kesehatan, dan umur panjang yang penuh dengan berkah, serta kebahagiaan.”

17. “Selamat berbahagia di hari ulang tahuhmu, Ayah! Ada banyak kata yang ingin aku ucapkan, bahkan jika ditulis, satu buku pun tak cukup. Namun, yang paling penting adalah aku mencintai ayah sampai kapan pun. Apa pun yang terjadi, engkau tetap menjadi ayah terbaik bagiku.”

18. “Aku merasa sangat bahagia melihat ayah bersama keluarga kita merayakan ulang tahun. Selamat ulang tahun ayahku tercinta. Semoga hari-harimu dipenuhi dengan cinta dan kasih sayang dari kami semua.”

19. “Mungkin di hari spesialmu ini, aku belum bisa memberikan sesuatu yang mewah. Namun, aku inign ayah panjang umur agar kelak bisa melihat keberhasilanku.”

20. “Ayah, engkau bagaikan kompas bagiku, yang selalu mengarahkan, menunjukkan, dan membimbingku ke arah yang benar. Terima kasih atas segala pengorbananmu. Selamat ulang tahun, aku akan selalu menyayangimu.”

21. “Kau pahlawanku, terima kasih untuk cinta dan kasih yang kau berikan untukku. Selamat ulang tahun Papa, semoga Tuhan selalu menjaga dan melindungimu.”

22. “Selamat ulang tahun, Ayah. Meski kini usiamu tak lagi muda, aku akan tetap menjadi putri kecilmu dan menjadi kebanggaan ayah di masa depan.”

23. “Kebahagiaan memang tidak bisa dibeli, tapi kebahagiaan bisa dibentuk. Aku tahu ayah selalu berusaha keras agar kebahagiaan bisa terbentuk di keluarga kita. Oleh karena itu, aku sangat berterima kasih karena ayah telah melakukan segalanya untuk keluarga. Dari hatiku yang terdalam, kuucapkan selamat ulang tahun, Ayah.”

24. “Selamat ulang tahun, Ayah. Aku sangat berterima kasih, karena engkau telah menjadi sosok ayah idaman bagi semua anak, termasuk aku. Aku berharap, semoga ayah selalu sehat wal afoat, mendapat rezeki yang berlimpah lagi berkah untuk keluarga, dan diberikan panjang umur. Maaf, aku belum bisa menjadi anak yang ayah impi-impikan selama ini.”

25. “Ayah adalah pria terhebat di dunia ini yang pernah aku tahu. Menjadi sosok ayah yang menyayangi anak-anaknya sepenuh hati, menjadi kepala keluarga yang bekerja keras setiap hari, sekaligus menjadi suami ibu yang pengertian dan penuh kasih. Semoga di usia yang semakin bertambah ini Allah memberikan keberkahan untukmu.”

Ucapan Secara Islami

ucapan ulang tahun untuk ayah
ucapan ultah untuk ayah islami – ilustrasi keluarga sedang memanjatkan doa untuk ayah ang sedang berulang tahun

Memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah, selain dengan kata-kata yang menyentuh, bisa juga berisikan kata-kata yang Islami. Kamu bisa memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah dengan kata-kata berikut ini:

26. “Ucap syukur atas karunia umur yang baik dan berkah, sehingga kini kau tak lagi muda. Aku berdoa agar kesehatanmu tetap terjaga, kebahagiaan tetap ada, dan harapanmu dapat dijabah. Selamat ulang tahun ayahku tercinta.”

27. “Barakallah fii umrik, Ayah! Doa yang kupanjatkan untumu adalah bentuk ketulusan dan rasa terima kasihku, karena engkau telah menjadi sosok ayah idaman untukku. Semoga Allah selalu memberkati ayah dengan menjalani hari-hari yang penuh kebaikan dan kebahagiaan.”

28. “Barakallah fii umrik, Ayah. Di hari kelahiranmu ini, aku memohon kepada Allah semoga ayah diberikan usia yang berkah, rezeki yang berlimpah, dan kebahagiaan yang tiada henti. Semoga di usia yang semakin bertambah, semakin meningkatkan keimananmu, agar selalu menjadi imam yang baik dan soleh.”

29. “Teruntuk ayahku tersayang. Barakallah fii umrik. Terima kasih karena telah mendidik, menjaga, dan merawatku setulus hati. Terima kasih atas doa-doa yang ayah panjatkan setiap hari untukku. Semoga bertambahnya usiamu, Allah memberkahi segala sesuatunya.”

30. “Seiring dengan bertambahnya usia, semoga semakin disayang Allah SWT, pahala yang terus bertambah, dan segala urusan dipermudah. Selamat ulang tahun, Ayahku.”

31. “Barakallah fii umrik, Ayahku. Semoga Allah selalu melimpahkan rezeki dan kebahagiaan untukmu dan keluarga kita. Aku berharap, Allah akan menjadikan ayah sebagai imam yang penuh tanggung jawab dan kebijaksanaan, serta selalu patuh pada ajaran Allah dan bisa membimbing keluarga pada keimanan. Aamiin.”

32. “Ya Allah Yang Maha Pencipta, karuniakanlah kepada ayahku kesehatan, keberkahan usia, kan rezeki yang berlimpah. Sayangilah ia sebagaimana ia menyayangiku sewaktu aku kecil, jagalah ia selalu seperti ia menjagaku dulu.”

33. “Selamat milad, barakallah fii umrik, semoga segala yang ayah harapkan bisa tercapai dan senantiasa ada di dalam lindungan-Nya.”

34. “Miladuki sa’idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan pada sisa umur yang diberikan-Nya, semoga ayah bisa menjadi salah satu orang yang dirindukan oleh surga. Aamiin.”

35. “Barakallah fii umrik, Yah. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan, baik di dunia pun di akhirat kelak.”

Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah yang Sudah Meninggal Dunia

caption untuk ayah – ilustrasi seorang anak sedang berada didepan makam ayahnya yang hari itu tepat di hari ulang tahun mendiang ayahnya

Meski ayahmu telah meninggal dunia, bukan berarti kamu tidak bisa memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah, ya. Kamu bisa memberikan ucapan untuknya dalam bentuk doa. Berikut contoh ucapan ulang tahun untuk ayah yang sudah meniggal dunia yang sering digunakan:

36. “Pagi ini pada rindu yang tak bertepi, kukirimkan sebait doa dari suara hati, untuknya yang tak pernah kembali ke sisi. Semoga Allah selalu menjagamu di sana. Selamat ulang tahun, Ayah.”

37. “Barakallah fii umrik ayahku tercinta. Tidak ada yang namanya kematian, yang ada hanyalah berpisahan antara ruh dan jasad. Jiwamu akan selalu ada di sisiku.”

38. “Pernah memiliki seorang ayah yang luar biasa sepertimu adalah sebuah karunia Allah SWT yang tidak akan aku lupakan selamanya. Cinta dan sayang akan selalu kucurahkan kepadamu, Ayah. Ini adalah hari kelahiranmu, di hari spesial ini tak ada hadiah spesial yang bisa kuberiakn untukmu selain al-fatihah yang selalu kau nantikan.”

39. “Sebuah kue dan satu batang lilin bisa membuat hati remuk diikuti air mata yang bercucuran, tatkala mengingat bahwa hari ini adalah hari bertambahnya usia ayah, tapi sayang ayah sudah lebih dulu kembali ke pangkuan-Nya. Semoga ayah tenang di alam sana.”

40. “Selamat ulang tahun, Ayah. Bagaimana kabarmu di surga sana? Sudah sekian tahun engkau tak ada di sini. Pasti ayah sudah tahu kalau di sini banyak kabar baru. Aku harap ayah tersenyum mendengarnya.”

41. “Barakallah fii umrik. Aku sangat bersyukur pernah memiliki sosok ayah sepertimu. Namun, Allah memanggilmu begitu cepat, karena Allah begitu menyayangimu. Aku ikhlas dan hanya bisa mendoakan yang terbaik untukmu di akhirat sana.”

42. “Tak ada seorang pun yang tahu tentang takdir hidup. Ayah meninggalkan kami begitu cepat. Meski begitu, aku tetap mengikhlaskan kepergianmu, karena takdir sudah Allah tetapkan. Aku hanya bisa berdoa, di hari spesialmu ini, ayah tenang di alam sana.”

43. “Selamat ulang tahun, Ayah. Selamat atas ulang tahunmu di hari spesial ini. Semoga Allah memberimu nikmat kubur dan dihindarkan dari siksa kubur yang pedih.”

44. “Cinta tulus yang ayah berikan padaku, tak akan pudar dimakan waktu. Aku merindukanmu, apalagi di hari spesial untukmu ini. Di mana seharusnya kita bisa merayakan bersama, tapi kini engkau telah tiada. Tak mengapa, semoga di hari ulang tahun ini, ayah mendapatkan Rahmat dari Allah SWT. Aamiin.:

45. “Tak ada kerinduan yang lebih berat daripada merindukan seseorang yang telah tiada. Selamat ulang tahun, Ayah. Walaupun engkau jauh di sana, aku akan selalu menyimpan segala kenangan indah yang kita ukir bersama.”

Ucapan dalam Bahasa Inggris

happy birthday ayah – ilustrasi seorang ayah sedang meniup kue ulang tahun

Dalam memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah, kamu bebas memberikannya dalam bahasa lain, bisa menggunakan bahasa sehari-hari, bahasa daerah asalmu, atau bisa juga dengan menggunakan bahasa Inggris. Kalau kamu ingin memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah dalam bahasa Inggris, tak mengapa, loh. Tapi pastikan ayahmu mengerti, ya. Berikut ini adalah contoh ucapan ulang tahun untuk ayah dalam bahasa Inggris dan artinya:

46. “You have always been the most supportive and friendly dad in the world. Happu birthday to you. You are truly one of a kind.”

Artinya: “Kau telah menjadi seorang ayah yang paling mendukung dan ramah di dunia. Selamat ulang tahun. Engkau sejatinya orang yang baik.”

47. “May the coming years of your life be filled with unlimited happiness and joys. I love you to infinity and beyonf. Happy birthday to the most amazing dad ever.”

Artinya: “Semoga di tahun-tahun mendatang, hidupmu dipenuhi dengan kebahagiaan dan suka cita yang tiada henti. Aku menayangimu tanpa batas. Selamat ulang tahun untuk ayah yang paling luar biasa.”

48. “You alyaws make me feel safe and secure with your unconditional love. I want more years to spend with you. Happy birthday, Dad!”

Artinya: “Kau selalu membuatku merasa aman dan terlindungi oleh cintamu yang tulus. Aku ingin menghabiskan tahun-tahun lagi bersamamu. Sealamat ulang tahun, Ayah!”

49. “You mean everything to me. Without you, i could never be person i am today. Thank you, Dad! Happy birthday!”

Artinya: “Engkau adalah segalanya bagiku. Tanpamu, aku takkan bisa jadi seperti ini. Terima kasih, Ayah! Selamat ulang tahun!”

50. “Happy birthday to the most caring and supportive father our there, i know you are alyaws here for me just like how i’m here for you.”

Artinya: “Selamat ulang tahun untuk ayah yang paling suportif dan peduli. Aku tahu kau selalu di sini untukku, sebagaimana aku di sini untukmu.”

Baca Juga: 20 Ucapan Bahasa Korea Selamat Ulang Tahun

Demikianlah kumpulan kata-kata ucapan ulang tahun untuk ayah yang bisa kamu berikan untuk orangtuamu tercinta. Perlu diingatnya, memberikan ucapan ulang tahun untuk ayah akan menciptakan kebahagiaan untuknya, loh.

Untukmu yang saat ini sedang kebingungan mencari ucapan ulang tahun untuk ayah, kamu bisa memilih salah satu ucapan di atas, ya. Kemudian ucapkan kepada ayah tercinta dengan tulus dari hati. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 100 Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Sahabat Paling Berkesan

  • Bagikan
seruni.id