7 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Selama Puasa Ramadhan

7 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Selama Puasa Ramadhan
hellosehat.com

Seruni.id – Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan demi menjaga agar tubuh tidak lemas selama puasa Ramadhan. Seruni akan memberikan beberapa tipsnya pada ulasan berikut ini, ya.

7 Tips Agar Tubuh Tidak Lemas Selama Puasa Ramadhan
kompas.com

Saat sedang berpuasa wajar saja jika tubuh terasa lemas, hal ini karena memang tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman sepanjang hari. Namun, jangan jadikan puasa sebagai alasan menurunnnya semangat dan berkurangnya aktivitas fisik, ya.

Rasa lemas dan lesu ini umumnya disebabakan oleh gula darah di dalam tubuh yang menurun. Agar tubuh tidak lemas selama puasa Ramadhan, aktivitas tetap lancar, dan tubuh tetap bugar, berikut Seruni telah merangkum beberapa tipsnya dari berbagai sumber.

1. Berbukalah dengan Makanan atau Minuman yang Manis

Saat berpuasa, waktu berbuka menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Meski demikian, menu berbuka yang akan disantap harus diperhatikan, ya. Karena kadar gula darah dalam tubuh menurun, saat berbuka kita harus meningkatkan kembali kadar gula darah tersebut, dengan cara mengomsumsi makanan maupun minuman manis.

Bisa dengan segelas teh manis hangat dan beberapa buah kurma sebagai pembuka. Setelah 15 menit, barulah kamu boleh mengonsumsi makanan berat, seperti nasi dan sejenisnya. Hal ini akan membantu agar kadar gula darah tidak naik terlalu cepat atau justru membuat pankreas terkejut.

Untuk menambah cairan dalam tubuh, kamu juga bisa makan beraneka ragam buah-buahan. Agar tubuh tidak lemas selama puasa, kamu juga bisa menambahkan madu pada sajian menu berbuka nanti. Sebisa mungkin hindarilah makanan yang digoreng dan bersantan.

2. Konsumilah Makan yang Mengandung Karbohidrat dan Protein Saat Sahur

Bukan hanya waktu berbuka saja, makanan saat sahur juga harus diperatikan agar tubuh tidak lemas selama puasa. Sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber tenaga. Agar mendapatkan sumber energi, konsumsilah makanan dengan indeks glikemik rendah seperti kentang rebus, gandum, beras, atau buah-buahan. Selain itu, konsumsi pula makanan yang tinggi serat agar glukosa dapat naik perlahan.

Kamu juga bisa mengombinasikan antara nasi dengan makanan berserat, seperti sayuran atau kacang-kacangan. Perlu kamu tahu nih, makanan kaya akan serat akan memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga saat berpuasa, kamu tidak akan mudah lapar. Selain mengonsumsi karbohidrat dan protein, saat sahur kamu harus membatasi makanan yang asin, ya. Sebab, makanan yang tinggi garam hanya akan membuat tubuh mudah lapar dan dehidrasi.

3. Tingkatkan Pernapasan

Apakah pernapasan dengan lemas dan lesu saat berpuasa ada hubungannya? Hal ini sangat berhubungan erat, loh. Di mana kualitas oksigen yang masuk ke dalam sistem pernapasan dan kemampuan untuk mengeluarkan CO2 sangat penting untuk kesehatan sel tubuh. Semakin pendek napas yang dihirup, maka akan semakin sedikit pula oksigen yang mencapai sel, otak, dan jantung.

Akibatnya, organ-organ tubuh mengalami kesulitan untuk menjalankan fungsinya pada level optimal. Tak heran kalau hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan dalam energi rendah. Untuk mengatasinya, cobalah menarik napas dalam-dala melalui hidung, kemudian keluarkan secara perlahan melalui mulut. Meski sepele, tapi aktivitas ini dapat meningkatkan kekuatan tubuhmu saat berpuasa, loh.

4. Dapatkan Waktu Tidur yang Cukup

Jam tidur yang berlebihan saja tidak baik untuk tubuh, apalagi yang kurang? Kekurangan waktu tidur, akan membuat tubuh terasa lemas dan lesu, terlebih ketika sedang berpuasa. Agar tubuh tidak lemas selama puasa, maka kamu membutuhkan waktu tidur yang cukup, tidak kurang maupun berlebihan.

Sebisa mungkin, tidurlah setelah melaksanakan shalat tarawih agar bisa bangun lebih cepat untuk makan sahur. Tidurlah dengan cukup selama 6-7 jam agar tubuh tetap bugar. Tidur sebentar di siang hari pun sangat bermanfaat untuk tubuh mendapatkan energi.

5. Tetap Jaga Cairan dalam Tubuh Agar Tidak Dehidrasi

Kekurangan cairan akan membuat tubuh lesu dan lemas. Tentunya cukup sulit menjaga asupan cairan saat sedang berpuasa. Meski demikian, cukup mudah untuk mejaga asupan cairan dalam tubuh selama puasa. Caranya yakni dengan mengatur asupan dengan selalu minum air putih sekitar 2,5 liter dalam rentang mulai berbuka puasa hingga makan sahur. Jika kamu merasa bosan mengonsumsi air mineral, bisa juga minum jus buah.

6. Olahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas bergerak, terutama berolahraga. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini, kamu harus lebih memperhatikan aktivitas fisik. Olahraga saat puasa tidak akan membuat tubuh semakin lemas, justru olahraga harus dilakukan secara teratur.

Apabila melakukan olahraga dengan benar, bahkan jika kamu hanya melakukan jalan cepat atau sekadar membersihkan rumah saja, bisa memberi dorongan energi daripada membuat tubuh menjadi lelah. Jadwalkan beberapa latihan dalam rutinitas Ramadhan, seperti berjalan kaki singkat setelah sahur untuk meningkatkan tingkat energi.

7. Alihkan Fokus dari Kelaparan dan Kelelahan

Tips berikutnya agar tubuh tidak lemas selama puasa adalah dengan mengontrol pikiran kita. Sebab, pikiran adalah salah satu yang luar biasa dalam tubuh kita. Pikiran juga dapat berkonsentrasi pada satu hal dan mengabaikan hal lainnya. Contohnya, mungkin kamu sedang tidak fokus memikirkan atau merasakan bahwa tubuh atau ketegangan pada otot leher telah kendur. Atau kamu mungkin sedang tidak terlalu peduli dengan hal yang ada di sekitarmu saat ini.

Lantas, apa hubungannya ini dengan kelaparan dan kelelahan? Sederhananya, kamu bisa memilih pikiran mana yang akan kamu ambil dan mana yang akan kamu abaikan. Kalau kamu mengabaikan rasa lelah dan lapar saat berpuasa mungkin kamu akan biasa saja dan tetap menjalankan aktivitas, seperti biasanya.

Baca Juga: 75 Ucapan Selamat Berbuka Puasa Ramadhan 2021

Itulah beberapa tips agar tubuh tidak lemas selama puasa. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tetap sehat dan bugar.

Dengan syarat kamu harus disiplin dan mengerti apa yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak lemas. Dan yang tak kalah penting adalah jangan pernah melewatkan makan sahur, karena ini sebagai cadangan energimu selama melakukan berbagai aktivitas. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.