15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

  • Bagikan
15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya
pejalanwisata.com

Seruni.id – Aktivitas yang padat terkadang membuat diri terasa penat. Jika sudah seperti ini, tentu kita membutuhkan waktu untuk quality time. Misalnya dengan mengunjungi tempat yang membuat pikiranmu segar kembali. Seruni punya beberapa rekomendasi tempat wisata puncak Bogor yang bisa kamu kunjungi nih. Mulai dari tempat wisata alam, tempat hiburan, hingga tempat kulinernya. Kalau kamu tertarik dan memang ingin mengunjungi wisata puncak Bogor, berikut daftar tempatnya:

Puncak Bogor

Bagi kalian yang belum tahu, puncak Bogor adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Puncak terletak 70 kilometer sebelah selatan di Jakarta. Wilayah puncak, terletak di kaki lereng pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gede Pangrango.

Daerah ini terkenal sebagai daerah wisata pegunungan, baik bagi wisata domestik maupun mancanegara. Wilayah Puncak dikenal sebagai tempat peristirahatan penduduk Jakarta karena kesejukan dan keindahan alamnya, serta merupakan daerah perkebunan teh yang dibangun pemerintah kolonial Belanda yang saat ini merupakan perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas.

Secara geografis, ketinggian puncak Bogor rata-rata 700-1.800 m di atas permukaan laut dengan suhu uadaranya yang rata-rata mencapai 14-20 derajat celcius. Selain itu, daerah puncak juga dikelilingi oleh gunung lain, loh, seperti Gunung Salak.

Daerah puncak memiliki kontur alam yang unik. Bahkan, hampir sebagian wilayahnya diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegununngan. Keindahannya begitu memukai, apalagi puncak Bogor malam hari, meskipun udaranya yang begitu dingin, tapi tempat ini sangat seru untuk dijadikan destinasi liburan. Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut Seruni akan merekomendasikan tempat wisata puncak Bogor yang bisa kamu kunjungi:

Tempat Wisata Puncak Bogor

1. Taman Wisata Matahari

"15

Wisata puncak Bogor yang pertama ada Taman Wisata Matahari. Di tempat ini, kamu bisa menemukan banyak sekali fasilitas wisata yang begitu seru. Termasuk tempat pernyewaan villa, bagi kamu yang ingin bermalam di sana. Termasuk juga fasilitas lainnya, seperti arena bermain anak, kolam renang, wisata sungai, aneka wisata air, mini boat, peddle boat, bumper boat, motor dan mobil safari, ATV off road, serta fasilitas outbond-nya.

Harga tiket:

  • Senin-Jumat Rp50.000/orang wisatawan lokal
  • Sabtu-Minggu Rp60.000/orang wisatawan lokal
  • Setiap hari Rp150.000/orang wisatawan asing

Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog No. 77

2. Telaga Warna Puncak Cisarua

"15

Tempat wisata puncak Bogor berikutnya adalah Telaga Warna Puncak Cisarua. Ketika mendatangi tempat ini, dijamin kamu akan terhipnotis akan warnanya yang eksotis. Kamu pun akan disuguhkan dengan area persawhan serta gunung kecil yang berdiri kokoh, seakan menjadi sebagai latar pendukung keindahan telaga tersebut. Menariknya, warna telaga yang satu ini, seketika dapat berubah warna seiring berjalannya waktu, mulai dari kehijauan hingga coklat.

Apa sih yang membuat telaga ini dapat berubah warna? Hal ini disebabkan oleh faktor banyaknya ganggang yang tumbuh subur di dalam Telaga itu sendiri. Ketika air telaga terkena pantulan sinar matahari, maka muncullah warna warna unik yang memanjakan mata. Seringkali dibicarakan di berbagai situs wisata populer, sebab pengunjung bisa merasakan sensasi mengelilingi telaga menggunakan perahu ataupun rakit.

Harga tiket:

  • Rp21.000-26.000

Alamat: Jl. Raya Puncak, Cianjur, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor

3. Curug Panjang

"15

Berkunjung ke tempat wisata puncak Bogor, kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi Curug Panjang, yang berada di kawasan Megamendung. Aliran airnya yang cukup melimpah, ternyata berasal dari sungai Cisangrang. Tempat ini banyak diminati oleh para wisatawan, karena kejernihan airnya sekaligus udaranya yang segar, mampu menghadirkan energi positif bagi tubuh. Cocok sekali buat kamu yang sedang penat akibat aktivitas yang padat. Namun, kamu perlu berhati-hati, ya, karena Curug Panjang memiliki kedalaman mencapai 5 meter.

Harga tiket:

  • Rp13.000/orang untuk wisatawan lokal
  • Rp50.000/oerang untuk wisatawan mancanegara

Alamat: Jl. Curug Panjang, Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor

4. Ranggon Hills

"15

Tempat wisata puncak Bogor berikutnya adalah Rangon Hills. Berada di wilayah kaki Gunung Salak, Ranggon Hilss menyajikan pemandangan yang begitu luar biasa. Bagi kamu yang gemar berfoto, di tempat ini juga terdapat spot foto yang Instrgamable banget. Salah satu yang populer di tempat ini adalah Ranggon Air Balloon, yang akan membuat impianmu berfoto di atas balon udara menjadi nyata. Selain berfoto, kamu juga bisa camping di sana, tak perlu repot membawa tenda, karena di sana sudah tersedia.

Harga tiket:

  • Rp10.000/orang

Alamat: Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Bogor, Jawa Barat

5. Puncak Pass Resort

"15

Untuk kamu yang ingin bermalam di sekitar wisata puncak Bogor, Puncak Pass Resort bisa menjadi pilihan tepat. Hotel sekaligus restoran ini, merupakan salah satu hotel tertua yang berada di puncak, dan menghadap langsung ke arah lereng Gunung. Tentu saja pemandangan sekitar hotel terlihat begitu indah, dan bisa dinikmati dari jendela kamar hunian. Pengunjung akan dibuat betah berlama lama disana, karena dapat melihat hamparan alam yang indah.

Alamat: Jl. Raya Puncak KM. 90, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor

6. Little Venice Puncak

15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

Ingin liburan tapi dengan suasana seperti di Italia? Nah, kamu bisa mendatangi salah satu tempat wisata puncak Bogor bernama Little Venice, danau buatan yang dirancang dengan arsitektur, sehingga sangat mirip dengan Kota Venesia di Italia. Di tempat ini juga tersedia berbagai fasilitas serta wahana permainan yang bisa kamu nikmati nih. Mulai dari sepeda untuk anak-anak sampai gondola yang bisa kamu dayung sendiri. Wahana lain yang tak kalah menarik adalah Mississippi Boat Ride dengan perahu bertema western.

Harga tiket:

  • Rp20.000/orang untuk tiket masuk
  • Rp50.000/orang untuk gondola dan mississippi boat ride

Alamat: Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih Pacet, Cipanas Cianjur

7. Taman Sakura

"15

Sebagian orang memiliki impian untuk melihat kecantikan bunga sakura secara langsung. Sekarang impian kalian bisa menjadi nyata, loh. Datang saja ke Kebun Raya Cibodas, di sana kalian akan disuguhkan dengan keindahan bunga sakura yang bermekaran. Pohon dengan bunga berwarna pink tersebut sudah ditanam sejak 1971 silam, untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Tak kurang, ada 435 pohon bunga sakura yang bisa kalian temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede Pangrango ini.

Bunga sakura di sana, cukup lemat daripada di negara aslinya, loh. Di Jepang, bunga sakura hanya bermekaran setiap satu tahun sekali pada musim semi. Sedangkan di Kebun Raya Cibodas, bunga akan bermekaran setiap 2 kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Hal ini karena perbedaan iklim dan kontur tanah. Selain menikmati keindahan sakura, kamu juga akan disuguhkan dengan padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa berusia tua, berbagai koleksi tanaman langka, taman lumut, kolam, sungai, air terjun, air mancur, hingga rumah kaca.

Harga tiket:

  • Rp.16.500/ orang

Alamat: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Cipanas, Bogor, Jawa Barat

8. Taman Safari Indonesia Cisarua

"15

Taman Safari Indonesia ini dikenal sebagai icon wisata dari Bogor, tempat ini menyajikan berbagai destinasi wisata alam serta wahana edukasi yang cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Menariknya, pihak pengelola pun menyuguhkan aneka koleksi satwa yang beragam.

Harga tiket:

  • Hari biasa Rp185.000/orang untuk dewasa dan Rp160.000 untuk anak-anak
  • Akhir pekan Rp220.0000/orang untuk dewasa Rp200.0000 untuk anak-anak

Alamat: Jl. Raya Puncak, No. 601, Cibereum, Cisarua, Bogor

9. Paralayang Bukit Gantole Puncak

"15

Wisata puncak Bogor travelling berikutnya ada Paralayang Bukit Gontole. Tempat yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang gemar melakukan olahraga ektrem. Selain itu, kalian juga bisa selfie sambil mengudara, loh. Dengan membayar tarif yang sudah ditentukan, kalian bisa terbang dari ketinggian puncak Bogor selama 10 menit. Kalian juga akan disuguhkan tempat bersantai sambil menikmati kota Bogor dari ketinggian.

Harga tiket:

  • Rp13.000 untuk tarif masuknya
  • Rp350.000 untuk sekali penerabangan

Alamat: Jl. Raya Puncak, Km 87, Gunung Mas, Bukit Gantole

10. Taman Bunga Nusantara

"15

Untuk kamu yang gemar mengabadikan momen dan membagikannya ke feed Instagram, tempat wisata puncak Bogor yang satu ini cocok banget untuk kamu kunjungi. Namanya Taman Bunga Nusantara, tempat yang dipenuhi dengan bunga-bunga ini, dibangun di atas lahan seluas 23 hektar. Kalau kamu tertarik mengunjungi tempat ini, jangan lupa masuk ke taman labirin, go-kart boat atau ATV race, karena ini sangat seru sekali ditambah lagi dengan air mancul musikalnya yang cantik.

Harga tiket:

  • Doto train Rp40.000
  • Garden Tram Rp50.000
  • Wara-wiri Rp5.000

Alamat: Jl. Mariawati, No. Km 7, Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cinjur, Jawa Barat

11. Kebun Wisata Inkarla

"15

Wisata puncak Bogor yang satu ini merupakan tempat yang mengusung konsep kebun tanaman hias. Di sini kamu bisa menyaksikan keindahan tanaman hias seperti bunga-bunga yang cantik. Bukan hanya itu, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan gunung yang begitu indah.

Kawasan Kebun Wisata Inkarla ini tentunya akan menawarkan kesegaran ketika kamu bekunjung. Sehingga sangat cocok sekali bagi kalian yang sedang penat dan lelah karena aktivitas yang padat. Oh ya, di tempat ini juga tersedia berbagai fasilitas, loh, muladi dari tempat meeting, permainan anak-anak, area outbond, kolam renang hangat, dan lainnya yang akan memanjakanmu saat berlibur ke sini.

Harga tiket:

  • Rp100.000/rombongan (minimal 20 orang dewasa)
  • Rp50.000/rombongan (untuk anak-anak)

Alamat: Jl. Singabarong, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur

12. Citamiang Puncak Bogor

"15

Tempat wisata puncak Bogor yang satu ini sering kali digunakan untuk aktivitas outbond dan berkemah. Tempat ini cocok sekali untuk menghabiskan waktu bersama sahabat ataupun keluarga. Selain itu, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang memukai san sejuknya alam.

Harga tiket:

  • Rp40.000/orang

Alamat: Jl. Ci;iwung, Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kota Bogor

13. Warso Farm Puncak Bogor

"15

Bagi kamu penggemar buah durian, sepertinya harus mengunjungi tempat wisata puncak Bogor yang satu ini. Warso Farm merupakan kawasan agrowisata yang sangat terkenal di Bogor. Maka dari itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya. Di sini kamu bisa menikmati lezatnya durian segar yang dipeting langsung. Tentunya kelezatan inilah yang membuat pengunjung tergiur untuk datang ke sini.

Selain itu, di sini juga tersedia berbagai olahan berbahan durian yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh. Untuk mengunjungi destinasi wisata keluarga Warso Farm, tidak akan dikenai biaya tiket masuk alias gratis. Kamu cukup mengeluarkan biaya retribusi parkir kendaraan Rp3.000/motor dan Rp5.000/mobil.

Alamat: Jl. K.H. Halimi, Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor

14. Kota Bunga Estate

"15

Selain punya Taman Bunga Nusantara wisata puncak Bogor juga memiliki Kota Bunga Estate, loh. Di tempat ini terdapat berbagai jenis vila yang bisa kamu sewa. Dari yang bergaya Inggris kuno hingga nuansa Jepang, ada di sini. Komplek vila yang berada di Cipanas ini dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas untuk memberi kenyamanan yang maksimal. Mulai dari kolam renang, lapangan tenis, taman hiburan mini, kebun binatang mini, ranch, hingga tempat mengunggang kuda.

Harga tiket:

  • Rp30.000-70.000

Alamat: Jl. Hanjawr, Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Cipanas, Cianjur

15. Taman Riung Gunung

"15

Kalau kamu mengunjungi kawasan puncak Bogor, jangan lupa untuk mampir ke Taman Riung Gunung. Wisata puncak Bogor yang satu ini merupakan tempat yang sangat menyenangkan, pastinya sangat cocok untukmu yang ingin relaksasi. Selain menawarkan suasana yang sejuk dan asri, kamu juga bisa berjalan-jalan menikmati wisata kebun teh.

Di Taman Riung Gunung ini kamu juga bisa mengunjungi vila yang dahulu dimiliki oleh Presiden Soekarno serta beberapa peninggalannya. Tak perlu takut laparan, karena di sini juga tersedia restoran, taman bermain anak, terapi ikan, penginapan, serta fasilitas lainnya akan akan menunjang kenyamananmu saat berlibur di sini.

Harga tiket:

  • Rp.5.000/orang untuk tiket masuk
  • Rp. 15.000/orang untuk flying fox
  • Rp100.000-Rp150.000 untuk penginapan

Rekomendasi Tempat Kuliner

Berlibur ke tempat wisata puncak Bogor, rasanya kurang lengkap jika tidak meniknati kulinernya. Nah, bagi kamu yang sudah memiliki rencana untuk berlibur ke tempat wisata puncak Bogor, berikut Seruni juga akan merekomendasikan tempat kuliner yang paling banyak dicari orang:

1. Sate Kambing Hanjwar

15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

Jika berkunjung ke daerah puncak Bogor, jangan lupa mampir ke warung Sate Kambing Hanjawar, yang bedara di Jalan Raya Palasari, Palasari, Cipanas, Palasari, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Namun, kalau kamu ingin menikmati kuliner puncak ini, kamu hanya bisa datang pada malam hari. Sebab, warung sate ini buka mulai pukul 23.00 hingga 04.00 WIB.

Di tempat makan ini, tidak hanya menghidangkan sate saja, tetapi juga ada sajian lainnya. Seperti nasi goreng kambing, sate kambing, sate ayam, sop kambing, tongseng kambing, hingga tongseng ayam. Selain itu, ada juga sajian lain seperti tahu dan tempe goreng. Bumbu kacang dan satenya yang terpisah menjadi ciri khas tersendiri. Harganya pun terbilang ramah di kantong, untuk satu porsi sate kambing dibanderol Rp50.000 dan untuk sate ayam hanya Rp40.000 saja.

2. Bakmi Golek

15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

Tempat kuliner di puncak Bogor berikutnya ada bakmi golek. Di sana tersedia berbagai macam bakmi yang menggoda, loh. Mulai dari bakmi golek ayam, bakmi ayam pangsit goreng, bakmi goreng seafood spesial, bakmi capcai seafood, hingga bakmi ayam kangkung. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sajian masakan oriental seperti udang asam manis, sapi lada hitam, bistik sapi, gurame tahu tauci, dan lainnya.

Kemudian juga ada nasi goreng seafood spesial, kwetiaw masak seafood, bihun masak seafood, bakso sapi kuah, dan masih banyak lagi. Harga yang mereka tawarkan mulai dari Rp18.700 hingga Rp105.600. Tempat kuliner yang berada di Jalan Puncak Rd No. Km. 77 Cilember, Cisarua, Bogor ini mulai buka dari pukul 10.00 pagi hingga 22.00 WIB malam.

3. RM Bumi Aki Puncak

15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

Kalau kamu mencari kuliner yang menyediakan tempat makan lesehan, datang saja ke RM Bumi Aki Puncak, yang berada di Jalan Raya Puncak – Ciloto No. 259, Jawa Barat. Selain menghidangkan sajian khas Sunda dan makanan gaya oriental, di sini kamu bisa menikmati makanan dengan tempat lesehan yang asri. Hitung-hitung, makan sambil menyegarkan mata. Sajian yang mereka tawarkan pun bervariasi, mulai dari gurame bakar, aneka tumis sayuran, sup buntut, dan berbagai macam camilan.

Meski tempat kuliner di puncak Bogor ini kental dengan nuansa Sunda, tapi mereka juga menyediakan sup kambing, gulai kambing, nasi goreng kampung, aneka ikan goreng dan masih banyak lagi. Oh ya, bagi kamu pencinta petai, RM Bumi Aki juga memiliki menu nasi goreng petai, loh. Harganya pun cukup murah, mulai dari Rp16.000 hingga Rp280.000. Restoran ini melayani pengunjung pukul 07.00 hingga 21.00 pada hari Senin sampai Jumat. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu mereka tutup lebih lama yakni pukul 23.00 WIB.

4. Warung Nasi Alam Sunda

15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

Tempat kuliner di puncak Bogor berikutnya ada Warung Nasi Alam Sunda. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini tentunya menghadirkan berbagai menu makanan khas Sunda. Selain itu, juga ada ayam goreng, ikan bawal goreng, bebek goreng kremes, tumisan sayur, dan lain-lain.

Warung Nasi Alam Sunda yang berada di Jalan Raya Puncak No. 239, Puncak, Bogor ini juga menyediakan aneka camilan, loh. Seperti jagung bakar serut. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp.5000 sampai Rp65.000. Tempat tersebut melayani pengunjung mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Pastikan kamu tidak lupa mampir ke sini, ya.

5. Sate Maranggi Sari Asih

15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

Banyak orang yang sengaja datang ke puncak hanya untuk menikmati sate maranggi saja, loh. Sebab, sate khas Jawa Barat ini berbeda dengan sate pada umumnya. Bukan dengan bumbu kecap saja, melainkan dengan bumbu ketumbar yang menjadi ciri khasnya. Biasanya sate ini disajikan bersama dengan sambal oncom dan menyantapnya dengan nasi kuning.

Nah, kalau kamu sedang berlibur ke puncak, jangan lupa mampir ke tempat makan Sate Maranggi Sari Asih, yang berlokasi di Jalan Raya Puncak, Cianjur, Puncak, Bogor. Sate Maranggi Sari Asih dihidangkan pertusuk, seharga Rp3.000 hingga Rp4.000, dan kamu bisa memilih, ingin menikmati bersama ketan atau nasi.

6. Cimory Mountain View

15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

Ingin memanjakan mata dengan pemandangan yang indah, tapi juga ingin makan enak? Datang saja ke Cimory Mountain View. Di tempat ini, kamu tidak hanya bisa menikmati pemandangan gunung saja, tapi juga sambil menyantap sajian bergaya western dan oriental, hingga masakan tradisional.

Sajian yang dihidangkan mulai dari zuppa soup, corn cream soucp, lumpia udang, ring sausage, chikcen wings dan mini grilled sausage, burger steak, chicken coron blue, beef fetucine carbonara, dan masih banyak lagi. Ada juga soto mi, sop buntut, sate ayam, gado-gado dan masakan Indonesia lainnya. Harga yang dibandrol mulai dari Rp 27.000 hingga Rp 85.000.

7. Sate Shinta

15 Tempat Wisata Puncak Bogor Terbaru Beserta Kulinernya

Sedang mencari tempat makan di puncak 24 jam? Kamu bisa datang ke warung Sate Shinta. Di warung ini kamu bisa mencicipi aneka jenis sate. Mulai dari sate kambing, sate maranggi, sate jeroan, sate sapi, dan sate lainnya.

Tak hanya sate kamu juga bisa menikmati aneka makanan berbahan dasar kambing seperti sop kambing, gule kambing, dan nasi goreng kambing. Ada juga gurame bakar, gurame goreng dan olahan gurame lainnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 19.000 hingga Rp 100.000. Sate Shinta yang berada di Raya Cipanas No. 20, Cisarua, Bogor buka selama 24 jam.

Baca Juga: Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona

Itulah tempat wisata puncak Bogor beserta tempat kulinernya yang bisa kamu kunjungi. Mengingat kita masi dalam masa pandemi Covid-19, Seruni mau mau ingatin nih, jika berkunjung ke sana atau ke mana pun itu, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan, memakai masker, hingga menjaga jarak.

  • Bagikan
seruni.id