Syarat Mengganti e-KTP yang Rusak atau Mengubah Foto

Syarat Mengganti e-KTP yang Rusak atau Mengubah Foto
batamclik.com

Seruni.id – Apakah kita boleh mengganti e-KTP yang rusak atau mengganti fotonya? Agar lebih jelasnya, berikut akan Seruni berikan sedikit ulasannya.

"Syarat

KTP (Kartu Tanda Penduduk) merupakan syarat mutlak bagi penduduk Indonesia. Sebab, kepemilikan KTP sangat penting sekali untuk mengurus segala sesuatu. Namun, seiring berjalannya waktu, kartu yang berisikan identias diri itu, bisa tidak terbaca karena e-KTP rusak atau buram. Hal ini sering kali terjadi, lantas apakah kita bisa mengganti e-KTP?

Menurut Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakhrullah menyampaikan, bahwa foto e-KTP bisa diganti.

Pernyataan tersebut, ia sampaikan melalui sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @infodepok_ pada Senin (15/2/2021). Dalam video tersebut ia juga menyebutkan, bahwa banyak yang menanyakan apakah foto e-KTP bisa diganti atau tidak. Zudan kembali menyampaikan, bahwa pada prinsipnya, foto e-KTP dapat diganti, asalkan semua syaratnya terpenuhi.

Syarat Mengganti e-KTP

Adapun syarat untuk mengganti e-KTP atau fotonya, yakni sebagai berikut:

  • Boleh mengganti foto e-KTP, apabila pemiliknya yang dulu tidak berhijab, kini sudah berhijab.
  • Syarat kedua, boleh mengganti foto KTP, sekaligus mengganti e-KTP yang rusak, seperti terkelupas atau fotonya sudah buram.
  • Saat mengganti e-KTP, diharpkan untuk membawa e-KTP lama.
  • Membawa foto copy KK (Kartu Keluarga) ke Dinas Dukcapil.
  • Tidak perlu membawa surat pengantar RT/RW.

Kalau kamu sudah mengganti e-KTP dengan yang baru, usahakan untuk menyimpannya sebaik mungkin, ya. Agar kejadian serupa tidak kembali terulang. Lantas, bagaimana sih caranya agar KTP tidak mudah rusak? Berikut Seruni berikan tipsnya:

Tips Agar KTP Tidak Mudah Rusak

Bagi kalian yang tidak ingin KTP mudah rusak, berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Pilihlah dompet yang memiliki ukuran kantong sesuai dengan kartu-kartu yang akan di simpan di dalamnya. Kalau perlu, kamu bisa memisahkan kartu penting di dalam card holder.
  • Biaskan untuk tidak menaruhnya di kantong yang terlalu sempit. Karena khawatir kartu akan mudah rusak, bahkan patah.
  • Jangan membiasakan diri menyimpan dompet di kantong celana bagian belakang.
  • Jangan terlalu sering mem-foto copy, karena akan membuat KTP mudah rusak. Lebih baik, foto copy sekali dengan foto copy berwarna dan kemudian kamu bisa melaminatingnya. Sedangkan yang asli, biarkan saja di dalam dompet.

Baca Juga: Cara Mengurus KTP yang Hilang atau Rusak

Nah, itulah informasi mengenai syarat mengganti KTP dan tips menjaganya agar tidak cepat rusak atau terkelupas. Bagi kamu yang masih penasaran apakah foto KTP boleh kamu ganti atau tidak, semoga artikel ini bisa membantumu menemukan jawabannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.