5 Cara Membuat Buah Hati Tumbuh Bahagia

ruangkeluarga.id

Seruni.id – Sebagai orangtua tentunya ingin buah hati tumbuh dengan bahagia. Membuat anak bahagia, tidak melulu dengan melimpahkan banyak mainan, atau menuruti semua keinginannya. Sebab, ada hal yang lebih substansial dalam membuat anak bahagia. Bagaimana caranya? Berikut lima diantaranya yang telah Seruni rangkum.

integrasi.science

Beri Anak Makanan yang Bergizi

Pertama, orangtua harus memberikan anak makan makanan yang mengandung gizi tinggi dengan tepat waktu. Jangan biarkan anak terlenan dengan makanan yang dibeli di luar, karena belum tentu sehat dan bersih. Selain akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak, mengonsumsi makanan yang tidak bergizi, juga membuat anak cenderung sulit makan kudapan utama di rumah.

Bermain Tanpa Intruksi

Dunia anak adalah dunianya bermain, jangan batasi mereka dengan segala macaram aturan yang sifatnya mengekang anak. Misalnya, setiap kali anak ingin bermain, orangtua justru melarangnya. Bebaskan saja dia bermain, yang terpenting tidak membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Sebenarnya, bermain sangat baik untuk jiwa anak, loh.

Bebaskan Anak Mengekspresikan Emosi Positif

Cara melatih anak agar bisa mengekspresikan emosi positif yaitu dengan memberikan kesempatan mereka untuk mengungkapkan rasa syukur. Tunggulah perubahan positif dalam aspek emosi anak karena hal ini bisa meningkatkan energi mereka. Ekspresi positif ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan. Jangan lupa tanyakan kabar baik anak setiap hari agar ia terlatih untuk memaparkan hal baik yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari. Jadikan hal tersebut sebagai kebiasaan.

Cukup Waktu Tidur

Berikan anak waktu tidur yang cukup. Jika anak suka tidur siang, usahakan tidak tidur dengan waktu yang panjang agar tubuhnya tidak kehilangan energi. Selain itu, hal tersebut dapat mencegah anak tidur pada larut malam.

Berikan Anak Cinta Tanpa Syarat

Bentuk cinta tanpa syarat yang bisa dilakukan orangtua adalah dengan mendengarkan mereka bercerita. Jangan langsung menghakimi anak sehingga dapat memutuskan rasa percaya dirinya. Karena, di masa yang akan darang, ia aan cenderung tumbuh dengan tidak percaya diri. Oleh sebab itu, orangtua harus aktif dalam mengayomi dan mendidik anak dengan kasih sayang yang tulus.

Cara membuat anak tumbuh bahagia cukup mudah, kan? Selamat mencoba, semoga cara di atas bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.