10 Kata-kata Pujian untuk Anak Agar Ia Lebih Bersemangat

  • Bagikan
10 Kata-kata Pujian untuk Anak Agar Ia Lebih Bersemangat
nakita.grid.id

Seruni.id – Ketika anak melakukan sesuatu yang menurut kita luar biasa, maka berikanlah kata-kata pujian untuk anak, agar ia lebih bersemangat dan juga menambah kepercayaan dirinya. Namun, kaliamt pujian berupa apresiasi tidak perlu diungkapkan secara berlebihan, ya. Sebab, dikhawatirkan hal tersebut justru membuat anak menjadi besar kepala. Orangtua harus paham, bahwa kata-kata pujian untuk anak, merupakan rewards yang bisa didapatkan ketika anak berhasil menyelesaikan atau mencapai sesuatu.

10 Kata-kata Pujian untuk Anak Agar Ia Lebih Bersemangat

Dalam memuji anak, sebaiknya disertai dengan informasi mengenai hal-hal positif yanga layak untuk diberi apresiasi. Lantas, bagaimana contohnya? Berikut Seruni akan merangkumnya:

 

Kata-kata Pujian untuk Anak TK

Anak-anak biasanya akan senang ketika mendapatkan pujian dari orangtuanya, terlebih bagi mereka yang masih duduk di taman kanak-kanak. Apalagi, memberikan apresiasi pada anak, berperan penting dalam tumbuh kembangnya. Nah, maka dari itu, kamu bisa mengucapkan kata-kata pujian untuk anak TK seperti berikut ini:

1. “Wah, kamu berhasil melakukannya sendiri.”

Kenapa tidak mengatakan ‘hebat’ atau ‘bagus’ kepada anak? Sebab, kalimat di atas merupakan pengakuan orangtua atas kemampuan mandiri anak. Pujian ini, akan membuat anak menjadi lebih tertantang untuk melakukan semuanya sendiri.

2. “Terima kasih ya, Nak, karena hari ini sudah menemani ibu belanja. Ibu senang deh belanja bersamamu.”

Meski kata-kata pujian untuk anak di atas memiliki kalimat yang sederhana, tapi akan berhasil membuat anak merasa senang karena telah diapresiasi.

3. “Ibu dah ayah sangat bersyukur deh, karena kamu sudah lebih mandiri mau makan sendiri. Terima kasih, ya, Nak.”

Memberikan pujian kepada anak karena ia sudah lebih mandiri, dalam hal makan sendiri, sebaiknya juga harus diiringi dengan rasa terima kasih, ya.

4. “Wah, imajinasimu bangus sekali, Nak!”

Kata-kata pujian untuk anak seperti contoh di atas, bisa orangtua berikan ketika ia sedang belajar tentang seni. Sebaiknya, tidak memaksa anak agar ia bisa menghasilkan karya yang sempurna. Padahal, seni itu bebas. Jadi, sebaiknya pujilah proses anak dalam membuat karya dengan imajinasi mereka, bukan hasil akhirnya.

5. “Terima kasih, ya, Nak, kamu telah menyelesaikannya dengan sangat cepat.”

Daripada mengatakan ‘good job’ atau ‘bagus’, menyebutkan detail apa yang membuat kamu bangga atas apa yang anak kerjakan, akan membantunya mengenali kelebihannya secara lebih sepesifik.”

 

Kata-kata Pujian untuk Anak SD

Selain anak TK, anak-anak yang masih duduk di bangku SD pun, senang sekali jika mendapatkan pujian. Adapun contoh kalimat pujian untuk anak SD kelas 1 atau di atasnya adalah sebagai berikut:

6. “Terima kasih, ya, Nak, karena kamu sudah menjadi kakak yang baik dan mau bekerja sama dengan adik.”

Kata pujian untuk anak SD seperti di atas, akan membuat anak memahami arti tolong menolong dan menjaga kerukunan dengan orang lain. Dengan memberikan kata-kata pujian untuk anak, dapat menjadikan sebagai bekal untuk berkehidupan di masyarakat nantinya.

7. “Terima kasih telah membantu bunda beres-beres rumah. Bunda suka lihat kamu menata sepatu dengan rapi, pasti bunda akan lebih mudah deh mencarinya.”

8. “Kamu membuat contoh yang sangat baik.”

Salah satu karakter anak yang tak boleh kita abaikan adalah kepemimpinan yang baik. Cobalah puji mereka atas hal baik yang ingin mereka contohkan kepada orang lain. Misalnya, memberi contoh untuk membuang sampah pada tempatnya atau sekadar memperlihatkan cara merapikan mainan dengan baik.

9. “Kalian berdua telah bekerja sama dengan sangat baik. Kerja tim yang hebat.”

Tak selamanya anak akan sendiri. Di masa dewasanya nanti, mereka tentu akan berhadapan dengan berbagai kerja tim, entah itu di sekolah atau di dunia kariernya. Maka dari itu, memuji mereka atas kemampuannya bekerja sama dengan teman lainnya akan menjadi bekal positif di masa mendatang.

10. “Kakak anak hebat sudah berhasil menyelesaikan puzzle ini. Setelah lama berusaha dan berlatih, ternyata tidak sulit kan menata potongan-potongan puzzle sampai sempurna.”

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memberikan Pujian kepada Anak?

Memberikan kata-kata pujian untuk anak, tidak perlu berlebihan. Dan orangtua juga harus tahu kapan waktu yang tepat. Berikut ini ada beberapa momen di mana orangtua harus memberikan pujian pada anak, yaitu:

Berikanlah pujian pada anak, ketika ia berhasil melakukan sesuatu.

Ketika anak telah membantu orangtuanya, maka jangan lupa untuk memberikannya pujian.

Meskipun gagal dalam melakukan sesuatu hal, anak juga mesti diberikan pujian atas usahanya.

Berikan pujian untuk anak ketika pantang menyerah saat melakukan sesuatu.

Baca Juga: Kenali 6 Tanda Hubungan Tak Sehat Antara Anak dan Orangtua

Itulah beberapa kalimat pujian yang bisa orangtua berikan kepada anak serta waktu yang tepat untuk mengatakannya. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan