6 Cara Menjadi Orang Sabar dan Iklhas Agar Hidup Lebih Tenang

  • Bagikan
6 Cara Menjadi Orang Sabar dan Iklhas Agar Hidup Lebih Tenang
ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Banyak yang berpikir, bahwa cara menjadi orang sabar bukanlah hal yang mudah. Namun, sebenarnya untuk menjadi orang yang sabar dan ikhlas itu tidaklah sulit, kok. Untuk menanamkan sifat ini, tentunya kamu harus melatih dirimu secara terus menerus.

6 Cara Menjadi Orang Sabar dan Iklhas Agar Hidup Lebih Tenang
khazanahalquran.com

Nah, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa cara menjadi orang sabar yang perlu kamu terapkan:

1. Bersyukur dan Ikhlas

Cara menjadi orang sabar yang pertama adalah kamu harus bersyukur dan ikhlas. Dengan adanya rasa syukur, kamu akan mampu melihat berbagai perspektif atas suatau kejadian atau segala hal yang terjadi pada dirimu. Dengan menjadi pribadi yang ikhlas, maka kamu mampu untuk pasrah atas segala kondisi kehidupanmu tanpa terlalu terbebani atas tuntutan orang lain. Selalu bersyukur dan ikhlas akan membantumu melihat hikmah dari segala persitwa dalam hidupmu.

Untuk melatih rasa syukurmu, tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kita bisa memluainya dengan hal yang terkecil, seperti saat bangun di pagi hari. Biasakan selalu bersyukur, karena kita masih diberi kesempatan untuk bangun di pagi hari dan menjalani hidup serta memperbaiki diri. Lalu, selalu bersyukur ketika diberikan sesuatu oleh orang lain dan ikhlas ketika memberikan sesuatu kepada orang lain. Saat tengah terperangkap dalam kedaan sulit, cobalah jangan terfokus pada masalahmu dari perspektifmu. Tapi, lihatlah bahwa ada orang lain yang mungkin keadaannya lebih sulit darimu. Namun, mereka masih tetap bertahan.

2. Rilekskan Dirimu

Cara menjadi orang sabar berikutnya adalah dengan melirekskan diri. Bagaimana caranya? Mudah saja, yaitu dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Selain itu, kamu juga bisa menarik napas dan buang secara perlahan.

3. Percaya Bahwa di Balik Kesulitan Ada Hadiah yang Tuhan Siapkan

Semua orang pasti pernah berada pada situasi yang pelik. Saat kamu mengalami hal tersebut, sebaiknya tidak langsung menyerah atau bahkan lari dari permasalahan. Hadapilah permasalahan tersebut dengan hati yang tenang dan kepala dingin. Apapun yang kamu terima selama menghadapi masalah itu, jangan membuatmu patah arang. Percayalah, di balik segala kesulitan yang kamu rasakan saat menghadapi masalah pelik itu akan berbuah manis akhirnya.

Jangan pernah menghindari masalah. Sebab, masalah yang kamu hadapi, sesulit apapun itu, akan menjadikanmu pribadi yang lebih kuat, lebih baik, dan lebih dewasa dari sebelumnya. Seringnya menghadapi masalah, kamu akan mengetahui seberapa besar kapasitasmu sebagai manusia dalam menyelesaikan masalah kehidupan.

4. Memaafkan Orang Lain

Cara menjadi orang sabar yang keempat adalah, biasakan diri untuk memaafkan segala tingkah laku orang lain kepadamu. Sebab, terkadang, ada saja orang yang menyakiti hatimu, baik itu disengaja maupun tidak sengaja. Namun, sebaiknya maafkan saja mereka. Jangan pernah menyimpan dendam. Karena dendam hanya akan menimbulkan penyakit dalam dirimu, baik penyakit hati pun ragawi.

Sekalipun hal ini terlihat berat, tapi dengan memaafkan akan membuat hatimu lebih tenang dan lapang, loh. Tak ada lagi prasangka dan asumsi negatif terhadap orang lain. Dan tentu saja, memaafkan orang lain itu juga akan menjadikan kamu sebagai sosok penyabar.

5. Berkumpul Dengan Orang-Orang Sabar

Selanjutnya, untuk menjadi orang sabar, maka biasakanlah untuk berkumpul dan bergaul bersama orang-orang yang menurutmu sabar. Dengan begitu, kamu pun akan bisa belajar dari mereka. Kamu akan lihat bagaimana mereka menghadapi permasalahan yang kiranya menguras emosi. Setelah kamu mempelajarinya, kamu pun bisa langsung mempraktikkan caranya.

Tak perlu dengan cara yang sama, lakukanlah dengan caramu sendiri. Namun, dengan esensi yang harus kamu terapkan. Selain itu, berkumpul dengan orang-orang sabar tentunya akan membuat kamu ikut terbawa dan kamu pun jadi ikut berperilaku positif. Kamu juga akan mendapat banyak perspektif dan ilmu baru terkait berlaku sabar yang akan membuatmu menjadi lebih bijaksana.

6. Dekatkan Diri dengan Kepada Sang Pencipta

Cara menjadi orang sabar yang terakhir ini sangatlah penting dan harus kamu terapkan, yakni mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Saat kamu merasa emosi, maka ingatlah Tuhan, ya. Dengan begitu, kamu akan selalu merasa tenang. Mendekatkan diri kepada-Nya, bukanlah hal yang sulit, kok. Kamu bisa memulainya dengan tidak mengulur waktu untuk beribadah. Selain itu, kamu juga bisa membaca kita suci sesuai dengan agama masing-masing. Namun, jangan hanya sekadar membaca saja, akan lebih baik jika kamu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengikuti kajian-kajian keagamaan agar dapat memaknai ajaran agamamu lebih mendalam. Dengan sering melakukan tindakan-tindakan yang mendekatkan dirimu kepada Tuhan maka kamu pun akan memiliki hati yang tenteram dan tidak mudah tersulut emosi. Sebab, kamu akan selalu merasa dilindungi dan diperhatikan oleh Tuhan-mu. Jadi, berusahalah sebaik mungkin untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Baca Juga: 4 Tipe Kesabaran Seorang Istri, Kamu Termasuk yang Mana?

Itulah beberapa cara menjadi orang sabar yang bisa Seruni berikan. Setelah membaca ulasan di atas, tentunya bayangan menjadi orang sabar itu sulit sudah mulai pudar kan? Ternyata, sangat mudah untuk menjadi orang sabar. Dan kunci utamanya ada padamu sendiri. Seberapa mau kamu melatih dirimu untuk sabar menghadapi berbagai situasi dan kondisi hidupmu. Lakukanlah tips-tips di atas, ya. Niscaya kamu akan menjadi seorang yang memiliki hati yang lapang.

  • Bagikan