Ingin Tas Kulit Tetap Awet? Begini Cara Merawatnya

Ingin Tas Kulit Tetap Awet? Begini Cara Merawatnya
ohayo.co.id

Seruni.id – Tas kulit menjadi salah satu barang yang paling digemari para wanita. Kesan elegan nan cantik menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, tas yang dibanderol dengan harga cukup mahal ini, bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Maka dari itu, tas kulit harus dirawat dengan baik agar tetap awet dan tahan lama.

Ingin Tas Kulit Tetap Awet? Begini Cara Merawatnya
urbanicon.com

Jika kamu salah satu orang yang gemas mengoleksi tas kulit, Seruni telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat tas milikmu tanpa harus pergi ke ahlinya, dilansir dari berbagai sumber, berikut caranya:

1. Bersihkan Tas Seminggu Sekali

Agar tas kulit tetap awet dan terlihat seperti baru, alangkah lebih baik tas dibersihkan dalam jangka waktu satu minggu sekali. Ketika membersihkannya, kamu bisa menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun cair untuk mengusap tas. Jangan lupa pula untuk menggunakan kain yang berbahan lembut agar tidak membuat tas lecet. Namun, tips ini hanya bisa dilakukan untuk bagian luar tas saja agar debunya dapat hilang.

2. Jangan Menggunakan Tisu Basah

Ketika terdapat noda pada tas, jangan pernah menggunakan tisu basah, cuka, atau bahan lainnya untuk membersihkan noda pada tas. Sebab, cara ini hanya akan menyebabkan warna tas menjadi pudar.

3. Keringkan Tas Secara Alami, Bukan Dijemur

Apabila tas kulitmu basah, kamu cukup mendiamkannya di dalam ruangan yang sejuk dan tidak lembap. Lalu simpanlah dengan baik di dalam kotak atau dust bag kemudian tambahkan gel silika untuk mencegah timbulnya jamur. Karena jika tas kulitmu terkena sinar matahari secara langsung, akan membuat tas kehilangan warna aslinya.

4. Selalu Gunakan Dust Bag

Biasanya, saat kamu membeli tas berbahan kulit, kamu akan mendapatkan dust bag. Dust bag atau tas penghalau debu ini ditujukkan agar debu tidak menempel langsung pada bahan kulit tersebut, Jika kamu ingin merawat tas lebih tahan lama, selama penyimpanan selalu gunakan dust bag meskipun kamu jadi tidak bisa menampakkannya pada lemari kaca. Jika tidak memiliki, kamu bisa menggunakan sarung bantal sebagai alternatifnya.

5. Gunakan Bergantian

Tas kulit yang terlalu lama disimpan dan tidak pernah digunakan biasanya akan lebih cepat mengelupas. Hal ini dapat terjadi karena kelembapan dan kelenturan bahan tas kulit semakin berkurang. Untuk menghindarinya, usahakan agar kamu sering mengenakan tas atau aksesori lain berbahan kulit secara bergantian.

6. Jangan Menumpuk Tas Kulit

Karena tesktur dan bentuk tas kulit bisa rusak apalagi jika tertumpuk di bawah barang-barang atau tas lain yang berat. Cukup kamu letakkan tas kulit dengan posisi berdiri di dalam lemari dan jejerkan dengan tas atau barang lainnya. Dengan demikian, tas kulit kamu pasti akan tetap tampak lebih terawat meski sudah digunakan bertahun-tahun.

7. Tetap Isi Tasmu

Meskipun sedang tidak digunakan, tetap isi tas kulitmu dengan barang apapun. Bisa juga kamu menggunakan kertas atau koran bekas untuk memadati tas. Hal ini akan membantu untuk mempertahankan bentuk tas agar tetap bagus. Kamu juga tidak perlu repot-repot membetulkan bentuk tas saat ingin digunakan. Posisi tas yang tidak terlipat juga membantu mencegah pengelupasan kulit.

8. Hilangkan Bau dengan Baking Powder

Penyimpanan yang tidak benar atau terlalu lama bisa memberikan efek bau pada tas kulit. Bau yang tidak enak ini bisa saja mengganggu kamu yang ingin menggunakannya. Guna menanggulangi masalah ini, kamu tidak perlu menyemprotkan parfum karena bisa merusak bahan kulit. Cukup gunakan baking powder untuk menghilangkan bau dalam tas. Letakkan semangkuk baking powder ke dalam tas yang sudah terlindungi dust bag atau sarung bantal. Diamkan selama 24 jam dan bubuk pengembang tersebut akan menyerap bau-bau yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Tips Membersihkan Jaket Kulit Serta Merawatnya Agar Tetap Awet Seperti Baru

Rawat tas kulitmu agar tahan lama dan tetap awet dengan cara di atas. Selamat mencoba!