Meletakkan Ponsel Dekat Kepala Bikin Kecerdasan Menurun? Begini Faktanya!

Meletakkan Ponsel Dekat Kepala Bikin Kecerdasan Menurun? Begini Faktanya!
lifestyle.okezone.com

Seruni.id – Sering meletakkan ponsel dekat kepala? Hati-hati, katanya hal tersebut bisa berdampak pada menurunnya kecerdasan, loh. Simak faktanya berikut ini yuk!

Meletakkan Ponsel Dekat Kepala Bikin Kecerdasan Menurun? Begini Faktanya!
editorial.femaledaily.com

Ponsel sepertinya sudah menjadi barang wajib yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Bahkan, sebagian waktu kita sering kali dihabiskan hanya untuk mentapnya. Memang sih, bermain ponsel bisa menjadi salah satu sarana hiburan dikala bosan melanda. Namun, terkadang kita terlalu berlebihan, membawa ponsel ke toilet maupun ke tempat tidur hingga akhirnya terlelap. Padahal, para penliti telah mengungkapkan bahaya ponse yang dibawa ke kasur, yang dikaitkan dengan gelombang radiasi elektromagnetik.

Di sisi lain, para ahli juga mengtakan, bahwa semua penggunaan ponsel dapat berdampak pada perkembangan sosial dan emosional. Hal ini termasuk dapat menganggu pola tidur kita dan bikin malas berpikir. Dengan kata lain, efek ponsel yang diletakkan di dekat kepala bisa menurunkan fungsi otak, termasuk kecerdasan secara menyeluruh. Berikut ini ada beberapa hal yang berhubungan dengan otak, yang bisa menurunkan kecerdasan.

 

Kemampuan Kognitif

Berdasarkan penelitian terbaru, smartphone memang memiliki dampak pada otak. Penelitian yang dipresentasikan kepada Radiological Society of North America, menemukan bahwa anak muda yang kecanduan internet dan smartphone, menunjukkan ketidaksimbangan dalam kimia otak daripada dengan kelompok yang bisa mengontrol penggunaan ponsel. Begitupun dengan studi lain yang dirilis oleh Journal of Association of Consumer Research, bahwa kemampuan kognitif berkurang secara signifikan, terlebih ketika seseorang mengenggam smartpohone, bahkan ketika ponsel dalam keadaan dinonaktifkan.

 

Keterampilan Sosial-Emosional

Tak sedikit orangtua yang memberikan smartphone maupun iPad pada anaknya. Dengan alasan, agar mereka bisa duduk tenang atau agar mereka tak lagi menangis. Padahal, menurut para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston, dalam jurnal Pediatrics mengatakan, memberikan ponsel maupun iPad bisa memiliki efek yang mengerikan. Terlebih pada perkembangan sosial dan emosional mereka. Sebab, dikhawatirkan anak-anak malah tidak mampu mengembangkan mekanisme pengaturan diri internal mereka sendiri.

 

Menyebabkan Gangguan Tidur

Menggunakan ponsel menjelang waktu tidur, kemungkinan besar akan berdampak pada waktu tidurmu. Bukan karena kamu sibuk cek email atau mengurus pekerjaan, tetapi para ahli memperingatkan adanya jenis cahaya yang dipancarkan dari layar gadget yang bisa mengacaukan siklus tidur, bahkan setelah kamu mematikannya.

Penelitian yang dirilis dalam Proceeding of the National Academy of Sciences, 12 peserta dewasa diminta untuk membaca buku elektronik di iPad selama empat jam setiap malam sebelum tidur atau membaca buku cetak dalam pencahayaan redup. Setelah lima malam berturut-turut, kedua kelompok bertukar aktivitas.

Hasilnya, mereka yang lebih sering membaca e-book melalui iPad terlebih menjelang waktu tidur, menunjukkan penurunan kadar melatonin, yakni hormon yang akan meningkat sepanjang malam, dan menyebabkan kantuk. Para peserta ini juga membutuhkan lebih banyak waktu untuk tertidur, dan mereka mengalami lebih sedikit rapid eye movement sepanjang malam.

Hal ini disebabkan oleh blue light yang dipancarkan oleh sebagian besar perangkat seluler. Dikutip dari Times, kurang tidur selama satu jam bisa mengubah otak siswa kelas enam menjadi otak siswa kelas empat. Dengan kata lain, hal ini bisa menurunkan kecerdasan.

 

Mental Malas

Penggunaan ponsel yang berlebihan hingga membawanya ke kasur sampai kamu terlelap, hanya akan menciptakan rasa malas di pikiran. Misalnya, sebenarnya kamu bisa menemukan jawaban yang sebenarnya, tapi kamu memilih cara yang simpel, yaitu mencarinya melalui Google.

Atau mungkin daripada mengingat janji atau tanggal penting, kamu justru mengandalkan aplikasi di ponsel untuk mengingatkan. Beberapa ahli juga memperingatkan bahwa ketergantungan yang berlebihan pada perangkat seluler dapat menyebabkan kemalasan secara mental.

“Masalah dengan terlalu mengandalkan internet adalah kamu tidak dapat mengetahui bahwa kamu memiliki jawaban yang benar kecuali kamu memikirkannya secara analitis atau logis,” jelas Gordon Pennycook, salah satu penulis studi tersebut.

“Penelitian kami memberikan dukungan untuk hubungan antara penggunaan smartphone yang berat dan kecerdasan yang rendah,” kata Pennycook.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan dengan Smartphone

Jadi, itulah beberapa fakta mengenai ponsel yang dapat menurunkan kecerdasan otak seseorang. Meski ponsel sudah menjadi sebuah kebutuhan, tapi kita harus bijak dalam menggunakannya agar tidak merugikan diri sendiri. Semoga bermanfaat.