Bacaan Doa Saat Merindukan Seseorang Sesuai dengan Ajaran Islam

Bacaan Doa Saat Merindukan Seseorang Sesuai dengan Ajaran Islam
indtimes.com

Seruni.id – Merindu tanpa berujung temu, sungguh sangat menyiksa. Perasaan ini, mungkin pernah dialami semua orang ketika mereka jauh dengan yang tersayang. Entah itu keluarga, sahabat, suami, istri, atau anak. Meski tidak bisa bertemu, tapi ada banyak cara untuk mengobatinya, seperti melakukan panggilan telepon atau video call. Namun, jika rindu masih belum juga terobati, cobalah membaca doa saat merindukan seseorang. Hal ini sangat dianjurkan di dalam Islam, sebagai obat penawar rindu. Berikut Seruni telah merangkum beberapa doanya yang bisa kamu baca.

Bacaan Doa Saat Merindukan Seseorang Sesuai dengan Ajaran Islam
indtimes.com

 

1. Surat Al Baqarah Ayat 165

Rindu yang kian membuncah hanya bisa dituntaskan dengan bertemu. Namun, jika tidak memungkinkan untuk bertemu, maka bacalah doa saat merindukan seseorang berikut ini, yakni surat Al Baqarah ayat 165 yang berbunyi,

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ

“Wa minan naasi may yattakhizi mun dunillaahi andaaday yuhibbunahum kahubbillaah, wallaziina aamanuu asyaddu hubbal lillaahi walau yarallaziina zalamuu iz yaraunal ‘azaaba annal quwwata lillaahi jamaa’aw annallaaha syaddul ‘azaab.”

Artinya: “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).”

 

2. Surat Yusuf Ayat 4

Doa saat merindukan seseorang yang bisa kamu baca berikutnya terdapat pada surat Yusuf ayat 4. Selain mengobati rindu, sebagian orang mengklaim jika doa ini berkhasiat karena mempermudah untuk menemukan jodoh bagi yang belum memiliki pasangan. Namun, jika sudah berumah tangga, doa ini akan mempererat hubungan suami istri. Adapun bacaannya sebagai berikut.

اِذۡ قَالَ يُوۡسُفُ لِاَبِيۡهِ يٰۤاَبَتِ اِنِّىۡ رَاَيۡتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوۡكَبًا وَّالشَّمۡسَ وَالۡقَمَرَ رَاَيۡتُهُمۡ لِىۡ سٰجِدِيۡنَ‏

“Iz qala yusufu li’abihi ya abati inni ra’aitu ahada ‘syara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra’aituhum li sajidin.”

Artinya: “Ingatlah, ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, ‘Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melilhat sebelas bintang, matahari, dan bulan. Aku melihat semuanya bersujud kepadaku.”

 

3. Surat Thaha Ayat 39

Doa saat merindukan seseorang berikutnya, yakni surat Thaha ayat 39. Kamu bisa membacanya selepas salat lima waktu. Banyak yang meyakini, jika rindu akan terobati dengan membaca doa ini. Namun, saat membacanya diusahakan diiringi dengan perasaan tulus dan ikhlas, ya.

“….Wa alqaitu ‘alaika mahabbatam minni, wa litusna’a ‘ala ‘aini.”

Artinya: “Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku, dan supaya kamu di asuh atas pengawasan-Ku.”

 

4. Surat Al-Imran Ayat 14

Adapun surat berikutnya yang bisa dibaca sebagai doa saat merindukan seseorang adalah surat Al-Imran ayat 14. Surat ini akan membuat hati lebih tenang dan damai, terlebih saat rindu sedang menggebu-gebu.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ

“Zuyyina lin-nasi hubbusy-syahwati minan-nisa’i wal-banina wal-qanatiril-muqantarati minaz-zahabi wal-fiddati wal-khailil-musawwamati wal-an’ami wal-hars zalika mata’ul-hayatid-dun-ya, wallahu ‘indahu husnul-ma’ab.”

Artinya: “Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu; perempuan-perempuan, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga).”

 

5. Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah memiliki banyak keistimewaan, salah satunya dapat dibaca sebagai doa saat merindukan seseorang.

“Bismillahir-rahmanir-rahim, al-hamdu lillahi rabbil-‘alamin, ar-rahmanir-rahim, maliki yaumid-din, iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in, ihdinas-siratal-mustaqim, siratallazina an’amta ‘alaihim gairil-magdubi ‘alaihim wa lad-dallin”

Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam, yang Maha Pengasih Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan, hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan, Tunjukilah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat kepadanya, bukan jalan mereka yang dimurkai, juga bukan jalan mereka yang sesat.”

Baca Juga: 100 Quotes Rindu Paling Menyentuh Hati

Demikianlah beberapa doa saat merindukan seseorang yang bisa kamu amalkan. Pastikan kamu berdoa dengan hati yang ikhlas dan tulus, ya. Tujuannya, agar hati kita tetap tenang meski sedang dilanda rindu. Semoga bermanfaat.