Sehat  

8 Manfaat Sujud Saat Salat Bagi Ibu Hamil

8 Manfaat Sujud Saat Salat Bagi Ibu Hamil
dream.co.id

Seruni.id – Tahukah kamu? Ternyata manfaat sujud saat salat bagi ibu hamil sangat luar biasa, loh. Itulah mengapa salat menjadi ibadah wajib yang mesti dilakukan oleh umat Islam. Tidak hanya bermanfaat dari segi spiritual saja, tetapi juga dari sisi kesehatan. Nah, apa saja manfaat sujud saat salat bagi ibu hamil? Yuk temukan jawabannya berikut ini:

 

1. Membenarkan Posisi Janin

Posisi sujud salat salat sangat disarankan dalam Islam dan medis untuk dilakukan bagi ibu hamil. Pasalnya, posisi ini mampu menghindari posisi sungsang atau kepala di bagian atas, sehingga proses persalinan normal bisa dilakukan. Bagi ibu hamil yang posisi janinnya sungsang, dokter sering kali menyarankan untuk melakukan gerakan sujud ini supaya posisi janin berputar ke bawah.

 

2. Melatih Pernapasan Saat Melahirkan

Manfaat sujud saat salat bagi ibu hamil berikutnya yaitu dapat melatih pernapasan saat melahirkan. Saat melakukan gerakan tersebut, posisi pinggul dan pinggang terangkat di atas kepala dan dada. Pada saat inilah otot-otot perut (rectus abdominis dan abliquus abdominis ecternus) berkontraksi penuh. Kondisi ini, dapat melatih organ di sekitar perut untuk mengenjan lebih lama dan lebih dalam ketika persalinan berlangsung.

 

3. Melancarkan ASI

Kontraksi yang terjadi pada dada akan merangsang kelenjar ASI untuk menghasilkan ASI yang lebih baik. Menurut Prof. H.A Saboe dari Jerman, sujud dapat membantu memproduksi ASI lebih banyak untuk ibu hamil.

 

4. Meningkatkan Kecerdasan Calon Bayi

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh State University Colombia, ada bagian otak, tepatnya otak bagian kiri, yang tidak teraliri aliran darh. Bagian tersebut disebut dengan prefrontal ortex. Ketika ibu hamil melakukan gerakan sujud saat salat, maka dapat membuat prefrontal cortex teraliri darah. Selain itu, posisi sujud juga dapat meningkatkan pasokan oksigen ke otak. Kedua kondisi inilah yang akhirnya bisa meningkatnya kecerdasan mama, yang nantinya juga berdampak pada otak janin.

 

5. Membuat Wajah Cerah dan Bersinar

Orang rajin melaksanakan salat, wajahnya akan tampak lebih bersih dan cerah. Hal ini lantaran gerakan sujud dapat membantu mengaliri darah ke kepala dan mengisi pembulu darah di wajah.

 

6. Mengatasi Sakit Kepala

Ibu hamil sering kali mengalami sakit kepala. Salah satu penyebabnya adalah kurang bergerak. Meski ibu hamil disarankan untuk banyak beristirahat, tetapi terlalu banyak istirahat juga tidak baik bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan terhambatnya sirkulasi darah dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan ibu hamil sering mengalami sakit kepala.

Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk tetap bergerak dan melakukan olahraga ringan di pagi maupun sore hari. Serta rutin melakukan gerakan sujud dalam salat. Manfaat sujud saat salat bagi ibu hamil, yaitu dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan memabntu mengirimkan pasokan oksigen, sehingga ibu hamil terhindar dari sakit kepala.

 

7. Dihindarkan dari Segala Jenis Penyakit

Seperti yang kita tahu, ibu hamil sangat rentan terhadap penyakit. Namun, dengan rutin melakukan sujud minimal 34 kali dalam salat seharian dan mengangkat kedua tangan saat berdoa, mereka akan terhindari dari segala jenis penyakit. Meningkatkan lipat tangan akan dapat memperlancar sirkulasi darah dari pergelangan tangan ke atas dan ke bawah sehingga dapat membantu untuk menghindari infeksi yang biasanya menyerang pergelangan tangan.

 

8. Mengatasi Stres

Menjelang persalinan, ibu hamil biasanya merasakan cemas dan gelisah. Surat kabar London West telah melakukan penelitian dalam 10 tahun pada orang yang disiplin beribadah dan mereka yang tidak melakukannya sama sekali.

Singkatnya, persentase pasien tekanan darah tinggi, pasien jantung, depresi dan stres berkurang karena konsistensi mereka melakukan ibadah dibandingkan dengan mereka yang tidak konsisten melakukan ibadah.

“Mereka adalah orang-orang saleh sedangkan hati mereka menjadi nyaman karena mengingat Allah SWT. Ingat, itu hanya peringatan Allah SWT hati kita menjadi tenang.” (QS. Ar Raad: 28)

Baca Juga: 7 Rekomendasi Merek Susu untuk Ibu Hamil yang Rendah Gula

Itulah delapan manfaat sujud saat salat bagi ibu hamil. Semoga dengan mengetahui manfaat tersebut, dapat membuat ibadah kita menjadi meningkat, sehingga mendapatkan manfaat dari segi spiritual maupun medis.