Cara Mempersiapkan Diri Menjelang Ramadhan, Agar Ibadah Lebih Khusyuk

  • Bagikan
Cara Mempersiapkan Diri Menjelang Ramadhan, Agar Ibadah Lebih Khusyuk
tirto.id

Serunu.id – Sudahkah kamu mempersiapkan diri menjelang Ramadhan? Berikut ada beberapa persiapan yang bisa kamu lakukan, agar ibadah semakin khusyuk.

Cara Mempersiapkan Diri Menjelang Ramadhan, Agar Ibadah Lebih Khusyuk
wolipop.detik.com

Tamu agung yang dinanti-natikan akhirnya sudah sampai di depan mata, yaitu bulan Ramadhan. Setiap Ramadhan datang, selalu ada perasaan istimewa. Ibadah puasa sudah pasti menjadi satu hal yang membedakan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya. Karena menjadi bulan yang istimewa, maka kita harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Ada beberapa cara mempersiapkan diri menjelang Ramadhan agar ibadah semakin khusyuk. Bagaimana caranya?

 

1. Membayar Utang Puasa

Membayar utang puasa adalah salah satu cara mempersiapkan diri menjelang Ramadhan, apakah kamu sudah melakukannya? Jika utang puasa Ramadhan di tahun lalu belum dibayar, maka jalankan puasa pengganti terlebih dahulu. Berpuasa beberapa hari sebelum memasuki bulan Ramadhan, akan membantu tubuh untuk terbiasa perbuasa sebulan penuh.

 

2. Ubah Budget Bulanan

Jika di bulan-bulan sebelumnya kamu mengeluarkan uang belanja seperlunya, tapi di bulan Ramadhan kamu harus mulai melakukan penyesuaian. Entah itu menambah persediaan makanan, menambah bugdet untuk membeli kue lebaran, baju lebaran, hingga membayar zakat.

 

3. Menyiapkan Sedekah dan Zakat

Ramadhan adalah bulan istimewa yang penuh dengan keberkahan. Maka di bulan tersebut, upayakan untuk memperbanyak melakukan kebaikan daripada bulan-bulan sebelumnya. Salah satu cara mempersiapkan diri menjelang Ramadhan adalah dengan menyiapkan sedekah dan zakat yang nantinya bisa kamu salurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Jika berencana memberi sedekah selama Ramadan, catat apa saja yang harus dilakukan, misalnya ingin bagi-bagi sembako, bagi-bagi makanan ke tetangga dan lain sebagainya, maka catat pengeluaran yang diperlukan untuk belanja semua hal tersebut.

 

4. Mencetak Jadwal Imsakiyah

Kamu sering melakukan makan sahur lebih dari batas waktu? Sepertinya kamu membutuhkan jadwal imsakiyah. Sebelum datangnya bulan Ramadhan, cobalah untuk mencetak jadwal imsakiyah yang kemudian bisa kamu tempelkan di dinding kamar atau di dekat meja makanmu.

Sebab, jadwal tersebut sangat penting untuk diperhatikan dan dipasang agar kamu mengetahui jam berapa harus menyudahi makan. Subuh dimulai, atau datangnya Magrib. Meskipun tentu saja di televisi atau banyak media pasti menunjukkan kapan jam imsak, Subuh dan Magrib, namun terkadang kita bisa lupa dan kelewatan sehingga membuat dikhawatirkan ibadah puasa kurang sah.

 

5. Membersihkan Rumah

Mempersipakan diri menjelang Ramadhan tidak hanya sebatas hal-hal di atas saja, tapi penting sekali untuk membuat rumah menjadi bersih. Karena dengan rumah yang bersih, secara alami akan menimbulkan niat yang lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek mukenah dan sajadahmu, apakah sudah bersih atau belum.

 

6. Mulai Mengaji dan Memperbanyak Ibadah Sunah

Jika kamu berniat untuk lebih banyak ibadah selama Rmadan ini, maka bisa dimulai dengan membaca Al Qur’an dan solat sunah. Tetapkan niat di hati untuk menjadi muslim yang lebih baik di Ramadan tahun ini.

 

7. Menjaga Protokol Kesehatan

Sama seperti dua tahun sebelumnnya, ibadah Ramadahan di tahun ini kita masih harus berjuang melawan pandemi. Jadi, cara mempersiapkan diri menjelang Ramadhan tahun ini adalah dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Meski kasus Covid-19 berangsur menurun, ada kemungkinan kamu sudah mulai leluasa pergi tarawih dan berbuka puasa di luar rumah. Tapi bukan berarti bisa mengabaikan protokol kesehatan. Pastikan kesehatanmu prima dan tetap menerapkan protokol kesehatan selama ibadah di tempat umum dan berkumpul dengan banyak orang di luar rumah.

Baca Juga: 30 Ucapan Maaf Menjelang Ramadhan, Agar Ibadah Semakin Khusyuk

Apakah kamu sudah mempersiapkan hal-hal di atas untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan?

  • Bagikan