27 Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya

  • Bagikan
Contoh Poster Pendidikan
contoh poster pendidikan (walisongo.co.id)

Daftar Isi

Pengertian Poster Pendidikan

Seruni.id – Poster pendidikan merupakan sebuah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf yang bersifat mendidik atau memberikan pengetahuan kepada masyarakat dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Poster tema pendidikan sendiri banyak sekali contohnya, seperti poster pendidikan berkarakter, lingkungan hidup serta kalimat poster bertema pendidikan yang menggunakan bahasa Inggris.

Poster Pendidikan
Contoh Poster Bertema Pendidikan (thegorbalsla.com)

Poster bertema pendidikan banyak kita temui di sekolah-sekolah, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, bahkan sampai ke perguruan tinggi. Dengan keberadaan poster tersebut, tentunya bertujuan untuk mengajak orang-orang untuk melakukan hal-hal yang bersifat positif sesuai dengan apa yang diminta dalam poster tersebut.

Bagi kalian yang masih belum memahami mengenai poster, pada artikel kali ini, Seruni akan sedikit berbagai informasi soal poster bertema pendidikan mulai dari ciri-ciri, cara membuat poster dan juga contohnya. Peasarakan ‘kan? Marilah simak baik-baik di bawah ini, ya!

Ciri-Ciri Poster Pendidikan

  • Di dalam poster harus terdapat beberapa elemen antaranya huruf dan gambar yang di desain di atas kertas atau kain yang berukuran besar. Intinya sebuah kain atau kertas yang di atasnya terdapat gambar atau tulisan yang bersifat mengajak.
  • Dibuat untuk mengajak masyarakat kepada sesuatu
  • Poster dipasang di dinding, tempat keramaian dan permukaan yang datar.
  • Dibuat agar dilihat masyarakat umum.
  • Poster dibuat dengan menggunakan bahasa yang santun, singkat, dan mudah dipahami setiap yang membaca.
  • Poster dibuat dengan cara memadukan antara kontras dan warna yang kuat.
  • Disarankan menggunakan kata-kata yang mudah untuk diingat oleh setiap orang yang melihatnya.
  • Untu lebih menarik perhatian, dalam pembuatan poster akan lebih baik jika disertai dengan gambar.

Cara Membuat Poster Pendidikan yang Baik dan Benar

Sebelum membuat poster, ada ketentuan yang harus diperhatikan nih. Mulai dari penyajian gambar, konsep, tulisan slogan yang ingin dicantumkan. Harus menarik dan bagus untuk dilihat. Berikut empat cara membuat poster bertema pendidikan agar menarik minat para pembaca terhadap poster yang hendak kamu buat.

1. Tentukan Tujuan dan Topik yang Akan Disampaikan

Pertama-tama, pikirkan terlebih dulu topik apa yang akan disampaikan. Seperti contoh, kamu ingin menyampaikan sebuah gagasan, serta informasi tertentu kepada orang lain, atau kamu hanya sekedar membuatnya sebagai media promosi produk saja. Sehingga pada awal pembuatan, kamu harus membutuhkan riset serius atas apa yang dituangkan dalam poster tersebut. Dalam hal gambar, mulai dari kata-kata, desain gambar, peletakan gambar, dan lainnya harus diplaningkan terlebih dahulu.

2. Gunakan Gambar yang Menarik Perhatian

Gambar menjadi media penyampaian pesan yang sangat efektif, sehingga bisa kita lihat sendiri, dalam penggunaan gambar pada poster, biasanya menggunakan proposi yang lebih besar daripada tulisan. Serta pada saat penggunaan gambar, gunakan warna yang lebih mencolok karena jenis semacam ini dapat mengundang perhatian para pembaca, agar tertarik untuk membacanya.

3. Gunakan Kalimat Singkat dan Bisa Mensugesti Pembaca

Nah, setelah itu perhatikan juga kalimat yang nantinya akan digunakan. Sebaiknya gunakan kalimat yang singkat namun jelas sehingga dapat dipahami para pembaca. Sebab, kebanyakan mereka hanyalah para pejalanan kaki dan pengendara saja. Sehingga sedikit sekali yang mau membaca sampai selesai dan berlama-lama, hanya untuk membaca sebuah poster saja.

Buatlah sebuah contoh kalimat yang efektif dan simpel untuk dibaca meski dalam waktu singkat. Pada dasarnya, jika kita memberikan bahasa yang singkat, maka pesan yang tertuang dalam poster tersebut dapat tersampaikan dengan baik. Tetapi, jangan sampai kalimat yang singkat itu jadi terkesan ambigu sehingga membuat mereka yang membaca menjadi bingung. Buatlah kalimat langsung yang dapat mensugesti mereka. Agar orang tersebut mau melakukan pesan yang ditulis.

4. Penggunaan Media yang Tepat

Media yang tepat dalam penggunaan gambar poster, baik media bahan pembuatannya harus kita pilih dengan bahan yang tidak mudah rusak atau sobek, serta media tempat. Maksudnya adalah media dinding yang hendak digunakan, baik struktur dinding dan juga suasana sekitar dinding tersebut.

Pastikan dinding yang digunakan tersebut berbentuk datar dan tidak berlubang, agar dapat menempel dengan baik antara dinding dan poster, dan jangan lupa memilih tempat strategis yang banyak dilalui orang. Contoh seperti di pasar, atau pusat perbelanjaan lainnya yang ramai sebagai tempat berkumpul orang.

Contoh Poster Pendidikan Sekolah Dasar

1. Contoh Poster Pendidikan “Sekolah Adalah Rumah Kedua Kita”

Contoh Poster Pendidikan Sekolah Dasar
Contoh Poster Pendidikan Sekolah Dasar

Sekolah memang menjadi rumah kedua kita setelah rumah yang kita tinggali bersama orang tua. Begitu juga dengan guru, mereka adalah orang tua kedua kita dan teman-teman termasuk keluarga. Di sanalah tempat kita menuntut ilmu untuk masa depan yang lebih baik.

2. Contoh Poster Pendidikan “Buanglah Sampah Pada Tempatnya”

Poster Pendidikan Sekolah Dasar
Contoh Poster Pendidikan Sekolah Dasar

Kata-kata dalam poster di atas memang sangat simpel, agar mudah dipahami disertakan juga anak yang sedang membuang sampah ke keranjang sampah, anak tersebut menggunakan seragam SD dengan harapan anak-anak yang membaca poster tersebut akan terinspirasi.

3. Contoh Poster Pendidikan “Peringkat Bukan Dasar Menilai Pendidikan Tapi Sampai Dimana Ilmu Bisa Bermanfaat”

Poster Pendidikan Sekolah Dasar
Contoh Poster Pendidikan Sekolah Dasar

Poster di atas bertujuan untuk mengajak para siswa dan siswi lebih rajin dan giat lagi untuk belajar.

4. Contoh Poster Pendidikan

“Sekolahku Aman Bersih dan Sehat”

Poster Pendidikan Sekolah Dasar
Gambar Poster Pendidikan

Kalimat poster pendidikan ini berisi ajakan agar para siswa agar selalu menjaga kebersihan lingkan di sekolahnya. Sebab, kebersihan merupakan sebagian dari iman.

5. “Buku Adalah Jendela Dunia”

Poster Pendidikan Sekolah Dasar
Gambar Poster Pendidikan

Dunia pendidikan tak lepas dengan buku, sebab buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku pelajaran, akan menambah pengetahuan, wawasan dan ilmu yang kita miliki. Akan tetapi, jika kita melihat saat ini, hanya segelintir orang yang sadar akan pentingnya membaca.

Poster pendidikan di atas merupakan salah satu media atau sarana untuk mengajak masyarakat khususnya para pelajar untuk rajin membaca buku. Mungkin kata “Buku Adalah Jendela Dunia” tidak asing lagi di telinga kita. Ketika kita mengetahui hal itu, maka alangkah baiknya bila kita melakukan hal tersebut.

Gambar Poster Pendidikan SMP

6. “Say No to Bullying”

Gambar Poster Pendidikan SMP
Gambar Poster Pendidikan SMP

Say No To Bullying adalah pesan utama dalam poster pendidikan ini. Sebab, banyak sekali kasus pembulian yang terjadi di tengah masyarakat khususnya di sekolah. Maka para guru dan orang tua sebisa mungkin harus meminimalisir itu dengan poster-poster berpesan yang bisa dilihat oleh murif. Bullying di sekolah tentu menjadi PR utama para guru karena ini merupakan akar dari karakter premanisme anak didik.

7. “Carilah Ilmu Sampai Ke Ujung Dunia”

Gambar Poster Pendidikan SMP
Poster Tentang Pendidikan

Poster ini berpesan agar para pelajar tidak malas dan berhenti untuk mencari ilmu. Di mana pun kita berada, ilmu haruslah kita cari. Jangan jadikan jarak sebagai penghalangan, namun jadikan sebagai tantangan.

8. “Gapailah Cita-citamu Setinggi Langit”

Contoh Gambar Poster Pendidikan SMP
Contoh Poster Tentang Tema Pendidikan

Gapailah cita-cita setinggi langit. Poster pendidikan ini mengajak para siswa untuk menggapai cita-citanya setinggi mungkin. Salah satu contohnya adalah dengan bersekolah hingga S1 atau sampai S3. Itu merupakan salah satu cita-cita yang tinggi. Guru harus bisa menanamkannya agar murid selalu memiliki cita-cita yang tinggi.

9. “Raih Prestasimu Sukses Menantimu”

Contoh Gambar Poster Pendidikan SMP
Contoh Poster Tentang Tema Pendidikan

Ajakan untuk terus berprestasi adalah pesan penting kepada siswa. Percuma sering belajar jika tidak pernah berprestasi. Murid yang cerdas tidak hanya pintar ketika pelajaran saja, namun juga berprestasi seperti memenangkan lomba-lomba di antar sekolah. Poster pendidikan ini sangat bagus untuk memberikan pesan kepada murid agar selalu berprestasi.

10. “Prestasiku untuk Masa Depan, Aku untuk Indonesiaku”

Poster Pendidikan SMP
Contoh poster sekolah

Contoh poster ini cukup sederhana. Namun memiliki karakter yang sangat kuat. Gambar ilustrasi seorang anak muda dengan raket berada di tangan kanannya merupakan simbol sportivitas. Sementara kostum dengan bedge Lambang Garuda di dada menunjukkan semangat nasionalisme yang membara. Komposisi antara gambar dan teks sangat kuat sekali.

Poster Pendidikan Karakter

11. “Karakter Mereka Masa Depan Indonesiaku”

Poster Pendidikan SMP
Contoh poster sekolah

Gambar poster pendidikan berkarakter bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada pembaca tentang nilai-nilai pendidikan yang menjadi tujuan pendidikan berkarakter di suatu sekolah. Poster pendidikan karakter ini juga bertujuan mengingatkan dan memberitahu nilai-nilai karakter yang harus dijaga dan dilaksanakan oleh siswa siswi di sekolah.

12. “Semakin Maka Akan Semakin Bermanfaat”

Contoh Poster Pendidikan SMP
Contoh Poster Pendidikan SMP

Pendidikan karakter memang sangat penting dan itu semua memang harus dilakukan sejak dini. Berikut ini ada beberapa contoh kalimat poster pendidikan karakter:

  • Contoh yang baik pasti bisa didapatkan dari guru yang baik.
  • Hidup bahagia bisa dimulai dengan sikap yang sopan dahulu.
  • Hidupmu akan dituntun oleh ilmu jika kamu mau berdamai dengannya.
  • Kalau kamu menganggap ilmu adalah hal sepele, maka hidupmu akan menjauh dari ilmu.
  • Dengan menyayangi ilmu, maka ilmu akan mendekatimu.
  • Pada usia dini, pendidikan yang baik adalah pendidikan karakter.
  • Untuk menuntun ilmu bukan hanya otak, tapi adab juga diperlukan.

Poster Pendidikan Bahasa Inggris

13. “Education is Not Just About Gathering Knowledge But More So About Learning How to Think”

Salah satu poster yang cukup menarik perhatian segelintir masyarakat adalah poster pendidikan bahasa Inggris. Poster yang menggunakan bahasa Inggris terlihat lebih keren, gaul dan lebih baik dibandingkan dengan poster berbahasa Indonesia. Poster yang bertuliskan “Education is not just about gathering knowledge but more so about learning how to think” yang berarti kulang lebih seperti ini “Pendidikan bukan hanya tentang mengumpulkan pengetahuan tapi lebih tentang belajar berpikir.”

Jadi yang namanya pendidikan/ilmu itu bukan seberapa banyak ilmu yang telah kita hafalkan. Akan tetapi seberapa dalam kita untuk memikirkan ilmu yang telah kita dapatkan. Karena dengan berfikir akan membuat kita tergerak untuk melakukan/menguji ilmu yang kita miliki, hal seperti ini lebih bersifat praktek.

14. “Keep Your Earth Smile”

Contoh Poster sekolah

Poster di atas mengajak kita untuk menjaga bumi kita agar tetap asri. Salah satunya dengan melestarikan lingkungan, menjada kebersihan, menggalakkan penghijauan dan masih banya lagi yang laiinya.

15. “Stop Global Warming”

Contoh Poster sekolah

Pemanasan global atau global warming adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi bumi saat ini. Terlebih ditambah dengan adanya kebarakan htan yang semakin menjadi-jadi. Selain itu, dampak pemanasan global juga sangat ekstrim, mulai dari perubahan musim yang tidak menentu hingga mencairnya gunung es. Berikut adalah beberapa kaimat poster mengenai global waring yang bisa menjadi motivasi dalam memperbaiki bumi:

  • Jika ingat global warming maka ingat 3 R!
  • Ayo lakukan penghijauan untuk selamatkan bumi kita.
  • Hentikan pemanasan global dengan melakukan penghijauan.
  • Stop global warming karena bumi sudah tidak sehijau dulu.
  • Aku akan kembali hijau dengan go green.
  • Keserakahan manusialah penghancur bumi yang sebenarnya.
  • Jangan sakiti bumi dan stop global warming.
  • Selamatkan bumi kita dengan menanam satu juta pohon.
  • Mana sikap manusia yang berakal dan malah menghancurkan bumi dengan berbagai polusi.
  • Manusia serakah hanya mau hasilnya saja dan tidak peduli dengan nasib bumi.
  • Satu pohon sangat berarti untuk 1001 kehidupan.

Poster Pendidikan Tambahan

16. Kejarlah Cita-citamu Setinggi Bintang Dilangit

Contoh Poster Sekolah

Setiap orang, pasti memiliki cita-cita yang beragam. Mulai dari ingin menjadi dokter, guru, penulis, penyanyi, hingga presiden. Nah, maksud dari poster di atas adalah, kita harus bersungguh-sungguh dalam mencapai cita-cita yang diinginkan. Jika memiliki cita-cita yang tinggi, tapi meraihnya dengan setengah-setengah, apakah mungkin akan bisa kita gapai?

17. Tanpa Ilmu Kau Tidak Akan Pernah Tahu Luasnya Dunia

Contoh Poster Sekolah

Ilmu pengetahuan memiliki jumlah yang tak terbatas. Dan kita sebagai ciptaan Tuhan, harus mampu menguasai satu demi satu dari seluruh ilmu tersebut. Sebab, dengan adanya ilmu, kita memiliki wawasan yang luas. Apalagi, saat ini, ilmu bisa kita pelajari dari mana saja, baik di sekolah maupun internet.

18. Karena Keluarga Modal Bagi Para Pelajar

Contoh Poster Sekolah

Peran keluarga dalam pendidikan anak sangatlah penting, keluarga merupakan unsur terkecil dalam masyarakat, dari keluarga pulalah anak belajar berperilaku dan bersikap sebagai anggota masyarakat yang bermartabat. Selain itu, pentingnya peran keluarga sangat berpengaruh terhadap proses belajar, sehingga dapat mengembangkan potensi peserta didik agar menajdi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

19. Akibat Bila Kamu Pakai Narkoba

poster tema pendidikan
poster tema pendidikan

Berdasarkan Undang-Undang Narkotiba pasal 1 ayat 1, menyatakan bahwa narkoba adalah zat buatan yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan. Jadi, jangan pernah mendekati obat-obatan terlarang apalagi sampai memakainya. Sebab, tidak ada manfaat yang didapatkan, hanya dampak buruk yang dirasakan.

20. Sampah Bukan Warisan Anak Cucu Kita

poster tema pendidikan

Sampah menjadi salah satu masalah global yang menjadi pusat perhatian dunia. Bukan hanya di darat saja, sampah juga menumpuki lautan. Penyebabnya, tak lain dan tak bukan adalah kurangnya kesadaran masyarakat mengenai bahaya sampah itu sendiri.

Yuk mulai tanamankan kesadaran dalam diri kita, untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika memungkinkan, kita bisa mendaur ulang sampah menjadi hal yang bermanfaat. Ingat, ya, sampah bukan warisan untuk cucu kita kelak.

21. Jaga dan Lestarikan Budaya Sendiri

Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya
poster tema pendidikan (narifiz.com)

Tahukah kamu? Indonesia kaya akan ragam budaya, loh. Sebagai rakyat Indonesia, seharusnya kita bangga karena memiliki warisan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaganya. Agar, warisan yang kita miliki, tidak diklaim oleh negara lain.

22. Raihlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina

Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya
poster tema pendidikan

 

Poster pendidikan yang berikut ini memiliki keterangan ‘Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina’. Artinya, cari dan raihlah ilmu sejauh apa pun ilmu itu berada.

23. Jangan Menyerah

 

Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya
poster tema pendidikan (iniposter.blogspot.com)

Ingin sukses? Maka berjuanglah. Meski perjuangan untuk meraih kesuksesan tidaklah mudah, tapi kita tidak boleh menyerah. Sebab, ketika kita menyerah di pertengahan jalan, kita tidak akan tahu bagaimana akhir dari perjuangan tersebut. Jadi, jangan malas dan teruslah berjuang, ya.

24. Belajar Jujur

Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya
poster tema pendidikan (postercov.blogspot.com)

Jujur adalah sikap terpuji yang harus dimiliki oleh setiap orang. Apalagi sebagai siswa, kejujuran harus menjadi prioritas utama. Misalnya, mengerjakan tugas atau ujian tanpa mencontek, tidak berbohong kepada guru maupun teman. Dan tidak mengambil barang milik orang lain. Perilaku jujur, harus ditanamkan sejak dini, agar terus mengakar hingga dewasa. Sebab, dengan kejujuran pula, akan membawa kita pada kehidupan yang mujur.

25. Gosok Gigi

poster tema pendidikan (desaingambarkeren.blogspot.com)

Kebersihan adalah sebagian dari iman, hal ini bukan hanya berlaku untuk kebersihan lingkungan saja. Tapi juga untuk kebersihan diri. Salah satunya adalah dengan rajin menggosok gigi. Biasakan untuk menyikat gigi minimal dua kali setiap hari, termasuk sebelum tidur. Tujuannya adalah untuk membersihkan rongga mulut dari sisa makanan, kuman, serta tumbunan plak yang mulai muncul. Dengan gigi yang bersih, akan membuat kita lebih percaya diri, loh.

26. Ayo Belajar

poster tema pendidikan (iniposter.blogspot.com)

Poster pendidikan di atas menyatakan bahwa pintar itu mahal. Maka dari itu, perbanyaklah ilmu dengan membaca agar kita dapat pintar. Jika kita pintar, maka kelak kita akan menjadi orang sukses yang dipandang oleh orang lain.

Seperti dokter, polisi, pilot, guru, dan lain-lain. Mereka belajar dengan susah payah agar bisa pintar dan meraih kesuksesan. Sehingga, karena perjuangannya itu, mereka kini dihormati dan disegani.

27. Stop Penebangan Liar

poster tema pendidikan (udfauzi.com)

Contoh poster pendidikan di atas, merupakan sebuah imbauan agar masyarakat tidak menebang pohon secara liar. Sebab, hal tersebut akan berdampak besar. Sebagai peringatan kepada penebang pohon, maka ketika mereka menebang satu pohon maka harus menenam 100 pohon. Cintailah lingkugan alam ini, ya. Sadarlah, bahwa ini untuk kebaikan bersama.

Baca Juga:

Inilah Alasan Kenapa Kamu Sebagai Perempuan Harus Memiliki Pendidikan Yang Tinggi

15 Contoh Mading Kelas yang Kreatif dan Menarik

6 Peralatan yang Wajib Dibawa Saat Sekolah Tatap Muka

9 Tips Aman Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi

Demikianlah penjelasan beserta contoh poster pendidikan yang bisa Seruni bagikan dalam artikel kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu dalam menyelesaikan masalah kalian terkait pembuatan poster sekolah.

  • Bagikan
seruni.id