10 Contoh Surat Pribadi untuk Orang Terdekat

10 Contoh Surat Pribadi untuk Orang Terdekat
romadecade.co.id

Seruni.id – Berbicara mengenai surat menyurat, Seruni akan membagikan beberapa contoh surat pribadi, baik untuk kakak, sahabat, pun keluarga. Sebelum ada smartphone, hampir semua orang pada zaman dahulu kerap menggunakan surat demi memberikan kabar.

Sebab, memang belum ada solusi lain selain membuat surat. Akan tetapi, pada era saat ini kita sangat mudah sekali untuk berkabar dengan keluarga, teman, dan sahabat, pun kakak. Hanya bermodalkan smartphone kita sudah bisa mengirim pesan bahkan bertatap wajah melalui video call.

10 Contoh Surat Pribadi untuk Orang Terdekat
dindabudi.wordpress.com

Kendati demikian, surat menyurat masih tetap diperlukan, loh. Misalnya seperti membuat surat kuasa, surat dinas, surat lamaran kerja dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan kamu juga akan menulis surat pribadi. Karena dengan menggunakan surat di zaman serba teknologi ini, seseorang akan merasa lebih dihargai keberadaannya. Juga sebagai bentuk empati terhadap orang-orang yang disayang.

Surat juga masih diperlukan untuk kawasan yang di dalamnya masih belum ada akses internet. Sehingga dengan adanya surat, maka informasi atau kabar yang kamu berikan akan sampai ke tangan pembaca, meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk memudahkan kamu dalam membuat surat, pada kesempatan kali ini, Seruni akan mengulas dan memberikan contoh terkait surat pribadi, agar tidak salah dalam menulis surat dan benar-benar bisa dipahami oleh orang yang dituju.

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi merupakan salah satu sarana untuk kita berkomunikasi menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan. Surat pribadi sendiri digunakan untuk kepentingan pribadi, bersifat tidak remi, dan tidak perlu terpaku pada aturan-aturan penulisan yang baku. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

• Tidak menggunakan kop surat
• Tidak ada nomor surat
• Salam pembuka dan penutup yang bervariasi
• Menggunakan bahasa yang bebas sesuai dengan keinginan si penulis
• Format surat bebas

Bagian-bagian dari Surat Pribadi

• Tempat dan tanggal pembuatan surat
• Alamat dari penerima
• Mencantumkan kata sapaan
• Paragraf untuk pembuka
• Bagian isi surat
• Bagian penutup
• Nama dan tanda tangan

Contoh Surat Pribadi

Tanpa disisipkan dengan contoh surat pribadi, mungkin kalian akan bingung dengan tentang penjelasan pribadi di atas. Oleh karena itu, di bawah ini Seruni akan memberikan beberapa contoh surat pribadi beserta bagaimana cara menuliskannya dengan benar. Dengan contoh berikut ini, setidaknya akan bisa memahami dan bisa mempraktikannya dengan baik.

1. Contoh Surat Pribadi Pendek untuk Sahabat

Lampung, 31 Desember 2019

Untuk shabatku,
Desi Anjani
di Yogyakarta

Salam manis,

Apa kabar, Desi? Semoga kamu sehat selalu, ya. Menjawab suratmu yang lalu, aku jadi teringat rumah kakek-ku. Sebab, liburan di rumah kakek sangat menyenangkan.

Sehari sesudah liburan, aku pergi ke desa kakek dan nenekku. Di sana, aku bermian dengan anak-anak desa. Wah, aku mendapat pengalaman yang banyak, deh.

Selama di sana, aku diajari cara membuat selai nanas, dodol, dan juga kripik. Penduduk di sana tidak ada yang menganggur. Selain bertani, ya, itulah mereka membuat selai, dodol, atau kripik.

Begitulah, Des. Ternyata orang desa lebih pandai berkerja, ya? Sebab, mereka dapat membuat apa saja. Jadi, tidak ada yang menganggur, Des. Selain, mereka juga hidup rukum dan senang bergotong royong.

Jika salah satu terkena musibah, yang lain akan membantu. Aku bangga dengan kebersamaannya. Berbeda dengan orang di kota. Terutama di Jakarta.

Wah, pokoknya aku pas liburan di desa. Banyak pengalaman berguna yang kuperoleh di sana. Oh, tanganu sudah pegal, nih. Karena seharian tadi aku membuat tugas mengarang.

Jadi capek jemari ini, hehe. Sudah dulu, ya. Jangan lupa balas! Ceritakan juga liburanmu yang mengasyikan. Oya, sampaikan salamku kepada keluargamu, ya.

Sahabatmu,

Kusuma Sari

2. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Bandung, 31 Desember 2019

Teruntuk Ibu Guruku Tercinta,

Assalamu’alaikum wr. wb.

Bagaimana kabar Ibu? Saya harap, saat ini Ibu dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin. Oh ya, Bu. Saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira pada Ibu. Berita ini merupakan berita yang menjadi harapan kita berdua saat saya masih duduk di bangku SMA dulu.

Alhamdulillah. Saat ini saya telah berhasil terpilih menjadi atlet Kung-Fu yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games tahun depan. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu atas didikan dan bimbingan Ibu sejauh ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Ibu.

Sebab, Ibulah yang telah menemukan bakat yang ada pada idri saya, dan Ibu juga yang sudah membimbing saya menjadi atlet yang terkenal dan serba bisa seperti saat ini. Ibu ini tidak ada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidik saya selama ini. Ibu selalu melatih saya dengan semangat dan penuh keyakinan dalam hati Ibu.

Ibu selalu memotivasi saya dan meyakinkan saya untuk menjadi atlet yang hebat di masa depan. Kini, semua usaha Ibu yang telah Ibu lakukan selama ini telah terbayarkan, Bu. Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu atas jasa-jasa yang telah Ibu berikan kepada saya selama ini.

Selain itu, saya juga mengundang Ibu untuk menemani dan mendampingi saya pergi ke China untuk melihat dan mendukungku secara langsung di sana. Saya akan menjemput Ibu dan keluarga langsung ke rumah. Sekian surat ini saya buat, nanti kita lanjutkan obrolan ini pada saat kita bertemu, Bu.

Salam Hormat,

Bagus Saputra

3. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Semarang, 15 April 2019

Teruntuk Kak Vannya,
di Malang

Assalamu’alaikum wr. wb.

Hai, Kak. Bagaimana kabarnya? Semoga kakak tidak ada kekurangan suatu apapun, ya. Dan di sini kabarku juga baik-baik saja seperti yang kakak harapkan. Oh ya, Kak. Sudah tiga tahun kita tidak berjumpa, di sini aku sangat merindukanmu.

Aku tahu, Kakak sedang sangat sibuk bekerja dan aku juga disibukkan dengan uruan kuliah beserta tugas-tugasnya. Kak, tahu gak? Semester ini aku sedang mengerjakan skripsi, loh. Doakan adikmu ini ya, Kak, semoga cepat selesai dan cepat lulu, agar aku bisa mengunjungi Kakak di Malang.

Oh ya, Ayah dan Ibu titip salam untuk Kakak. Salam rindu dan semoga sehat di sana. Jangan lupa memberi kabar apapun jika ada masalah. Ayah Ibu juga bilang, mereka sangat rindu sekali dengan cucunya di Malang. Nanti kalau aku berkunjung ke sana, ajak aku main-main ke Bromo, ya. Sudah dulu ya, Kak. Sampai bertemu di masa liburan nanti.

Wassalamu’alaikum.

Salam kangen,
Adikmu,

Isna

4. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Sekelas

Medan, 25 Agustus 2019

Untuk sahabatku Hermawan
di Jakarta

Halo, apa kabar, Her? Maaf ya sebelumnya, seminggu aku kirim surat dua kali. Bagaimana keadaamu di Jakarta, sedang musim apa nih di sana? Mudah-mudahan kamu baik-baik saja, ya. Aku pun di Medan baik-baik saja.

Her, aku punya cerita lucu, nih. Pasti kamu tertawa geli, deh. Begini ceritanya, kejadiannya di sekolah. Waktu pelajaran matematika, tiba-tiba perutku sait. Ya, aku langsung minta izin ke belakang. Setelah selesai, perutku terasa lega, tidak mulas lagi.

Aku bersiap kembali ke kelas. Tapi entah kenapa, tiba-tiba pintu WC tidak bisa terbuka. Wah, au terkunci di WC. Duh, Her, aku panik! Lalu, pintu kugedor-gedor dari dalam. Parahnya, tidak ada satupun yang mendengar.

Aku mau teriak minta tolong, tetapi malu. Akhirnya, aku tunggu saja. Uh, perasaanku campur aduk saat itu. Takut, malu. Tetapi syukurlah, beberapa menit kemudian ada yang datang. Akhirnya, Pak penjaga sekolah yang membukakan pintu itu.

Duh, lega rasanya, Her! Padahal, aku sudah putus asa, loh. Ya, begitulah ceritanya, Her. Bagaimana, lucu tidak? Lucu juga ‘kan, Her? Nah, Her, sekian dulu ya ceritaku. Jangan lupa dibalas suratku ini.

Barangkali kamu punya pengalaman lucu juga? Nah, ceritakanlah padaku. Eh, sudah dulu, ya? Aku tunggu cerita lucumu.

Sahabatmu,

Tegar

5. Contoh Surat Pribadu untuk Kakak Sepupu

Yogyakarta, 2 Desember 2019

Untuk Kakak sepupuku tersayang
Kak Putri
di Jakarta

Assalamu’alaikum wr. wb.

Apa kabar, Kak? Semoga dalam keadaan seha-sehat saja ya di sana. Surat ini sengaja kutulis untuk menanyakan kabarmu. Aku berharap, keadaan kakak di sana baik-baik saja, ya. Tahu gak, Kak? Sebenarnya aku sudah rindu sekali ingin bertemu.

Pengin melihat wajah Kakak sekarang seperti apa. Tak terasa ternyata kira sudah lumayan lama tak pernah bertatap muka. Di Jakarta pasti banyak perbuahan yang terjadi dengamu. Semoga kamu tetap mengingatku sebagai adik sepupu yang selalu merindukanmu.

Aku dan keluargaku berencana untuk mengunjungimu di sana akhir bulan ini. Tak sabar rasanya ingin berjumpa denganmu. Tunggu aku, ya, Kak. Jika tidak ada halangan, akhir bulan ini aku pasti sampai ke sana.

Sudah dulu ya, Kak. Jaga diri baik-baik. Jangan sampai sakit. Dan sampai bertemu di Jakarta

Dari adik sepupumu,

Herin

6. Contoh Surat Pribadi untuk Ibu Singkat

Teruntuk Ibundaku tersayang
di Tempat

Assalamu’alikum wr. wb.

Hai, Bun? Apa kabarnya di sana? Nia berharap Ibu selalu baik dan sehat. Bu, Nia rindu sekali dengan Ibu. Sudah lima bulan Nia berada di negeri orang. Doakan Nia lancar ya, Bu, studinya dan bisa cepat kembali ke Indonesia dan berkumul bersama keluarga.

Oh ya, Nia ingin memberikan kabar ke Ibu, bahwa Nia sudah mendapatkan kelas dan aktif kuliah. Ibu tidak perlu khawatir akan kesehatan Nia. Sekian dulu ya Bu, surat dari Nia. Semoga keluarga semua sehat di sana, khususnya Ibu. Salam rindu untuk semua.

Anakmu,

Nia

7. Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Dear Ania
Soekarno street
Jakarta

Hi, my best friend. How are you there? I hope you ar great and ok. I miss you full. Do you miss me as well? I hope you can visit East Java to meet me there. I hope you have any times for me to get best experiences on our holiday.

We cloudn’t meet one and else since 2 year ago. Maybe you are smarter and more beautiful now. Here. I am still on going to my last prokect in University. How about you? I wish you will get the best for your studi.

This is a short letter from me. I hope your replace. Thank you for hearing me. And see you next time.

Your best friend,

Nisa

8. Contoh Surat Pribadi untuk Kakek

Jakarta, 28 April 2019

Salam hangat,
Untuk Kakek ku di desa

Kakek apa kabar? Sudah lama aku tidak pulang kampung menemui-mu. Semoga Kakek baik-baik saja. Aku di sini baik-baik saja bersama keluarga.

Kek, aku ingin sekali datang ke desa untuk bertemu Kakek. Aku juga ingin melihat pemandangan yang asri di desa. Bagaimana keadaan Nenek? Aku ingin bertemu dengan nenek juga.

Kakek, aku ingin bercerita. Kata Mamah dan Papah, saat libutan tahun batu nanti aku akan pergi ke desa. Aku sangat senang saat itu. Tetapi, dibatalkan karena Papah tiba-tiba harus masuk kerja.

Aku merasa kesal, karena aku pikir aku akan menghilangkan rasa rinduku kepada Kakek dan Nenek dan juga desaku. Tetapi ternyata, Papah sibuk. Kek, surta ini akan menghilangkan rasa rinduku. Jangan lupa untuk membalasnya.

Salam kangen,

Gita

9. Contoh Surat Pribadi untuk Meminta Maaf pada Teman

Cirebon, 27 Mei 2019

Untuk Lilis Marinasari
di Makassar

Lilis tercinta,

Aku ingin meminta maaf atas kelakuanku terkahir kali pada saat itu. Setelah beberapa refleksi jelas bahwa bukan salah kamu, bahwa aku berpisah dengan pacarku dan mungkin itu yang terbaik untuk kami.

Maaf aku marah padamu dan menyalahkanmu, aku hanya sedih saja. Aku harap, ini tidak akan merusak persahabatan kita dan kita bisa melewati masa ini. Aku sangat mengerti bagaimana perasaanmu saat ini.

Salam hangat,

Anita

10. Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda

Bandung, 17 januari 2018

Kahatur: riska
Di kedung badak
Kota bogor.

Assalamualaikum ris, kumaha kabar anjeun ayena, damang?? Mugi wae damang salawasna, sareng keluargi oge mugia dina kaayaan sehat walafiat, sarta dilindungan ku allah swt. Amin.

Kumaha ayena ris sakola di bogor teh pikabeutaheun teu? pasti tos seueur rerencangan anu anyar yeh, tapi kahade ulah hilap ari ka abdi mah ris.

Ayena abdi alhamdullilah sakola di SMPN…, nu caket sareng bumi, nu penting mah dimana wae sakolana urang teh kudu rajin diajar, beh teu katinggaleun ku jaman modern sapertos ayena.

Ris, kadang mah abdi teh sok emut euy basa harita urang osok sasarengan di sakola SDN.. Urang harita mah sakelas bari jeung sok ocon bareng di kelas. Emm.. Mani sono, abdi janten hoyong kapendak pisan sareng riska.

Iraha ris, anjeun bade ameng deui ka bandung? Supados urang tiasa papendak paampok jonghok deui sasarengan. Ris, sakitu wae surat ti abdi, ulah hilap lamun aya waktos dibales suratna nya?

Wassalamualaikum wr.wb

Salam sono,

Alina

Baca Juga: 10 Contoh Surat Resmi yang Bisa Dijadikan Sebagai Panduanmu

Demikian ulasan mengenai contoh surat pribadi sekaligus penjelasan yang sangat lengkap untuk dijadikan sebagai bahan pengetahuan kamu. Dengan mengetahui berbagai penjelasan dan contoh di atas, kamu tentu sudah bisa mengira-ngira bagaimana membuat surat pribadi yang baik, sopan dan mudah dipahami. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.