Doa Becermin: Bacaan, Keutamaan, dan Adabnya

  • Bagikan
Doa Becermin: Bacaan, Keutamaan, dan Adabnya

Seruni.id – Dalam Islam, kita diajarkan untuk mengawali segala sesuatu dengan berdoa. Termasuk membaca doa becermin. Sebagian dari kita mungkin sudah ada yang tahu bagaimana bacaan doa tersebut, tapi tak sedikit pula yang belum menghafalnya. Maka dari itu, melalui artikel ini, Seruni akan memberikan bacaan doa becermin baik dalam bahasa arab maupun latin, yang bisa kamu hafalkan dan amalkan setiap hari. Bagaimanakah doa tersebut?

 

Doa Becermin dalam Bahasa Arab dan Latin

Doa Becermin: Bacaan, Keutamaan, dan Adabnya

 

1. Bacaan Doa Becermin

Sama seperti doa-doa lainnya, doa becermin juga mesti kita hafalkan, loh. Sebab, becermin merupakan kegiatan yang setiap harinya kita lakukan. Dengan membaca doa terlebih dahulu, sama saja kita memohon syukur kepada Allah SWT dan memohon kekhilafan dari segala perbuatan, baik yang disengaja maupun tidak. Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ أَنْتَ حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

“Allahumma antha hasantha khalqi fa hasintha khulqi.”

Artinya: “Ya Allah, sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.” (HR. Ahmad).

 

2. Doa Becermin Sebagai Bentuk Kenikmatan Fisik

Ketika melihat bentuk fisik dalam cermin, bersyukurlah. Sebab, Allah SWT telah menciptakan kita dengan tubuh dan rupa fisik yang sempurna. Adapun doa becermin yang bisa diamalkan menurut Al-Qur’an Surah At-Tin dalam ayat 4 yang berbunyi:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

“Laqad khalaqnal-insana fi ahsani taqwim.”

Artinya: “Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (QS. At-Tin: 4).

 

3. Doa Becermin Agar Wajah Bercahaya

Wajah yang berseri-seri dan bercahaya akan selalu sedap dipandang mata. Salah satu hal yang dapat membuat wajah selalu berseri-seri adalah dengan membaca doa becermin. Sebab, dengan membaca doa, berarti kita mensyukuri atas apa yang Allah SWT berikan. Adapun bacaan doanya adalah:

رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

“Rabbana at-mimlana nuurona waghifirlana innaka ala kullii syai’in qadir.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. At-Tahrim: 8).

 

4. Doa Becermin Atas Kemuliaan Rupawan

Bacaan doa becermin lainnya yang dapat diamalkan setiap kali berhias adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُلِلّٰهِ الَّذِى سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِى فَحَسَّنَهَاوَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Alhamdulillahilladzi sawwa khalqi fa’addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja’alanii minal muslimin.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan dan memperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku, maka Dia membaguskan dan menjadikan aku termasuk orang-orang Islam.” (HR. Ibnu as-Sani).

 

5. Doa Ketika Bersolek

Bersolek atau merias diri adalah salah satu cara untuk mempercantik paras, terkhusus kaum wanita. Nah, ketika bersolek pun kita harus membaca doa, loh. Berikut doa becermin saat berhias yang bisa diamalkan yaitu:

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ بِالۡحَقِّ وَ صَوَّرَکُمۡ فَاَحۡسَنَ صُوَرَکُمۡ ۚ وَ اِلَیۡہِ الۡمَصِیۡرُ

“Khalaqas-samawati wal-arda bil-haqqi wa sawwarakum fa ahsana suwarakum, wa ilaihi-masir.”

Artinya: “Dia menciptakan langit dan bumi dengan baik. Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah SWT. Kembali(mu).” (QS. At-Taghaabun: 3).

 

Keutamaan Membaca Doa Becermin

Doa Becermin: Bacaan, Keutamaan, dan Adabnya

Setiap doa memiliki keutamaannya masing-masing, begitupun dengan doa becermin. Ada beberapa keutamaan yang harus kita ketahui, di antaranya yaitu:

  • Membaca doa becermin mampu meningkatkan ketakwaaan kita terhadap Allah SWT, menambah rasa syukur atas karunia-Nya berupa kesehatan jasmani, keindahan fisik, serta kesehatan dan kecantikan wajah.
  • Keutamaan berikutnya, juga dapat menambah rasa puas diri terhadap apa yang telah Allah SWT berikan. Sehingga kita bisa terus lebih percaya diri dan tidak merasa terbebani apabila ada yang kurang pada fisik kita.
  • Dengan membaca doa, dapat menurunkan ego dan kesombongan diri. Sebab, dengan becermin kita dapat menyadari bahwa sesungguhnya apa yang kita miliki merupakan titipan dari Allah SWT.
  • Menjadikan pribadi yang lebih baik dan menjadikan kita lebih dekat dengan Allah SWT.
  • Sebagai penambah pahala yang bisa digunakan sebagai bekal di akhirat kelak.
  • Selain itu, membaca doa tersebut juga dapat menambah kecantikan dan ketampanan karena rasa sykur yang banyak.
  • Dapat meningkatkan kesadaran diri untuk merawat apa yang telah Allah SWT berikan. Tentunya, kita tidak ingin apa yang telah Allah berikan menjadi sesuatu yang sia-sia, kan? Maka merawat diri adalah kuncinya.

 

Adab Becermin

Doa Becermin: Bacaan, Keutamaan, dan Adabnya

Ketika hendak menghadapkan wajah pada cermin, ada adab yang perlu diperhatikan. Agar apa yang kita lakukan menjadi sebuah pahala yang akan memberatkan timbangan amal kita di akhirat kelak. Berikut adab yang perlu diterapkan:

  • Meningkat nikmat yang Allah SWT berikan seraya berdoa.
  • Hindari terlalu berlebihan dalam mengangumi kecantikan diri.
  • Tidak terlalu lama berada di depan cermin.
  • Tidak berlebih-lebihan dalam becermin.
  • Hendaknya ketika becermin tidak mencela kekurangan fisik.
  • Bersabar atas kekurangan diri.

Baca Juga: 

Demikianlah kumpulan doa becermin serta keutamaan dan adabnya yang dapat Seruni uraikan. Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang bersyukur atas ciptaan Allah dan selalu memperbaiki akhlak kita.

  • Bagikan
seruni.id