Tak Hanya Lezat, ini 12 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

  • Bagikan
Tak Hanya Lezat, ini 12 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Seruni.id – Sudah pernah merasakan kenikmatan dari susu almond? Tapi, sudah tahu belum apa saja manfaat susu almond untuk kesehatan? Ternyata manfaatnya sangat banyak, loh. Nah, kamu perlu tahu beberapa manfaatnya berikut ini:

Tak Hanya Lezat, ini 12 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Susu almond dibuat dengan cara mencampurkan almon, air, dan kemudian disaring untuk mendapatkan sarinya. Minuman ini, memiliki tekstur layaknya susu sapi biasa. Hanya saja lebih bernutrisi dan rendah kalori. Biasanya, susu almon menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki pola makan vegan atau alergi terhadap susu tertentu.

Tak sulit untuk mendapatkan susu almond, loh. Sebab, kini sudah banyak dijual di supermarket atau mini market dengan berbagai merek dan rasa. Namun, jika ingin mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan, sebaiknya pilihlah susu yang tidak mengandung gula tambahan, ya. Berikut Seruni telah merangkum sejumlah manfaat susu almond untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

1. Kaya Nutrisi

Dibandingkan dengan susu sapi, nutrisi yang terkandung di dalam susu almond memang masih kalah banyak. Namun, susu almond menyimpan berbagai nutrien penting, loh. Seperti vitamin D, kalisum, protein, vitamin D, dan berbagai mineral. Meski demikian, susu almond tidak disarankan untuk dijadikan pengganti susu untuk bayi dan anak-anak, ya. Sebab, walaupun mengandung berbagai nutrien penting, susu almond tidak mengandung beberapa zat penting untuk tumbuh kembang anak.

 

2. Dapat Memperkuat Tulang

Tubuh sangat membututuhkan kalsium untuk menjaga kekuatan tulang. Sebab, dengan kalsium yang cukup, kita akan terhindar dari osteoporosis, yaitu kondisi yang terkait dengan tulang dan patah tulang yang lemah. Maka dari itu, kamu harus mengonsumsi susu almond untuk merasakan manfaat yang satu ini. Dengan mengonsumsinya secara teratur, maka risiko osteoporosis pun akan berkurang.

 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat susu lamond berikutnya yaitu dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sejumlah ahli gizi menyakini, bahwa vitamin E dengan senyawa tanaman bioaktif termasuk polifenol, bertanggung jawab atas banyak manfaat susu almond untuk kesehatan. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Meminumnya secara teratur dapat bermanfaat bagi jantungmu.

 

4. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Kamu tidak perlu takut ketika mengonsumsi susu almond. Sebab, kalorinya yang sangat rendah, tidak akan berisiko pada penambahan berat badan. Produsen biasanya akan melakukan pengenceran susu almond pada kemasan dengan air. Oleh karena itu, kandungan lemaknya hanya sekitar 1 persen, hampir sama dengan susu rendah lemka. Susu almond yang diolah sendiri, kemungkinan lebih banyak mengandung jumlah kalori. Bahkan, beberapa produk susu almond juga ada yang menggunakan gula tambahan. Sebelum kamu mengonsumsinya, pastikan kamu memperhatikan lebih dulu kandungan di dalamnya pada label produk, ya.

 

5. Melancarkan Pencernaan

Susu almond yang kaya akan serat, berperan penting dalam melancarkan pencernaan, loh. Jika biasanya ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan, maka tak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi susu almond untuk melancarkan pencernaan. Karena dengan mengonsumsi susu tersebut, kebutuhkan serat otomatis terpenuhi.

 

6. Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat susu almond juga sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Hal ini karena di dalamnya terkandung omega-3. Jadi, untuk para ibu yang kesulitan dalam produksi ASI, cobalah mengonsumsi susu almond secara teratur.

 

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah masalah yang tidak bisa dianggap sepele. Terlebih ketika dalam masa kehamilan. Tekanan darah tinggi bisa berisiko menyebabkan preeklamsia yang dapat membahayakan ibu maupun calon bayi. Kalsium dalam susu almond, dapat membantu untuk menjaga tingkat tekanan darah agar lebih stabil dan terkendali.

 

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Ibu hamil sering kali mengalami masalah pada kulitnya. Mulai dari kulit kering, berjerawat, hingga kusam. Untuk mencegahnya, kamu bisa merasakan manfaat susu almond. Vitamin E yang terkandung di dalamnya, dapat membantu menyembuhkan jerawat dan pigmentasi serta membuat kulit sehat dan lebih bercahaya.

 

9. Mencegah Diabetes

Pada susu almond murni, umumnya mengandung karbohidrat dan indeks glikemik yang rendah. Tak heran, jika mengonsumsi susu almond, tidak membuat kadar gula darah meningkat secara signifikan. Secara tak langsung, susu almond dapat mengurangi risiko diabetes bahkan bisa menjadi pilihan yang cocok bagi penderita diabetes.

 

10. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Apabila mengonsumsi susu almond secara teratur, hal ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, loh. Sehingga mencegah penyakit dan infeksi yang berbahaya. Jadi, kamu tidak akan mudah sakit, terlebih ketika sedan hamil. Manfaat susu almond lainnya, yaitu dapat meningkatkan kecepatan pemulian pasca melahirkan dan menjaga kesehatan si kecil.

 

11. Membantu Perkembangan Massa Otot Janin

Kandungan protein yang cukup tinggi di dalam susu almond, dapat membantu perkembangan massa otot yang sehat pada janin. Kondisi ini, juga dapat membantu menjaga berat lahir bayi yang sehat. Selain itu, adanya kandungan vitamin A di dalam susu almon, dapat menjadi pendukung bagi pertumbuhan janin, loh. Memiliki cukup vitamin A dalam makanan mengarah pada perkembangan yang sehat dari sistem peredaran darah, pernapasan, dan saraf pusat janin. Ini juga mendukung pertumbuhan paru-paru jantung, mata, tulang, dan ginjal.

 

12. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Rambut dan kulit adalah dua hal penting yang harus dijaga kesehatannya. Sebagai solusinya, kamu bisa rutin mengonsumsi susu almond. Sebab, vitamin E yang terkandung di dalamnya, dapat meremajakan kulit agar tampak lebih cerah, bercahaya, dan awet muda. Selain itu, baik juga untuk pertumbuhan rambut, loh.

Baca Juga: 

Itulah beragam manfaat susu almond untuk kesehatan. Jadi, tak adalah salahnya untuk mulai mencoba mengonsumsi susu almond secara rutin. Namun, jika ada kondisi tertentu sehingga kamu ragu untuk mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya.

  • Bagikan
seruni.id