Kumpulan Doa Ketika Merindukan Seseorang

  • Bagikan
Kumpulan Doa Ketika Merindukan Seseorang
mantrapandeglang.pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Merindu tanpa temu, terkadang menyesakkan bagi sebagian orang. Meski demikian, kita bisa membaca doa ketika merindukan seseorang sesuai dengan ajaran Islam, untuk bisa melepaskan rindu tersebut. Bagaimana doanya?

Kumpulan Doa Ketika Merindukan Seseorang
bogor.pikiran-rakyat.com

Saat kita jauh dari seseorang, seperti orangtua, pasangan, anak, sahabat, saudara dan lainnya, membuat kita rindu kepada mereka. Rindu yang hadir, tanpa bisa bertemu, pasti membuat hati merasa sedih. Teknologi yang kian canggih, memang bisa mengobati rasa tersebut. Misalnya, dengan bertatap wajah dan saling menyapa melalui layar virtual. Namun, sayang, hal tersebut tidaklah cukup menjadi penawar rindu.

Sebagai seorang muslim, tentu kita perlu mengetahui beberapa doa ketika merindukan seseorang. Ada beberapa surat-surat Al-Qur’an yang dianjurkan untuk kita baca, apa saja doanya?

 

Doa Ketika Merindukan Seseorang

Membaca Surat Yusuf Ayat 4

Doa ketika merindukan seseorang yang pertama adalah Surat Yusuf ayat 4. Kamu bisa membaca doa ini saat kamu kangen dengan seseorang. Sebagian orang mengatakan, Surat Yusuf, berkhasiat juga untuk menemukan jodoh bagi yang belum memiliki pasangan. Namun, jika kamu sudah berumah tangga, membaca doa ini akan mempererat hubungan suami istri.

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ

“Iz qala yusufu li’abihi ya abati inni ra’aitu ahada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra’aituhum li sajidin.”

Artinya: “Ingatlah, ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, ‘Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan. Aku melihat semuanya bersujud kepadaku’.”

 

Surat Thaha Ayat 39

Doa ketika merindukan seseorang berikutnya, adalah Surat Thaha ayat 39. Banyak yang mengatakan, setelah membaca doa ini, rindu pun akan terobati. Adapun waktu yang paling dianjurkan untuk membacanya adalah setelah selesai melaksanakan sholat limat waktu. Usahakan ketika membacanya diiringi dengan perasaan yang tulus dan ikhlas, ya. Meski demikian, tidak ada hadis yang menjelaskan akan keabsahan Surat Thaha untuk dijadikan wirid saat merindukan seseorang.

اَنِ اقْذِفِيْهِ فِى التَّابُوْتِ فَاقْذِفِيْهِ فِى الْيَمِّ فَلْيُلْقِهِ الْيَمُّ بِالسَّاحِلِ يَأْخُذْهُ عَدُوٌّ لِّيْ وَعَدُوٌّ لَّهٗ ۗوَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

“Aniqzi fhi fit-taabuti faqzi fiihi fil yammi falyulqihil yammu bis saahili ya’khuz hu ‘aduwwul lii wa ‘aduwwul lah, wa alqaitu ‘alaika mahabbatam minni, wa litusna’a ‘alaa ‘ainii.”

Artinya: “Letakkanlah ia (Musa) di dalam peti, kemudian lemparkanlah ia ke sungai (Nil), maka pasti sungai itu membawanya ke tepi, supaya diambil oleh (Fir’aun) musuh-Ku dan musuhnya. Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku.”

 

Surat Al-Fatihah

Al-Fatihah adalah salah satu surat yang wajib dibaca ketika melaksanakan sholat fardhu maupun sunnah. Al-Fatihah tidak hanya menjadi surat pembuka di dalam Al-Qur’an, tapi juga memiliki keistimewaan lainnya. Mulai dapat membantu memperluas rezeki, mengobati penyakit, hingga menjadi doa ketika merindukan seseorang. Baik seseorang yang jauh di sana, atau mereka yang telah meninggal dunia.

“Bismillahir-rahmanir-rahim, al-hamdu lillahi rabbil-‘alamin, ar-rahmanir-rahim, maliki yaumid-din, iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in, ihdinas-siratal-mustaqim, siratallazina an’amta ‘alaihim gairil-magdubi ‘alaihim wa lad-dallin.”

Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam, yang Maha Pengasih Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan, hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan, tunjukanlah kami jalan yang lurus, yaitu jalan-jalan yang Engkau beri nikmat kepadanya, bukan jalan mereka yang dimurkai, juga bukan jalan mereka yang sesat.”

 

Surat Al-Baqarah Ayat 165

Surat Al-Baqarah ayat 165, juga merupakan salah satu doa ketika merindukan seseorang. Banyak yang meyakini, jika membaca doa tersebut, dapat menjadi pelipur lara bagi seseorang yang sedang dilanda kerinduan.

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ

“Wa minan naasi may yattakhizu min dunillaahi andaaday yuhibbunahum kahubbillaah, wallaziina aamanuu asyaddu hubbal lillaahi walau yarallaziina zalamuu iz yaraunal ‘azaaba annal quwwata lillahi jamaa’aq qa annallaaha syaddul ‘azaab.”

Artinya: “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).”

 

Surat Al-Imran Ayat 14

Doa ketika merindukan seseorang yang dapat kamu baca berikutnya adalah, Surat Al-Imran ayat 14. Dengan membaca doa tersebut, akan membuat hati yang dilanda kerindua akan menjadi lebih tenang.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَاۤءِ وَالْبَنِيْنَ وَالْقَنَاطِيْرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْاَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗ حُسْنُ الْمَاٰبِ

“Zuyyina lin-nasi hubbusy-syahawati minan-nisa’i wal-banina wal-qanatiril-muqantarati minaz-zahabi wal-fiddati wal-khailil-musawwamati wal-an’ami wal-hars, zalika mata’ul-hayatid-dun-ya, wallahu ‘indahu husnul-ma’ab.”

“Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu; perempuan-perempuan, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga).”

Baca Juga: 100 Quotes Rindu Paling Menyentuh Hati

Demikianlah bacaan doa ketika merindukan seseorang yang bisa kamu baca. Bacalah dengan tulus dan ikhlas selepas sholat. Tujuannya agar hati menjadi lebih damai. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan