Fakta Seputar Pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz

  • Bagikan
Fakta Seputar Pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz

Seruni.id – Setelah berhasil ditemukan, jasad Emmeril Kahn Mumtad akhirnya tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022) kemarin. Sebelum dimakamkan, Eril akan disemayamkan terlebih dahulu di gedung Pakuan. Pada hari ini, Senin (13/6/2022), Eril pun telah dikebumikan di tempat peristirahatan terkahirnya di daerah Cimaung. Berikut adalah beberapa fakta seputar pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz.

 

1. Dimakamkan di Samping Masjid

Makam Eril diketahui berada persis di sebelah masjid yang didesain dan akan dibangun oleh sang ayah, Ridwan Kamil. Desain pemakaman Eril dibagikan oleh Ridwan Kamil di media sosialnya. Masjid tersebut diberi nama Al Mumtadz, yang merupakan nama bagian belakang dari Eril. Gubernur Jawa Barat itu memastikan lokasi peristirahatan terakhir sang anak sangat istimewa.

“Dear Eril, sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akirmu yang indah,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya pada Minggu (12/6/2022) kemarin.

 

2. Lokasi Pemakaman di Kampung Halaman Sang Ibu

Tempat peristirahatan Emmeril berada di kampung sang ibunda, Atalia Praratya, yakni di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung. Tak jauh dari lokasi tersebut, terdapat sungai dengan pemandangan gunung yang begitu indah. Hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh Ridwan Kamil.

“Dear Eril, rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namanu. Masjid Al Mumtadz,”

 

3. Keluarga Memperbolehkan Mengikuti Pemakaman, Tapi Harus Tertib dan Tidak Melakukan Dokumentasi Pribadi

Melalui akun Instagramnya, Atalia Praratya mengunggah imbauan bagi masyarakat yang ingin mengikuti prosesi pemakaman sang ananda. Salah satu yang ditekankan adalah tidak melakukan dokumentasi pribadi, baik saat momen takziah maupun pemakaman.

Agar pemakaman berjalan lancar dan tidak mengganggu ketertiban, pihak keluarga juga mengimbau masyarakat berziarah setelah proses pemakaman selesai. Mereka juga berharap tamu undangan mematuhi aturan yang ditetapkan supaya tidak terjadi kemacetan.

 

4. Menjelang Pemakaman, Gedung Pakuan Dipadati oleh Warga yang Ikut Mengantarkan Emmeril

Sebelum dimakamkan, gedung Pakuan sudah dibanjiri ratusan orang. Mereka ikut mengantarkan Eril sebelum diberangkatkan ke tempat peristirahatan terkahir di Cimaung, tepatnya di kawasan Yayasan Islamic Centre Baitul Ridwan. Beberapa hari belakangan, sejumlah petugas sudah mempersiapkan lokasi dan berjaga-jaga di sekitar lokasi. Terlihat alat berat juga digunakan untuk merapikan jalan masuk menuju area pemakaman.

Kepergian Emmeril Kahn Mumtadz tidak hanya menorehkan kesedihan yang mendalam bagi keluarga, tapi juga untuk banyak orang. Pasca dilaporkan menghilang saat berenang di Sungai Aare pada 26 Mei lalu, Eril akhirnya ditemukan di hari ke-14.

Baca Juga:

Kini Eril telah beristirahat dengan tenang di tempat peristirahatannya yang istimewa yang disiapkan oleh sang ayah. Meski pergi untuk selamanya, tapi kebaikan-kebaikannya selalu hidup di hati banyak orang. Selamat jalan, Eril.

  • Bagikan