Mind Mapping: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya

  • Bagikan
Mind Mapping: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya
ekrut.com

Seruni.id – Istilah mind mapping, mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, istilah ini kerap digunakan dalam dunia akademik dan bisnis, loh. Mind mapping berperan penting dalam memudahkan pekerjaan seseorang dalam memahami sebuah konsep. Tanpa perlu basa-basi lagi, Seruni telah merangkumnya berikut ini.

 

Pengertian Mind Mapping

Mind mapping adalah sebuah metode yang dilakukan dengan cara mengelompokan beberapa ide dalam bentuk kerangka yang terstruktur. Tujuannya agar kita lebih mudah untuk mengingat atau menganalisis sebuah masalah. Mind mapping juga bisa disebut sebagai proses memindahkan bentuk pemikiran yang ada di otak ke dalam bentuk tulisan dan gambar. Selain itu, para ahli juga memiliki pengertiannya sendiri mengenai mind mapping. Adapun pengertian mind mapping menurut para ahli adalah sebagai berikut:

 

Melvin L. Silberman

Menurut Melvin L. Silberman, mind mapping adalah salah satu langkah kreatif yang akan memudahkan seseorang dalam memproduksi banyak ide-ide menarik, memudahkan dalam mempelajari sesuatu, hingga memudahkan dalam merencanakan berbagai penelitian untuk project baru yang sedang ia jalankan.

 

Tony Buzan

Sedangkan menurut Tony Buzan, mind mapping merupakan suatu cara untuk mengembangkan kegiatan berpikir serta menangkap berbagai pikiran dari berbagai sudut. Pengertian mind mapping juga akan mengarah pada cara bagaimana mengasah cara berpikir yang divergen dan kreatif.

Mind mapping atau peta konsep sebagai alat berpikir organinasional yang akan membantu seseorang menempatkan informasi dalam otaknya, kemudian mengambil informasi tersebut kapanpun ia membutuhkannya.

Metode ini juga akan memudahkan perencanaan, komunikasi, mengasah kreatifitas, membantu menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, membantu mengingat dengan baik, serta membuat proses belajar menjadi lebih efisien.

 

Bobby De Porter dan Mike Hernacki

Selanjutnya, menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki mind mapping adalah salah satu teknik mencatat yang akan membantu seseorang dalam memetakan pikiran kreatifnya secara efektif kemudian memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak, baik otak kanan maupun kiri di dalam diri seseorang.

 

Caroline Edward

Caroline Edward menyebutkan, bahwa mind mapping merupakan segala cara paling efektif dan efisien untuk memasukan, menyiapkan, dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini biasanya bekerja sesuai cara kerja alami otak manusia, sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak.

 

Jenis-jenis Mind Mapping

Mind mapping memiliki beberapa jenis yang kerap digunakan oleh banyak orang. Di antaranya yaitu:

Silabus Mind Mapping

Mind mapping makro atau lebih dikenal dengan mind mapping silabus adalah salah satu jenis yang menggambarkan konsep yang akan dipahami dengan susunan berupa ukuran yang besar. Biasanya, jenis yang satu ini ditempelkan pada dinding.

 

Bab Mind Mapping

Jenis yang keduanya, yaitu bab mind mapping. Sesuai dengan namanya, jenis ini disusun berdasarkan bab yang telah dipelajari. Namun, PR terbesar yang harus dilakukan dalam menyusunnya adalah meringkas poin penting dari sebuah konsep agar lebih mudah untuk mengingat dan memahaminya.

 

Paragraph Mind Map

Selanjutnya yaitu paragraph mind map. Jenis yang satu ini lebih lengkap daripada kedua jenis lainnya. Sebab, paragraph mind mapping memuat informasi lebih lengkap karena penjelasan dari konsep dijelaskan dengan begitu rinci.

 

Manfaat Mind Mapping

Menggunakan metode mind mapping, tidak hanya memudahkan seseorang dalam melihat gambaran besar atau ide, mengoptimalkan otak kanan dan kiri, tapi juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Di antaranya adalah:

 

1. Melatih Diri Memahami Berbagai Informasi Penting

Metode mind mapping dapat memberikan banyak manfaat dalam proses belajar. Sebab, hal ini akan membuatmu terbiasa mengorganisasikan dan mengelompokkan informasi-informasi penting dari konsep atau ide utama materi pelajaran. Apabila sudah terbiasa menyusun berbagai informasi penting, maka akan membuat konsentrasi lebih meningkat. Selain itu, informasi penting yang dipetakan menggunakan mind mapping, juga akan memudahkan seseorang dalam membuat rencana serta membangun kerangka kerja dengan lebih cepat dan efektif.

 

2. Meningkatkan Ketelitian dalam Menyusun Informasi

Membuat mind mapping secara mandiri akan melatih kemampuan pengaturan informasi yang didapat. Dalam hal ini, kita dapat mengelompokkan sebuah informasi sesuai dengan kategori tema yang dibahas. Dengan demikian, kamu akan mulai terbiasa dengan menyusun informasi secara rapi dan tertata.

 

3. Meningkatkan Kemampuan Seseorang dalam Memahami Sesuatu

Mind mapping sangat berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak, loh. Kalau kamu sudah terbiasa membuat mind map, maka secara otomatis kamu akan lebih cepat dalam memproses atau memahami materi yang sedang ia pelajari. Penggunaan keyword atau kata kunci yang sederhana, juga akan membantu dalam mengingat materi-materi penting yang berhubungan dengan ide utamanya.

 

4. Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Dengan menggunakan mind map, kita akan menjadi lebih kreatif dalam menyajikan informasi yang penting dari suatu konsep. Seperti menggunakan bentuk grafis yang berisi gambar, kata kunci, dan frasa penting secara tidak langsung juga akan mengasah kreatifitasmu.

Selain itu, membuat mind map juga akan membuat kita lebih produktif. Saat membuat mind map, kamu perlu menentukan model percabangan, memilih warna, menentukan kata kunci, dan memilih kalimat penting. Proses tersebut kemudian dapat menjadi motivasi kamu untuk lebih produktif dan membuat aktivitas belajar menjadi tidak membosankan.

 

5. Hemat Waktu

Pembuatan peta konsep yang rapi dan terstruktur, akan memudahkan dan menghemat waktu untuk mempelajari ulang materi yang sebelumnya telah dibaca. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan sisa waktu yang dimiliki untuk mempelajari materi yang berbeda.

 

Cara Membuat

Membuat mind mapping tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Asalkan kita mengetahui dasar-dasarnya. Namun, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuatnya, berikut adalah langkah-langkahnya:

 

1. Menentukan Topik Utama

Buat kamu yang masih pemula, kamu harus tahu nih, dalam membuat mind mapping hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan topik. Topik tersebut dapat berasal dari masalah yang ingin kamu selesaikan, biasanya topik utama berasal dari kata kunci yang terdiri dari 1 sampai 3 kata.

 

2. Tambahkan Cabang Berdasarkan Topik Utama

Setelah kamu menentukan topik utamanya, carilah ide-ide yang paling erat kaitannya dengan topik utama. Lalu jadikan sebagai cabang pertama dari topik tersebut. Misalnya, topik utama yang dipilih adalah komunikasi. Maka cabang utama dari komunikasi yaitu nonverbal dan verbal. Sebab, keduanya sama-sama jenis dari komunikasi. Jadi, kalau kamu masih kesulitan dalam menentukan cabang utama, cobalah identifikasi berdasarkan jenis atau bagian lainnya.

 

3. Uraikan Cabang Utama Menjadi Beberapa Sub-topik

Jika cabang utama sudah ditentukan, lanjutkanlah dengan menguraikannya menjadi beberapa sub-topik. Kamu bisa mencoba menentukan beberapa ide dengan ruang lingkup yang lebih kecil. Sehingga dapat menjadi ranting dari cabang utama.

 

4. Hubungkan Setiap Ide dengan Garis

Berikutnya, jangan lupa hubungkan masing-masing ide dengan garis. Dengan begitu, kamu akan semakin mudah untuk memahami isi dari ming map yang kamu buat. Mulai dari topik utama hingga sub-topik yang paling spesifik.

 

5. Gunakan Kode Warna pada Garis Penghubung di Setiap Sub-topik

Agar kamu lebih mudah mengingat setiap ide pada sub-topik, kamu bisa menambahkan kode warna pada garis penghubung atau gambar.

 

6. Kembangkan Sub-topik dengan Ide-ide yang Paling Penting

Ketika sudah sampai pada bagian ini, nantinya kamu akan menemukan banyak ide yang kemungkinan memiliki hubungan dengan sub-topik. Namun, untuk membuat mind mapping yang efektif dan kreatif, kamu perlu menentukan ide-ide yang memiliki kaitan paling erat dengan sub-topik. Hal ini berguna untuk mencegah kamu memasukkan ide yang tidak dibutuhkan.

 

7. Tambahkan Catatan Kecil

Jika diperlukan, kamu bisa menambahkan catatan kecil. Sebab, tak jarang, mind mapping yang kamu buat bisa memiliki jumlah cabang yang banyak. Agar kamu tidak lupa makna dari setiap ide, tak ada salahnya membuat catatan kecil. Selain itu, catatan tersebut juga dapat menjadi keterangan dari ide-ide yang dianggap sulit atau kompleks.

 

Contoh Mind Mapping

Bentuk Kreatif

Mind Mapping: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya
jurnal.id

Contoh di atas mengangkat tema tentang ‘Time Management’ atau manajemen waktu. Di mana isi dari mind map tersebut, membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan manajemen waktu.

Mind map yang satu ini dikatakan kreatif karena dihiasi dengan berbagai warna-warni. Begitupun dengan penulisannya yang berbeda, serta ragam gambar yang menarik.

 

Bentuk Simpel

Mind Mapping: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Membuatnya
jurnal.id

Contoh simpel ini, membahas tentang konsep ‘Business Plan’. Konsep tersebut dijabarkan dalam sebuah mind mapping yang dituangkan secara sederhana. Selain itu, contoh yang satu ini memiliki berbagai cabang dari konsep “BUSINESS PLAN” yang mencakup marketing plan, mission, SWOT, timeline, strategy, team, competitor, finance.

Berbeda dengan contoh mind map kreatif, mind map simpel ini dijabarkan dengan memanfaatkan tanda panah dan tidak ada aksesntuasi lain beruapa warna ataupun gambar-gambar lainnya.

Baca Juga: 27 Contoh Poster Pendidikan Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya

Semoga dengan penjelasan Seruni di atas tentang mind mapping tidak lagi membuat kamu bingung jika ingin membuatnya, ya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu!

  • Bagikan