6 Produk Kecantikan Tidak Ramah Lingkungan, Kurangi Demi Menjaga Bumi

  • Bagikan
6 Produk Kecantikan yang Tidak Ramah Lingkungan, Kurangi Demi Menjaga Bumi
parapuan.co

Seruni.id – Tahukah kamu, bahwa ada sejumlah produk kecantikan tidak ramah lingkungan, loh. Meskipun produk-produk tersebut memang bagus dan memiliki manfaat yang luar biasa. Para pemerhati lingkungan, kerap mengeluhkan tentang dampak buruk dari sisa-sisa pembuangan produk kecantikan terhadap lingkungan.

Misalnya, sampah sisa pembalut sekali pakai atau produk krim tabir surya yang dilaporkan dapat mencemari air laut dan merusak terumbu krang. Kerusakan lingkungan juga bisa timbul dari kebiasaan kamu mandi maupun penggunaan produk dan peralatan yang digunakan untuk menjaga diri tetap cantik. Melansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah produk kecantikan tidak ramah lingkungan:

 

1. Sheet Mask

6 Produk Kecantikan yang Tidak Ramah Lingkungan, Kurangi Demi Menjaga Bumi
productnation.com

Sheet mask alias masker yang berbentuk lembaran memang lebih praktis daripada masker berbentuk krim atau gel. Meski membuat kulit terasa lembut dan nyaman, tapi ternyata produk kecantikan ini tidak ramah lingkungan, loh. Untuk menjaga bumi agar tetap lestari, solusinya adalah mengganti sheet mask dengan masker berbentuk serbuk.

Penggunaan sheet mask sendiri, sebenarnya bukanlah hal yang wajib dalam rangkaian penggunaan skin care. Sebab, fungsinya sama saja seperti masker bubuk, bahkan fungsi sheet mask sendiri bisa digantikan dengan essence atau pelembap.

 

2. Sabun Cair

6 Produk Kecantikan yang Tidak Ramah Lingkungan, Kurangi Demi Menjaga Bumi
kompas.com

Semenjak ada sabun cair, orang-orang mulai beralih dari sabun batangan. Karena sabun cair memang lebih praktis dan lebih aman jika digunakan untuk banyak orang. Namun sayangnya, sabun cair memiliki dampak buruk daripada sabun batang, loh. Menurut peneliti dari Swiss Federal Institude, yakni Annette Koehler dan Caroline Wilbolz, sabun cair memiliki jejak karbon 25% lebih besar dibandingkan sabun batang.

Penyebabnya, proses pengemasannya yang lebih kompleks dan membutuhkan energi lebih banyak, serta pemakaian sehari-hari yang bisa saja tidak terkontrol jumlahnya. Jejak karbon yang dihasilkan ini bisa berdampak negatif bagi bumi dan beberapa dampaknya, antara lain kekeringan, sumber air bersih berkurang, serta kerusakan lingkungan lainnya.

 

3. Tisu Wajah

6 Produk Kecantikan yang Tidak Ramah Lingkungan, Kurangi Demi Menjaga Bumi
popbela.com

Penggunaan tisu wajah memang sangat membantu sekali, terlebih untuk menghapus makeup atau menghilangkan minyak di wajah. Namun, sama halnya seperti sheet mask, produk kecantikan ini juga tidak ramah lingkungan. Sehingga kamu harus segera mengurangi penggunaannya.

Karena sheet mask atau tisu wajah, biasanya dibuat dari serat kayu, sehingga semakin banyak menggunakan tisu, akan semakin banyak pula pohon yang ditebang. Kalau kamu cinta akan bumi dan ingin tetap lestari, kamu bisa mengurangi penggunaannya dan mulai beralih ke kain bersih dengan tekstur yang lembut.

 

4. Kapas Wajah

6 Produk Kecantikan yang Tidak Ramah Lingkungan, Kurangi Demi Menjaga Bumi
celanandclear.co.id

Selain tisu, produk kecantikan yang tidak ramah lingkungan berikutnya adalah kapas wajah. Kapas adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan ketika hendak membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan skincare. Hanya saja, terlalu sering menggunakan kapas hanya akan merusak lingkungan. Entah itu bisa merusak pencemaran di air maupun darat.

Solusi yang bisa kamu ambil adalah mulai saat ini gunakan kapas yang bisa digunakan kembali. Meski harganya lebih mahal daripada kapas biasa namun kapas jenis ini bisa dicuci dan digunakan kembali sehingga kamu tidak perlu terus-terusan mengeluarkan uang untuk membeli kapas.

 

5. Makeup yang Diuji pada Hewan

6 Produk Kecantikan yang Tidak Ramah Lingkungan, Kurangi Demi Menjaga Bumi
beautynesia.id

Ada beberapa produk kecantikan yang menguji produknya ke hewan. Biasanya, pengujian tersebut dilakukan untuk mengetahui efek samping yang terjadi jika bahan-bahan tersebut diaplikasikan pada kulit. Menurut Humane Society, tes tersebut sebetulnya tidak diperlukan karena ada sejumlah brand kecantikan yang sebetulnya sudah mengklaim bebas uji coba hewan. Sebagian besar hewan yang menjadi bahan percobaan biasanya berakhir terbunuh setelah tahap pengujian, salah satunya akibat sesak napas.

 

6. Produk dengan Kemasan Plastik

6 Produk Kecantikan yang Tidak Ramah Lingkungan, Kurangi Demi Menjaga Bumi
indocareb2b.com

Mengapa produk kecantikan dengan kemasan plastik menjadi salah satu hal yang tidak ramah lingkungan? Hal ini karena kemasan plastik tidak dapat terurai dan hanya akan membuat lingkungan semakin tercemar. Kalau kamu mencinta lingkungan, maka solusinya adalah dengan beralih ke produk dengan kemasan yang bisa didaur ulang atau dapat terurai di tanah. Dengan begitu, penumpukan sampah plastik bisa berkurang.

Baca Juga: 5 Inovasi Dalam Mengurangi Sampah Plastik Di Dunia

Ternyata kamu memiliki andil dalam menjaga lingkungan sekitar. Dengan tidak membeli produk kecantikan yang bisa merusak lingkungan secara tidak langsung kamu ikut andil mengurangi kerusakan lingkungan.

  • Bagikan