Seruni.id – Memasuki dunia kerja, bagaikan memasuki dunia baru dengan bahasanya sendiri. Biasanya, akan ada singkatan atau istilah asing yang mungkin terasa membingungkan bagi para pemula. Singkatan dan istilah di dunia kerja tersebut kerap digunakan untuk mempermudah dalam membahas atau membicarakan pekerjaan. Nah, agar kamu tidak kebinungan saat diajak berdiskusi atau berkomunikasi nantinya, yuk simak beberapa di antaranya berikut ini:
1. OT
OT adalah singaktan dari Overtime, yang berarti jam lembur. Di mana istilah ini mengacu pada waktu bekerja yang melebihi jam kerja normal yang ditentukan oleh perusahaan.
2. FGD
Singkatan dan istilah di dunia kerja yang sering digunakan berikutnya adalah FGD. FGD adalah kepanjangan dari Focus Group Discussion, yang berarti diskusi terarah. Diskusi ini elibatkan sekelompok kecil orang yang memiliki pemahaman mendalam tentang topik tertentu untuk membicarakannya secara mendalam.
3. Cut Off
Di dunia penuh angka dan transaksi, cut off merupakan istilah penting yang sering didengar, khususnya bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang finance. Secara sederhana, cut off adalah batas akhir pengumpulan data-data keuangan yang harus diserahkan kepada tim finance. Data tersebut bisa berupa tagihan, invoice, laporan pengeluaran, atau dokumen keuangan lainnya.
4. Outing
Di tengah kesibukan dan rutinitas pekerjaan, outing menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh para karyawan. Bukan semata-mata tentang gajian, melainkan kesempatan untuk bersantai dan membangun kebersamaan dengan rekan kerja di luar jam kantor. Jadi, bisa dikatakan bahwa outing merupakan kegiatan rekreasi bagi seluruh karyawan.
5. Annual Leave
Istilah yang sering digunakan di dunia kerja berikutnya adalah annual leave, ini merupakan istilah yang juga disukai oleh para pegawai. Sebab, annual leave memiliki arti cuti, yang harus diambil dalam satu tahun.
6. FU
FU sendiri merupakan singkatan dari follow up. Ketika kamu nanti menerima email atau pesan yang berisikan FU, itu tandanya kamu diperintah untuk mem-follow up suatu hal tertentu. Caranya, kamu harus menanyakan seseorang atau meminta penjelasan mengenai suatu pekerjaan atau hal yang harus kamu selesaikan.
7. SOP
SOP adalah singkatan dari Standar Operasional Prosedur. Sederhananya, SOP adalah panduan atau instruksi tertulis yang menjelaskan cara melakukan suatu pekerjaan dengan benar dan sesuai standar. SOP dibuat untuk memastikan keamanan, kualitas, efisiensi, dan keadilan.
8. KPI
KPI menjadi salah satu singkatan dan istilah di dunia kerja yang kerap digunakan. KPI sendiri merupakan singkatan dari Key Performance Indicator, yang berarti indikator kinerja utama. Ini merupakan serangkaian target terukur yang ditetapkan pada awal tahun dan wajib dicapai oleh karyawan.
9. TBD
Jika kamu mendapatkan email balasan yang berisikan TBD atau to be discuss, artinya hal tersebut akan didiskusikan kembali agar informasinya menjadi lebih jelas. Jadi, jika kamu menerima istilah yang satu ini segera tetapkan jadwal meeting untuk mendiskusikan hal itu.
10. TBC
TBC yang dimaksud bukanlah sebuah penyakit, ya. Melainkan sebuah singkatan di istlah di dunia kerja, yang kepanjangannya adalah to be confirm. Kata tersebut memiliki arti akan segera dikonfirmasi. Dengan kata lain, informasi tersebut masih belum jelas atau tentatif, dan harus menunggu konfirmasi lebih lanjut apakah diterima atau ditolak.
11. MoM
Nah, kalau singkatan yang satu ini biasanya digunakan saat sedang rapat. Pasalnya, Mom atau Minutes of Meeting adalah butir-butir yang dibicarakan dalam rapat. Jadi, ketika ada yang meminta untuk MoM, artinya kamu disuruh untuk menulis hal-hal yang dibahas dalam rapat tersebut dan menyebarkannya kepada para karyawan lainnya agar mereka semua tahu apa yang sedang dibahas meskipun tidak hadir dalam rapat.
12. PFA
PFA adalah singkatan dari Please Find Attached. Singkatan ini digunakan untuk memberitahu penerima email bahwa terdapat lampiran yang perlu mereka perhatikan.
13. WFH
Istilah yang satu ini mungkin bukan hal baru bagi kita. Ya, WFH merupakan singkatan dari Work From Home, alias bekerja dari rumah. Saat ini, hampir semua perusahaan sudah mulai menerapkan sistem kerja WFH sebagai salah satu pencegahan penyebaran kasus COVID-19 di Indonesia.
Baca Juga: 5 Kebiasaan Generasi Z di Dunia Kerja
Demikianlah singkatan dan istilah penting yang sering digunakan dalam dunia kerja. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya. Sehinga kamu tidak bingung lagi ketika mendengar istilah tersebut ketika memasuki dunia kerja.