Sistem POS dengan AI Dapat Tingkatkan Profit Bisnis Kuliner hingga 40%

Jakarta, 22 Mei 2024 — PT Esensi Solusi Buana (ESB), penyedia sistem operasional terintegrasi untuk bisnis kuliner, akan berpartisipasi dalam Bandung International Food & Hospitality Expo (BIFHEX) 2024. Acara ini akan berlangsung di Sudirman Grand Ballroom, Bandung, pada 23–26 Mei 2024. BIFHEX adalah pameran business to business (B2B) terbesar dan terlengkap untuk industri hotel, restoran, dan kafe (HORECA) di Jawa Barat.

Pada BIFHEX 2024, ESB akan memamerkan berbagai solusi teknologi F&B terintegrasi yang sudah digunakan oleh lebih dari 20.000 merchant di Indonesia dan Asia Tenggara. Salah satu inovasi unggulan mereka adalah sistem POS (Point of Sales) dan ERP (Enterprise Resources Planning) yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih serta teknologi AI (Artificial Intelligence). Teknologi ini mampu memberikan rekomendasi yang dapat meningkatkan profit bisnis hingga 40% dengan tingkat akurasi mencapai 90%.

Sebagai ahli di industri F&B, ESB memperkenalkan teknologi AI yang dirancang khusus untuk bisnis kuliner. Hingga kini, belum ada teknologi AI serupa di dunia, baik dari segi layanan maupun pengalaman pengguna, terutama di industri F&B.

Teknologi AI ini membantu pengusaha kuliner dalam meningkatkan profit dengan menyediakan rekomendasi menu dan promosi yang paling efektif, sehingga pemilik bisnis tidak perlu lagi menggunakan jasa analis data, akuntan, auditor, atau konsultan bisnis. Dengan demikian, para pebisnis bisa menghemat biaya operasional hingga ratusan juta hingga milyaran rupiah per tahun. Teknologi AI ini tersedia dalam aplikasi OLIN yang dapat diunduh melalui Google Play dan App Store.

OLIN, teknologi AI khusus bisnis kuliner, dirancang dengan empat nilai utama:

Security: Keamanan dan kerahasiaan data dijamin karena seluruh data dikumpulkan dan diolah di dalam server ESB.
Accuracy: Data diproses setiap hari dengan detail dan akurat, serta menyajikan laporan yang lengkap.
Reliability: OLIN mengolah data secara realtime dari transaksi harian setiap brand sehingga rekomendasi yang diberikan bersifat spesifik dan telah teruji selama dua tahun di beberapa merchant ESB.
Convenience: Dengan user experience yang simpel, OLIN memastikan data terolah otomatis dan penyajian rekomendasi praktis.
Gunawan, CEO sekaligus Co-Founder ESB, mengatakan, “Dengan perkembangan digital, pebisnis F&B menghadapi berbagai tantangan untuk mengelola bisnis lebih baik dan meningkatkan penjualan.”

ESB telah digunakan oleh banyak merchant, terutama bisnis skala menengah ke atas. Ke depan, produk ESB termasuk OLIN diharapkan dapat membantu lebih banyak pemilik UMKM kuliner di seluruh Indonesia.

Richard Theodore, Co-Founder/CEO Sambal Bakar Indonesia, yang dikenal sebagai Raja F&B sekaligus konten kreator dan influencer bisnis yang berhasil memperluas 22 gerai dalam dua tahun, berpendapat, “Brand yang menggunakan ESB adalah brand-brand besar seperti Boga Group, ISMAYA Group, Mie Gacoan, dan Sambal Bakar. Jika brand Anda belum sebesar mereka, ikuti saja mereka menggunakan ESB. ESB adalah ahli bisnis kuliner, aplikasi nomor satu yang bisa membantu pebisnis kuliner dan AI pertama di Indonesia hanya dari ESB.”

Ayu, pemilik Temuku Cafe, mengatakan, “AI memiliki banyak keunggulan, datanya 90% akurat, banyak fitur yang bisa saya gunakan di usaha saya.”

Johan, pemilik Ayam Panggang Mbah Mo, menambahkan, “AI juga memberikan rekomendasi dan bisa membaca ringkasan dari data yang sudah diinput serta memberikan rekomendasi menu yang perlu dioptimalkan.”

Promo Diskon hingga 80% untuk Berbagai Produk ESB di BIFHEX 2024

Selama pameran BIFHEX, ESB menawarkan promo menarik seperti GRATIS SISTEM POS seumur hidup, gratis OLIN, serta promo bundling hardware dan software dengan diskon hingga 80%.

Fitriana Dyah, Chief Marketing Officer ESB, berharap, “OLIN dapat membantu pebisnis F&B mencapai omzet yang lebih tinggi. Kami menargetkan setidaknya 80% pengguna ESB saat ini dapat menggunakan OLIN sebagai asisten bisnis mereka.”

Informasi lebih lengkap mengenai OLIN dapat ditemukan di event BIFHEX 2024 pada 23–26 Mei 2024. Ada berbagai penawaran terbatas untuk semua produk ESB seperti gratis sistem POS seumur hidup, loyalty program, dan penggunaan OLIN dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Promosi diskon hingga 80% juga tersedia, menghemat hingga puluhan juta rupiah. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Tim Sales atau layanan Call Center ESB.

Tentang PT Esensi Solusi Buana

PT Esensi Solusi Buana (ESB) adalah spesialis sistem operasional terintegrasi untuk bisnis kuliner dengan produk utama berupa software kasir dan ERP terintegrasi yang dirancang khusus untuk bisnis F&B seperti restoran, kafe, coffee shop, foodcourt, cloud kitchen, hotel F&B, dan lainnya. Produk ESB mencakup sistem POS, ERP, kitchen display, queue display, kiosk, sistem pemesanan online, loyalty program, supply chain, dan business intelligent yang terintegrasi dalam satu ekosistem lengkap.

ESB telah digunakan oleh lebih dari 20 ribu outlet sejak 2018 dan terus bertambah. Beberapa brand ternama yang menggunakan produk ESB antara lain, BOGA Group, Ismaya Group, KFC, Starbucks, Wingstop, Sambal Bakar Indonesia, Mie Gacoan, serta ribuan UMKM kuliner di Indonesia seperti Relung Kopi, Ramu Nostalgia, Burindo, Esque, Munim, dan lain-lain.

Website: https://www.esb.id
Founder LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/gunawan-woen-5a97271a1?original_referer
Company LinkedIn: https://www.linkedin.com/company/pt-esensi-solusi-buana-esb/mycompany/
Social media: https://www.instagram.com/esb.id/?hl=en

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES