Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan

  • Bagikan
bukalapak.com

Sebelum kita membahas manfaat gerakan sholat untuk kesehatan, mari kita bahas sedikit tentang sholat/shalat, Kita semua tentu tahu bahwa sholat/shalat/salat/solat merupakan sebuah ibadah kepada Allah SWT yang berupa perkataan dan perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Sholat merupakan tiang agama dan menjadi amalan utama di akhirat kelak. dan yang menarik ternyata, setiap gerakannya punya manfaat gerakan sholat bagi kesehatan fisik dan mental yang luar biasa bahkan keseimbangan spiritual dan emosional. Berikut ini manfaat gerakan sholat beserta gambarnya untuk kesehatan.

Takbiratul Ihram

manfaat gerakan sholat untuk kesehatan
takbiratul ihram

Sebagaimana diketahui bahwa takbiratul ihram adalah ucapan pertama yang dilakukan saat melakukan sholat. Gerakan ini dilakukan dengan cara mengangkat kedua tangan sampai posisi tangan sejajar dengan bahu atau daun telinga.

Takbiratul ihram merupakan rukun qauli (rukun yang berupa ucapan) yang dengannya seseorang telah masuk dalam rangkaian ibadah sholat dan diharamkan melakukan apapun yang bisa membatalkannya.

Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan di takbiratul ihram ini, dapat memperlancar aliran darah dan getah bening dalam tubuh. Selain itu, juga dapat memperkuat otot bagian tangan, dikarenakan gerakan mengangkat tangan yang dapat meregangkan otot bagian tangan.

Baca Juga : Menurut Penelitian Shalat Tahajud Dapat Mempekuat Sistem Imun Tubuh


Berdiri

manfaat gerakan sholat untuk kesehatan
berdiri

Setelah gerakan sholat takbiratul ihram maka selanjutnya akan disusul oleh gerakan kedua tangan yang dilipat di depan dada dan berdiri selama beberapa waktu. Pada saat berdiri, telapak kaki akan menjadi tumpuan berat badan. Berat badan yang bertumpu di telapak kaki bisa merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki.

Hal ini sangat baik untuk kesehatan organ dalam tubuh. Tak hanya itu, ini juga bisa membuat kompaksitas susunan tulang-tulang penyangga tubuh menjadi rata. Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan pada saat berdiri ini bisa menurunkan risiko terjadinya patah tulang dengan mudah. Pada beberapa kasus, patah tulang bisa terjadi karena hal-hal sepel seperti tersangkut tali, tergelincir, turun tangga, dan lainnya.

Selain itu, manfaat gerakan berdiri dalam sholat juga bisa melatih postur tubuh yang tegap dan lurus. Ini bisa berdampak positif terhadap bentuk dan kondisi tulang tubuh agar tampak lebih indah. Posisi kaki yang terbuka selebar jarak antara kedua bahu dengan tumit mengarah ke luar bisa mencegah terjadinya kesleo atau kaki terkilir.

Rukuk

manfaat gerakan sholat untuk kesehatan
ruku

Gerakan selanjutnya yaitu rukuk. Rukuk dilakukan dengan sempurna, tulang bekalang harus diluruskan sehingga jika diletakkan segelas air di atasnya air tersebut tak akan tumpah. Dan posisi kepala pun harus lurus dengan tulang belakang.

Manfaat yang didapatkan dari rukuk dengan posisi yang sempurna dapat menjaga fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung yang sejajar dengan otak akan memaksimalkan aliran darah dalam tubuh bagian tengah.

Tangan yang bertumpu pada lutut bermanfaat untuk merelaksasi bagian otot-otot bahu hingga ke bawah. Tak hanya itu, rukuk juga dapat dijadikan sebagai latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’tidal

Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan
itidal

Apabila rukuk telah selesai, maka selanjutnya kita berdiri atau i’tidal dengan mengangkat ke dua tangan sejajar dengan bahu atau telinga. Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan yang satu ini adalah gabungan antara manfaat gerakan takbiratul ihram dan gerakan berdiri di dalam sholat . Hal ini dikarenakan posisi i’tidal yang sama seperti takbiratul ihram dan berdiri sejenak.

Sujud

manfaat gerakan shalat untuk kesehatan
sujud

Gerakan sujud merupakan simbol dari pengakuan bahwa manusia hanyalah seorang hamba Allah dan menunjukkan tunduknya seorang hamba pada pencipta-Nya, yaitu Allah subhanahu wa ta’ala. Sujud dilakukan dengan posisi menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi menempel pada lantai.

Dengan melakukan sujud secara hikmat, maka aliran getah bening akan memompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen dapat mengalir secara maksimal ke dalam otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang.

Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk Diantara Dua Sujud dan Duduk Tahiyatul Awal

manfaat gerakan shalat untuk kesehatan
duduk diantara dua sujud
manfaat gerakan shalat untuk kesehatan
duduk diantara dua sujud
manfaat gerakan shalat untuk kesehatan
duduk diantara dua sujud

Posisi duduk tahiyatul awal dan duduk diantara dua sujud ini memiliki posisi yang sama, dimana manfaat dari gerakan shalat tersebut ialah dapat menghilangkan rasa nyeri pada bagian pangkal paha yang menjadikan seseorang itu akan susah untuk berjalan.

Duduk Tahiyatul Akhir

tahiyatul akhir

 

Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan selanjutnya yaitu, duduk tahiyatul akhir. Dimana posisi duduk tahiyat akhir ini posisi kaki sebelah kiri berada di bawah kaki kanan. Pada posisi tahiyat akhir sangat baik untuk menekan bagian kandung kemih, saluran vas deferens, kelenjar kelaim pira, serta dapat mencegah terkenanya penyakit impotensi jika kita melakukannya dengan benar.

Salam

salam

Salam adalah gerakan sholat yang terakhir dilakukan. Gerakan salam dilakukan dengan cara menoleh ke arah kanan dan kiri sambil melihat bahu pada sisi tersebut. Indikasi gerakan salam yang benar adalah membuat pipi bisa dilihat oleh orang yang sedang berada di belakang kamu.

Jadi, gerakan sujud tidak boleh asal menoleh saja, ya. Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan yang terakhir ini berkaitan dengan bagian leher. Perlu diketahui, bahwa di dalam leher terdapat banyak bagian tubuh yang vital seperti syaraf, kelenjar, pembuluh darah, otot-otot, tulang, dan lainnya. Gerakan salam bisa menjaga bagian-bagian vital tersebut.

Selain itu, gerakan salam memiliki manfaat untuk membuat leher menjadi lebih lentur. Manfaat gerakan salam juga bisa menguatkan otot-otot dan seluruh bagian leher. Hal ini bisa menurunkan risiko terjadinya penjepitan saraf di leher yang terkait kejadian kepala ‘tengleng’ dan mata juling.

Baca Juga: Ternyata Ini, Manfaat Tidur Menghadap Kanan?

Demikian penjelasan mengenai manfaat gerakan sholat 5 waktu untuk kesehatan tubuh. Selain menambah keimanan, sholat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, gerakan sholat ini harus dilakukan dengan baik dan benar agar bermanfaat, tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan cepat. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
seruni.id