7 Ibadah dan Amalan yang Pahalanya Akan Dilipatgandakan Selama Ramadan

doaharian.id

Seruni.id – Ramadan tidak hanya dikenal sebagai bulan pengampunan dosa saja, tetapi Allah telah menyiapkan bonus yang begitu istimewa. Perbuatan baik yang kita lakukan selama bulan Ramadan ini, pahalanya akan dilipatgandakan, loh, tetapi jika kita harus ikhlas menjalankannya.

Hasil gambar untuk amalan yang pahalanya akan dilipatgandakan
liputan6.com

Apalagi, selama bulan suci ini, terdapat malam paling istimewa yang dikenal dengan ‘malam seribu bulan’ atau Lailatul Qadar. Artinya, pahalanya setara dengan ibadah seribu bulan. Lalu, ibadah dan amalan apa saja yang bisa dijalankan dan pahalanya akan dilipatgandakan selama bulan puasa ini? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Puasa

Hasil gambar untuk Puasa
islampos.com

Tak hanya salat lima waktu saja yang wajib kita jalankan, ibadah paling utama dan hukumnya wajib pada bulan Ramadan ini, adalah berpuasa. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang berpuasa Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan diri dari segala godaan. Kita juga harus menjaga diri dari perbuatan maksiat. Ketika berpuasa, pahala dari amalan ibadah yang menyertainya otomatis akan dilipatgandakan.

2. Bersedekah

Hasil gambar untuk bersedekah
fimela.com

Sedekah, merupakan salah satu bagian dari amal jariyah yang pahalanya akan mengalir terus-menerus sampai kita meninggal dunia. Namun, apapun yang kita sedekahkan, harus diniatkan karena Allah Ta’ala, ya, bukan karena ada maksud tertentu. Nabi Muhammad selalu menganjurkan kita bersedekah, terutama pada saat bulan Ramadan seperti saat ini. Rasulullah bersabda,

“Barang siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Ahmad).

Selain itu, sedekah akan bermanfaat untuk menghapuskan dosa-dosa kita, loh. Jika hidup ini diibaratkan seperti kertas putih, maka tinta hitamlah seolah yang menjadi dosa kita, tentu tinta tersebut akan mengotori dan merusak kertas putih itu. Jadi, sedekahlah yang bisa menghapusnya. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Namun, dosa yang dapat dihapuskan dengan cara bersedekah adalah dosa-dosa kecil. Sedangkan, dosa besar diperlukan pertaubatan kepada Allah Ta’ala.

3. Membaca Alquran

Hasil gambar untuk Membaca Alquran
wajibbaca,com

Membaca Alquran menjadi salah satu amalan yang nilai pahalanya akan dilipatgandakan. Jadi, sayang sekali jika kita melewatkan kesempatan emas yang satu ini. Umpamanya, meski hanya satu huruf, membacanya akan mendapat pahala yang berlipat. Istimewanya, Alquran diturunkan saat bulan Ramadan. Kesadaran membaca Alquran terlihat jelas pada salah satu firman Allah SWT,

“Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu, serta pembeda antara yang hak dan batil.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Jadi, semakin banyak membaca ayat-ayat suci Alquran, maka semakin mudah pula rezeki yang akan diperolah. Tak hanya itu, Allah juga akan mempermudah urusan kita di dunia pun akhirat. Membaca Alquran juga akan membuat hati serta pikiran menjadi tenang.

4. Salat Malam

Hasil gambar untuk Shalat Malam
google.com

Kita dianjurkan untuk melakukan salat sunnah di bulan Ramadan. Terutama salat malam, yang diantaranya ialah salat tarawih, salat witir dan salat tahajud. Keutamaan salat tahajud pada bulan Ramadan, telah dijelaskan dalam hadis berikut ini,

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menfardhu-kan puasa Ramadhan dan aku telah men-sunnah-kan bagimu shalat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat sunnah di malam harinya kareka iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Makan Sahur dan Menyegerakan Berbuka

Hasil gambar untuk Makan Sahur dan Menyegerakan Berbuka
liputan6.com

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan ketika melakukan makan sahur. Selain akan membuat tubuh menjadi lebih kuat, dalam hal kesehatan, makan sahur akan menghindarkan kita dari diabetes serta meningkatkan kekebalan tubuh, loh. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Lakukanlah santap sahur, karena dalam santap sahur terdapat keberkahan.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Selain itu, pahala yang akan dilipatgandkan saat bulan Ramadan adalah, menyegerakan untuk berbuka. Rasulullah bersabda,

“Senantiasa manusia dalam keadaan baik selama meraka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari).

6. I’tikaf

Gambar terkait
kumparan.com

I’tikaf atau berdiam diri di masjid untuk memperbanyak ibadah yang dilakukan pada sepuluh hari terakhir Ramadan, merupakan salah satu ibadah yang pahalanya akan dilipatgandakan. Dalam hadits muttafaqun ‘alaihdisebutkan, “Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beri’tikaf di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari, no. 2025; Muslim, no. 1171).

Menganai aturan i’tikaf ini, disebutkan dalam Alquran. “(Tetapi) janganlah kamu campuri mereka sedang kamu beri’tikaf dalam masjid“(QS. Al-Baqarah: 187).

7. Umroh

Hasil gambar untuk Umroh
diskartes.com

Amalan lain yang bisa dilakukan bagi yang mampu yakni melaksanakan umroh selama Ramadan. Rasulullah bersabda:

“Umroh pada bulan Ramadan sama pahalanya seperti melakukan haji.”

Ibadah ini sangat besar pahalanya jika dilakukan pada bulan puasa, sehingga disejajarkan dengan ibadah haji. Meski begitu, ibadah umroh tidak bisa serta merta menggantikan ibadah haji.

Demikianlah amalan yang pahalanya akan dilipatgandakan. Sudah seharusnya kita melaksanakannya untuk mendapatkan pahala yang berlimpah ruah. Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.