Agar Lebih Aman, Simak 6 Tips Memilih Jasa Ekspedisi

Agar Lebih Aman, Simak 6 Tips Memilih Jasa Ekspedisi
w3cargo.com

Seruni.id – Seiring meningkatnya e-commerce atau pasar online di Indonesia, jasa ekspedisi barang pun kian menjamur. Kehadihannya semakin mempermudah kita untuk mengirim barang ke tempat yang mungkin tidak bisa kita jangkau.

Agar Lebih Aman, Simak 6 Tips Memilih Jasa Ekspedisi
kirimustoindo.com

Meningkatknya jumlah e-commerce pun tak lepas dari banyaknya masyarakat yang beralih untuk belanja secara online. Terlebih di masa pandemi ini. Bagi kamu yang saat ini sedang menjalani bisnis online, penting sekali menyimak beberapa tips ini sebelum memilih jasa ekspedisi. Apa saja tipsnya?

1. Pengiriman yang Tepat Waktu

Ketepatan waktu menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Sebab, waktu pengantaran yang cepat akan sangat berpengaruh dalam kemajuan olshop serta kepercayaan konsumenmu. Selain tepat waktu, tentu saja keamanan barang harus diperhatikan, agar sampai di tangan konsumen dalam keadaan baik. Termasuk untuk mengantarkan barang ke wilayah yang cukup jauh. Sebaiknya pilihlah jasa ekspedisi yang bisa mengantarkan barang dalam waktu epat. Maklum, untuk wilayah yang cukup jauh, biasanya akan membutuhkan waktu berhari-hari.

2. Standar Ongkos Kirim yang Jelas

Selanjutnya harga juga harus dijadikan sebagai pertimbangan, utnuk dapat menemukan jasa pengiriman yang terbaik. Tapi tenang saja, kini sudah banyak perusahaan ekspedisi yang menawarkan beragam tarif dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Namun, apakah harga murah tersebut sebanding dengan pelayanannya? Nah, di sinilah kamu harus bijak dalam menentukan. Pastikan jasa pengiriman tersebut memiliki ongkir yang jelas dan terpercaya. Umumnya, penyedia jasa yang profesional akan memberikan informasi detail biaya pengiriman langsung melalui website. Hal ini tentunya menjadi nilai tambahan, karena sangat membantu kamu untuk menghitung ongkos kirim dari rumah, tanpa perlu mendatangi kantor atau gerainya.

3. Jenis Layanan yang Bervariasi

Konsumenmu tentunya bukan hanya datang dari Indonesia saja, kan? Banyak pula mereka yang tinggal di negara luar. Jadi, pastikan kamu memilih jasa ekspedisi yang memiliki layanan bervariasi. Mulai dari darat, laut, dan udara. Layanan ini akan mempermudah pengiriman barang, apalagi ketika terjadi suatu gangguan. Misalnya, jika pengiriman menggunakan jalur laut dan terkendala karena cuaca buruk, sehingga pengiriman tertunda. Namun, dengan adanya jenis layanan yang bervariasi, sangat mungkin pengiriman dilakukan dengan moda transportasi lain.

4. Keamanan Pengemasan

Ini juga perlu dijadikan pertimbangan ketika memilih jasa ekspedisi. Masalah pengemasan ini untuk menghindari kerusakan barang saat pengantaran hingga sampai tempat tujuan. Yang pasti, pilihlah perusahaan yang bisa menjamin keamanan barang yang akan dikirim.

5. Menyediakan Fitur Tracking

Seiring berkembangnya teknologi, membuat pengiriman barang menjadi semakin mudah dan efektif. Apalagi, jika perusahaan pengiriman barang menyediakan fitur tracking, yang berfungsi untuk melacak barang dengan nomor resi yang tersedia. Dengan fitur ini, kamu akan semakin yakin bahwa barang benar-benar telah dikirim dan mengetahui di mana posisinya. Cara melacaknya sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan nomor resi pengiriman ke menu pelacakan yang tertera di website. Kemudian kamu bisa memantau keberadaan paket secara detail.

6. Layanan Gratis Penjemputan

Sebagian dari kita mungkin menyukai hal-hal yang gratis, bukan? Saat ini sudah banyak perusahaan ekspedisi yang memberikan layanan gratis penjemputan barang untuk mendapatkan biaya pengiriman terbaik. Jadi, pilihlah ekspedisi yang menyediakan fasilitas penjemputan gratis ke alamat asal tanpa dipungut biaya. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan apakah perusahaan jasa ekspedisi tersebut memberikan asuransi barang penuh dengan nilai di bawah Rp 50 juta. Tentu saja, pebisnis akan merasa lebih aman apabila ada jaminan ini.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Online Shop yang Menjual Hijab Voal Paling Diburu Hijabers

Itulah enam poin penting yang harus kamu pahami ketika memilih jasa ekspedisi. Demi kelancaran usahamu, pastikan kamu memilih jalur pengiriman ekspedisi yang paling menguntungkan, baik dari segi ongkir, kualitas, maupun estiamsi.