7 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Jamur Kulit

7 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Jamur Kulit
doktersehat.com

Seruni.id – Meski infeksi jamur kulit bukanlah menyakit yang mematikan, tapi rasa gatal yang ditimbulkan terkadang bisa mengusik rasa nyaman kita. Tak ada salahnya untuk mencari obat jamur kuit yang dirasa paling ampuh untuk mengatasi masalah ini.

7 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Jamur Kulit
orami.parenting.com

Infeksi jamur memiliki jenis yang beragam, namun dengan rasa gatal yang sama. Gatal akibat jamur memiliki ciri khas tersendiri, yaitu central healing dengan karakteristik berbentuk bulat, kemerahan di bagian tepi, dan pada bagian tengah tampak tenang. Tapi tenang saja, ada banyak pilihan bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai obat untuk mengatasi jamur kulit. Berikut ulasannya:

1. Kunyit

Kunyit sudah lama dikenal sebagai bahan alami anti radang, anti jamur, dan anti bakteri. Semua manfaat tersebut diperoleh dari kandungan senyawa kurkumin di dalamnya. Penggunaan kunyit sebagai obat jamur kulit sangat mudah sekali, yaitu kamu perlu menghaluskan kunyit sampai berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada kulit dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, barulah bilas sampai bersih.

2. Cuka Apel

Sudah sejak lama, sari cuka apel telah digunakan di dapur untuk keperluan rumah tangga, sebagai pembersihan dan pengobatan kaki yang lelah, saki, bau, hingga dapat mengatasi jamur kulit. Sari cuka apel mengandung senyawa asam malat yang berguna sebagai anti bakteri serta mampu melawan infeksi jamur. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan air hangat, lalu rendam bagian yang terdapat jamur. Agar hasil lebih maksimal, ulangi cara ini sebanyak tiga kali.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung antiseptik, anti jamur, anti bakteri, serta anti virus. Selain digunakan untuk kecantikan atau olahan minuman, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jamur kulit alami. Penggunaannya sangat mudah dan tidak membahayakan. Hal ini karena lidah buaya akan menghasilkan sensasi dingin pada kulit. Cara menggunakannya cukup simpel, yakni kamu bisa langsung mengoleskan potongan gel lidah buaya pada kulit yang terserang jamur.

4. Minyak Kelapa

Obat jamur dari bahan alami berikutnya yaitu minyak kelapa. Sejumlah penelitian menyebutkan, bahwa minyak kelapa mampu mengobati infeksi kulit ringan hingga sedang yang disebabkan oleh serangan jamur kulit hingga jamur kuku. Penggunaan minyak kelapa untuk mengatasi masalah kulit ini salah mudah, pertama kamu harus menghangatkan minyak tersebut dan kemudian mengoleskannya pada area kulit yang terinfeksi.

5. Minyak Oregano

Selain minyak kelapa, kamu juga bisa memanfaatkan minyak oregano untuk mengatasi jamur. Ini karena minyak oregano mengandung dua anti jamur kuat yang disebut timol dan carvacrol. Melansir dari laman popmama, minyak oregano bisa kamu gunakan untuk kondisi kulit lainnya, seperti jerawat, kutu air, kurap, rosacea, dan soriasis. Minyak oregano juga digunakan secara topikal sebagai pengusir bekas gigitan serangga. Kamu bisa menghilangkan jamur kulitnya mengaplikasikan minyak oregano dengan mengoleskannya ke area yang terkena jamur. Gunakan hingga tiga kali sehari.

6. Bawang Putih

Seperti yang kita tahu, bawang putih dengan aromanya yang khas kerap digunakan sebagai bumbu untuk masakan. Ternyata selain itu, bawang putih juga bisa kamu manfaatkan sebagai obat jamur kulit, loh. Caranya dengan memotong bawang menjadi dua bagian, kemudian kamu bisa langsung mengoleskannya pada area kulit yang terinfeksi. Agar proses penyembuhannya berjalan dengan cepat, maka kamu harus menggunakannya secara rutin.

7. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau lebih dikenal dengan tea tree oil, memiliki kandungan anti jamur dan anti bakteri yang bisa kamu manfaatkan sebagai obat pembasmi jamur pada kulit. Ada beberapa cara pengobatan jamur kulit menggunakan minyak pohon teh yang bisa dicoba. Salah satunya yaitu dengan mengoleskannya langsung menggunakan kapas ke area kulit yang terinfeksi jamur.

Baca Juga: 5 Benda yang Bisa Mencegah Kanker Kulit

Meski kamu sudah mengetahui bahan-bahan alami yang bisa mengatasi jamur, kamu tetap harus menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, ya. Selain itu, jangan lupa kenakan pakaian yang menyerap keringat, agar tidak mudah terinfeksi jamur. Semoga bermanfaat.