5 Jenis Minuman yang Bisa Kembalikan Mood Jadi Lebih Baik

5 Jenis Minuman yang Bisa Kembalikan Mood Jadi Lebih Baik
hellosehat.com

Seruni.id – Kalau kamu sedang bad mood, coba deh konsumsi jenis minuman yang bisa kembalikan mood yang akan Seruni ulas berikut ini.

Jangan biarkan bad mood merusak hari-harimu dan jangan sampai hanya karena mood-mu yang sedang tidak baik-baik saja, bisa merusak hubunganmu dengan orang lain. Pasalnya, tidak sedikit orang ketika bad mood melanda semua yang ada di sekelilingnya terkena imbasnya.

Oleh karena itu, beberapa orang biasanya membutuhkan mood booster ketika mereka mulai merasakan perasaan yang buruk. Selain melakukan aktivitas yang menyenangkan, kamu juga bisa mengonsumsi jenis minuman yang bisa kembalikan mood jadi lebih baik seperti berikut ini:

 

1. Produk Olahan Susu

5 Jenis Minuman yang Bisa Kembalikan Mood Jadi Lebih Baik
liputan6.com

Produk olahan susu tidak hanya sehat, tapi juga bermanfaat untuk mengembalikan mood-mu yang kacau menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan produk olahan susu seperti keju, yogurt, dan lainnya adalah sumber utama dari asam amino triptofan dan tirosin yang memicu meningkatnya hormon serotonin dan dopamin yang bisa mempengaruhi suasana hatimu. Pengubahan triptofan menjadi serotonin sendiri didukung oleh adanya karbohidrat alami dalam makanan olahan susu tersebut.

 

2. Kopi

5 Jenis Minuman yang Bisa Kembalikan Mood Jadi Lebih Baik
astonauts.id

Siapa bilang kopi hanya bisa diminum saat rasa kantuk melanda? Rupanya kopi menjadi salah satu jenis minuman yang bisa kembalikan mood menjadi lebih baik, loh. Hal ini diperoleh dari kandungan kafein di dalamnya. Dimana kafein mampu meningkatkan jumlah dopamin di otak, tetapi bukan dengan cara meningkatkan produksi, melainkan dnegan memperlambat laju dopamin yang meninggalkan otak atau terserap kembali ke dalam tubuh. Jadi, kopi tidak hanya dapat menambahkan energi dan tingkat produktivitas seseorang, tetapi juga membuat suasana hati mereka menjadi lebih baik.

 

3. Jus Sayuran Hijau

5 Jenis Minuman yang Bisa Kembalikan Mood Jadi Lebih Baik
hipwee.com

Jenis minuman yang bisa kembalikan mood jadi lebih baik berikutnya adalah jus sayuran. Mengonsumsi sayuran dalam bentuk jus sama halnya seperti kamu meminum jus buah-buahan, yaitu untuk menjaga kesehatan. Sayuran berdaun hijau ini mengandung banyak serat dan vitamin yang diklaim mampu meningkatkan dopamin bagi pengonsumsinya.

Ada beragam jenis sayuran hijau yang bisa kamu jadikan sebagai jus. Di antaranya, selada, kol, bayam, kubis, brokoli, kangkung, dan lainnya. Kandungan folat yang ada di dalam sayuran hijau dapat membantu meminimalisir tingkat homosistein yang berkaitan dengan depresi dan mood yang buruk. Sehingga kamu perlu mengonsumsinya untuk mengatasi suasana hati yang sedang kacau.

 

4. Teh Hijau

5 Jenis Minuman yang Bisa Kembalikan Mood Jadi Lebih Baik
health.detik.com

Jenis minuman yang bisa kembalikan mood berikutnya adalah teh hijau. Di dalam teh hijau mengandung asam amino theanine yang dapat mempengaruhi sekresi serotonin yang merupakan hormon bahagia. Sama halnya seperti kopi, teh hijau kaya akan kafein, sehingga dapat meningkatkan energi dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Teh hijau juga bisa meningkatkan metaboliesme tubuh, loh.

 

5. Minuman Mengandung Stroberi

5 Jenis Minuman yang Bisa Kembalikan Mood Jadi Lebih Baik
idntimes.com

Selain menjadi sumber antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, stroberi juga merupakan jenis buah yang mampu meningkatkan produksi dopamin dan serotonin. Kandungan dalam stroberi dapat mencegah pembentukan homosistein dalam jumlah yang tidak sehat. Jumlah homosistein yang berlebihan ini akan mencegah kelenjar di tubuhmu untuk menghasilkan hormon bahagia, yakni dopamin dan serotonin.

Baca Juga: 7 Warna Pakaian yang Ampuh Menaikkan Mood

Jadi, itulah lima minuman yang bisa kembalikan mood menjadi lebih baik lagi. Di antara kelimanya, apakah ada minuman favoritmu?