Apa Saja Manfaat Kacamata Anti Radiasi?

Apa Saja Manfaat Kacamata Anti Radiasi?
klikdokter.com

Seruni.id – Ketika terlalu lama menatap layar gadget, sering kali mata terasa gatal, kering, hingga perih. Bisa jadi ini disebabkan karena pencahayaan radiasi dari gadget. Oleh sebab itu, kita sangat dianjurkan untuk menggunakan kacamata anti radiasi untuk melindungi mata agar kesehatannya tidak terganggu.

Apa Saja Manfaat Kacamata Anti Radiasi?
ngovee.com

Namun, apakah kegunaannya cukup efektif untuk melindungi mata? Agar kamu semakin yakin, ada baiknya simak dulu ulasan berikut ini.

1. Dapat Menghalau Radiasi

Manfaat utama penggunaan kacamata ini adalah untuk melindungi mata akibat pancaran radiasi yang berlebih. Terutama bagi kalian yang setiap harinya menghabiskan waktu di depan monitor. Dengan menggunakannya, maka akan meminimalisir risiko kerusakan pada mata. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu harus memilih kacamata dengan lapisan khusus yang mampu menghalau radiasi sinar ultraviolet sebesar 99-100 persen atau yang sudah diberi label 400 nm.

2. Mencegah Mata Kering

Gadget sering kali menyita pandangan kita, membuat kita jarang berkedip, hingga mata terasa kering. Dengan begitu, pelumas dari air mata tidak dapat bekerja secara maksimal. Namun, hal ini bisa diminimalisir dengan cara menggunakan kacamata anti radiasi. Pada kacamata jenis ini bisanya terdapat lensa Eyezen yang dapat menyaring sinar biru yang menyebabkan mata jarang berkedip.

3. Mencegah Mata Lelah

Silaunya cahaya gadget sering kali membuat mata terasa lelah. Namun, dengan menggunakan kacamata anti radiasi yang dilapisi dengan anti reflective (AR), mata akan terasa lebih rileks. Sebab, kacamata jenis ini mampu menghalau silau dengan mengurangi pantulan cahaya dari depan dan belakang kacamata.

4. Menyegarkan Penglihatan

Fungsi lain dari kacamata anti radiasi ini adalah adanya penetrasi dan penyerapan, apabila menggunakannya dengan rutin, maka dapat membuat mata kembali segar serta penglihatan menjadi lebih alami.

5. Bisa Digunakan untuk Jangka Lama

Di dalam kacamata anti radiasi, terdapat teknologo pelapisan vakum ion canggih, yang berfungsi untuk memblokir radiasi elektromagnetik. Oleh karena itu, penggunaannya tidak memiliki efek samping yang membahayakan, terlebih jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Apakah Ada Efek Sampingnya?

Bagi sebagian orang yang sering menghabiskan waktu di depan laptop atau gadget, menggunakan lensa dengan lapisan anti reflective dan blu light reduction dapat mengurangi radiasi dari layar ponsel atau laptop. Penggunaan kacamata, sangat dianjurkan bagi mereka yang kerap terpapar radiasi seperti yang sudah Seruni sebutkan.

Namun, hingga saat ini tidak ada efek samping yang membahayakan, sehingga aman untuk digunakan setiap hari. Justru penggunaannya sangat membantu untuk menjaga kesehatan matamu.

Tips Merawat Kacamata Anti Radiasi

Jika kamu sudah menggunakannya, jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik. Nah, berikut ini Seruni akan memberikan beberapa tipsnya.

  • Simpanlah di tempat bersih, kering, dan sebisa mungkin jauhkan dari barang-barang yang bisa merusak mata.
  • Untuk membersihkannya, gunakan dengan air dan kain non-serta. Hal ini akan membuatnya bebas dari noda.
  • Temui dokter setiap tahun untuk memeriksa perkembangannya. Pemeriksaan yang  rutin juga membantu menjaga mata agar tetap sehat.

Baca Juga: Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Cara Membedakan Kacamata Anti Radiasi Asli dan Palsu

Nah, itulah manfaat kacamata anti radiasi untuk kesehatan mata. Jika kamu sering beraktivitas di depan layar komputer, pastikan untuk menjaga kesehatan mata dengan menggunakan kacamata jenis ini. Selain itu, pilihlah ukuran yang tepat agar terhindar dari rasa tidak nyaman dan pusing. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.