Cara Mengajari Anak Perempuan untuk Berhijab Sejak Usia Dini

abiummi.com

Seruni.id – Menggunakan hijab dan menutup aurat adalah kewajiban bagi tiap muslimah. Agar seorang perempuan dapat terbiasa menutup aurat saat sudah dewasa, maka sejak kecil ia sudah harus dibiasakan oleh orang tua. Mengajari anak perempuan untuk berhijab akan sekaligus mengenalkannya pada agama dan menumbuhkan kesadaran agar mencintai Tuhan, mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Berikut ini ada beberapa cara mengajari anak perempuan untuk berhijab. Simak baik-baik ya, Moms.

Tips Mengajari Anak Perempuan untuk Berhijab

Related image
Manaberita.com

1. Sebelum mengajari anak perempuan untuk berhijab, alangkah lebih baiknya orangtua terutama ibu harus memulainya terlebih dahulu. Agar sang anak dapat mencontoh ibunya yang merupakan orang terdekat dikeluarganya. Mulailah dari ibu yang berhijab agar anaknya kelak menjadikannya sebagai panutan.

2. Membiasakan anak berhijab bisa dilakukan sejak kecil yaitu sejak anak masih bayi. Pakaikan hijab agar ia terbiasa dan tidak risih menggunakannya.

3. Seiring anak bertambah usia, tanamkan pemahaman bahwa berhijab adalah hal wajib bagi para muslimah.

4. Barengi pembelajaran hijab dan menutup aurat ini dengan mengajari anak membaca Al Quran serta nilai-nilai agama lainnya.

5. Yang tak kalah penting adalah tidak memaksakan anak untuk mengenakan hijab apabila memang anak merasa gerah. Ini karena anak-anak memang belum diwajibkan menutup aurat. Orangtua bisa memberikan pemahaman bahwa berhijab itu wajib saat sudah baligh, namun belum wajib dan bisa dilepas sewaktu-waktu saat masih kanak-kanak.

6. Mengajari anak perempuan untuk berhijab juga harus turut ditunjang dengan lingkungan yang mendukung. Menempatkan anak di sekolah Madrasah, misalnya, yang semua siswinya berhijab, akan mendorong akan agar lebih rajin menutup aurat karena melihat teman-teman dan guru-gurunya melakukan tindakan serupa.

Baca Juga: 6 Manfaat Mengenakan Hijab

Membiasakan anak berhijab memang harus sejak dini. Ini agar kebiasaan baik dan kesadaran dalam menutup aurat dapat terbawa hingga anak dewasa kelak. Jika sudah dibiasakan sejak dini, akan lebih mudah bagi seorang perempuan yang sudah baligh dalam menutup auratnya.

Hal ini akan turut membantu seorang muslimah agar istiqomah dalam menutup aurat. Peran orangtua sangat penting sebagai pendidikan pertama bagi anak-anak, terutama di bidang agama. Demikian adalah beberapa cara agar anak perempuan terbiasa berhijab. Semoga uraian di atas membawa manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.