10 Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

  • Bagikan
10 Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya
kekitaan.com

Seruni.id – Di artikel kali ini, Seruni ingin mengajak para pembaca untuk membahas mengenai teks diskusi. Namun, Seruni tidak hanya memberi pengertian saja, tapi juga contoh teks diskusi, struktur, unsur, dan jenisnya. Agar dapat memahami tentang contoh teks diskusi, mari simak ulasan ini sampai selesai, ya.

10 Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya
humanisfisipunhas.or.id

Pengertian Teks Diskusi

Sebelum membahas lebih jauh, apakah kamu sudah tahu apa itu teks diskusi? Teks diskusi adalah sebuah tulisan yang membahas mengenai sebuah masalah atau isu yang disertai dengan argumen. Baik argumen yang pro maupun kontra. Biasanya, teks diskusi akan diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.

Teks diskusi juga bisa diartikan sebagai salah satu kegiatan wicara. Di mana, dengan melakukan diskusi, kita akan memperluas pengetahuan serta memperoleh banyak pengaman. Diskusi sendiri merupakan kegiatan bertukar pikiran, gagasan, atau pendapat dengan dua orang atau lebih secara lisan.

 

Tujuan Teks Diskusi

Setelah mengetahui pengertian teks diskusi secara singkat, kamu juga mesti tahu mengenai tujuan dari teks tersebut. Adapun tujuan yang paling utama, adalah mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan pun pendapat. Diskusi yang melibatkan sejumlah orang disebut diskusi kelompok.

Di dalam diskusi tersebut, tentu dibutuhkan seoang pemimpin yang disebut sebagai ketua. Ketua tersebut, bertugas untuk membuka dan menutup jalannya diskusi, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan gagasan, menengasi anggota yang berdebat, serta menyimpulkan hasil diskusi.

 

Struktur Teks Diskusi

Struktur teks diskusi terdiri dari tiga unsur, di antaranya adalah:

Isu

Isu merupakan masalah utama yang nantinya akan dibahas di dalam diskusi. Ada banyak isu yang dapat dibahas. Sebab, hampir semua bidang dapat dijadikan sebagai isu, untuk kemudian didiskusikan bersama, dan mencari solusinya.

Argumentasi

Di dalam sebuah diskusi, argumen terbagi menjadi dua bagian. Ada yang mendukung dan ada pula yang menentang. Argumentasi yang mendukung, bentuknya semacam pendapat yang menyatakan dukungan terhadap isu yang dibahas, sedangkan yang menentang, yaitu membantah atas argumen pendukung tersebut.

Kesimpulan

Setelah mencari isu dan berargumentasi, kemudian diskusi akan diakhiri dengan kesimpulan. Di mana, isi dari kesimpulan tersebut merupakan kesepakatan, solusi, dan rekomendasi pembahasan agar masalah yang dibahas mendapatkan jalan keluar bagi yang mendukung maupun yang menentang.

 

Ciri-ciri Teks Diskusi

Adapun ciri-ciri dari teks diskusi yang wajib kita pahami adalah sebagai berikut:

  • Berisikan informasi yang sifatnya informatif-argumentatif.
  • Memiliki tiga unsur struktur yang terdiri dari isu, argumentasi, dan kesimpulan.
  • Ciri kebahasaan teks diskusi menggunakan kata hubunga perlawanan seperti; sedangkan, tetapi, dan sebagainya.

 

Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah:

  • Kongres
  • Lokakarya
  • Muktamar
  • Panel
  • Sarasehan
  • Seminar
  • Simposium

 

Contoh Teks Diskusi

10 Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya
yuksinau.id

Setelah membaca tentang pengertian, tujuan, struktur, ciri, serta jenis teks diskusi, apakah kamu sudah memahaminya? Kalau sudah, mari kita lanjut ke pembahasan berikutnya, yakni mengenai contoh teks diskusi. Adapun contohnya adalah:

 

1. Contoh Teksdiskusi Tentang Sampah

Isu

Membahas tentang sampah, sepertinya ini bukanlah masalah baru yang kita hadapi. Dari hari ke hari, jumlah sampah terus bertambah, sehingga sangat meresahkan dan memberikan dampak buruk pada lingkungan. Jumlah sampah yang kian menggunung, bukan saja menyebabkan banjir, tapi juga berdampak pada kesehatan.

Cara menanggulangi masalah sampah, dianggap penting dilakukan di berbagai daerah. Seperti yang dibahas sebelumnya, sampah bukan masalah baru, bahkan sudah diperdebatkan sejak dulu.

Argumen Mendukung

Mungkin sebagain orang menganggap, bahwa sampah adalah barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi, sehingga mereka akan membuang atau bahkan membakarnya. Namun, bagi mereka yang mencintai alam, cara tersebut bukanlah solusi terbaik. Sebab, membakar sampah justru menimbulkan masalah baru. Di mana, sampah yang dibakar akan menghasilkan polusi udara berua bau yang tidak sedap, hingga asap yang dihasilkan dari sisa pembakaran, akan membuat lapisan ozon semakin menipis.

Argumen Menentang

Orang yang mengaku cinta akan lingkungan, pasti mereka memiliki solusi lain yang lebih tepat. Misalnya dengan melakukan dekomposting dan mendaur ulang sampah. Contohnya, seperti sampah organik, bisa dijadikan sebagai pupuk kompos melalui proses dekomposting. Sementara sampah non-organik yang memang tidak bisa mengalami pembusukan, bisa dilakukan daur ulang.

Kesimpulan

Sebenarnya, jika kita bisa memanfaatkan sampah dengan baik, maka bukan tidak mungkin akan menjadi hal yang bernilai. Pengolahan dan penanganan sampah yang ramah lingkungan, merupakan cara paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang ada.

 

2. Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Isu

Pembahasan tentang pendidikan di Indonesia, menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Mayoritas dari kita pasti tahu, wilayah di Indonesia terbagai menjadi banyak pulau. Tentu saja hal ini berpengaruh terhadap tingkat SDM masing-masing penduduknya. Sebagian menganggap pendidikan di Indonesia sudah baik, tapi ada pula yang menilai bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih kalah pesat dengan negara lain.

Argumentasi Mendukung

Bagi mereka yang menganggap pendidikan di Indonesia sudah baik, hal ini memang bisa dibuktikan. Kita bisa melihat daerah Jakarta dan sekitarnya, sudah banyak sekolah-sekolah bermutu tinggi, mulai dari tingkat PAUD hingga Universitas. Di sana, banyak orang-orang cerdas dan berprestasi. Benar, semua kondisi ini memang nyata adanya. Namun, itu baru di Jakarta dan sekitarnya, belum termasuk daerah-daerah lainnya.

Arumentasi Menentang

Sebagian orang mengatakan tidak setuju dengan pendidikan di Indonesia, yang katanya sudah maju dan berkualitas. Pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata layak. Dari kacamata yang mereka lihat, tak sedikit anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan layak. Mereka, adalah anak-anak yang datang dari keluarga miskin. Jangankan untuk sekolah, untuk makan sehari-hari pun mereka kesulitan.

Kesimpulan

Kedua pendapat memang benar adanya. Pendidikan di Indonesia, masih jauh dari kata layak dan masih belum merata. Kualitas terbaiknya hanya ada di kota besar saja, tapi bagi mereka yang ‘bawah’, rasanya masih harus diberi jempol terbalik. Ini harus menjadi konsen pemerintah, agar pendidikan layak dapat dirasakan secara merata di seluruh penjuru Indonesia.

 

3. Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan: Pro dan Kontra Minum Kopi

Isu

Salah satu yang sering kali dijadikan perdebatan adalah tentang dampak minum kopi terhadap kesehatan. Di mana, ada studi yang menyebutkan, bahwa minum kopi secara rutin dapat memberikan dampak positif. Sementara studi lainnya, justru mengatakan sebaliknya.

Argumen Mendukung

Minum kopi secara berlebihan dalam jumlah besar, memang akan membuka peluang bagi seseorang menderita kanker. Apalagi, sudah ada penelitian yang membuktikan tentang hal tersebut.

Argumen Menentang

Di balik dampak negatif mengonsumsi kopi, sejumlah studi menemukan dampak positif minum kopi terhadap kesehatan. Studi tersebut mengatakan, bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kanker kulit, hati, dan uterus.

Kesimpulan

Berdasarkan kebijakan Kesehatan Stanford University, hasil dari studi tersebut sebaiknya tidak ditelan begitu saja. Sebab, untuk benar-benar mengetahui apakah kopi memberikan dampak positif atau negatif, peneliti harus melakukan uji eksperimen yang sangat terkontrol.

 

4. Contoh Teks Diskusi Tentang Bajir

Isu

Di sejumlah wilayah di Indonesia, banjir sudah menjadi ‘tamu’ rutin di saat musim pernghujan datang. Ironisnya, hingga kini, masalah tersebut belum juga dapat teratasi sepenuhnya. Mayoritas berpendapat, bahwa banjir disebabkan oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, membuang sampah sembarangan, kebiasaan buruk inilah yang kemudian menyebabkan banjir datang.

Argumen Mendukung

Sampah dan banjir, keduanya sangat berkaitan. Di mana, sampah dapat menyumbat aliran sungai sehingga air hujan tidak dapat ditampung secara optimal. Alhasil, air akan meluap ke pemukiman penduduk. Semua orang, tentu sudah paham dengan teori ini. Meski semua orang meng-iya-kan, tapi nyatanya sampah tetap ada di aliran sungai.

Argumen Menentang

Banjir tidak selalu disebabkan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai. Faktor utama penyebab banjur adalah dataran rendah. Padahal, hampir sebagian besar wilayah Indonesia merupakan dataran rendah dan dekat dengan wilayah pantai.

Kesimpulan

Dari contoh teks diskusi di atas, dapat kita tarik kesimpulan, bahwa faktor utama mengapa banjir sulit diatasi adalah karena datarannya rendah. Coba tunjukkan, kira-kira siapa yang mampu menyulap sebuah wilayah dataran rendah menjadi tinggi? Kalau pun bisa, mungkin itu hanya sebatas wilayah unutk hunian komersial seperti apartemen, mall, hotel, bukan untuk rumah penduduk.

 

5. Contoh Teks Diskusi Tentang Narkoba

Isu

Masyarakat tentu sudah mengetahui mengenai bahaya buruk yang diakibatkan dari mengonsumsi narkoba. Namun, hingga detik ini, masih banyak ditemukan penyalahgunaan narkoba. Narkoba adalah nartkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberikan efek candu terhadap pengomsumsinya. Selain itu, juga dapat memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh jika dikonsumsi terus-menerus dalam dosis banyak.

Argumen Mendukung

Sudah banyak bukti terkait bahaya pengguaan narkoba, di antaranya:

  • Kesehatan jantung terganggu
  • Gangguan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningkat
  • Otak mengalami kerusakan
  • Gangguan pada fungsi paru-paru
  • Gangguan fungsi reproduksi
  • Nafsu makan menurun, hingga penurunan berat badan
  • Mual dan muntah
  • AIDS

Argumen Menentang

Dari contoh teks diskusi di atas, ada pula yang menentang terkait hal tersebut. Narkoba tidak sepenuhnya buruk, apabila digunakan dengan tepat. Jenis-jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran. Misalnya, untuk melakukan bius terhadap pasien. Namun, dengan dosis kecil, sehingga tidak berdampak negatif.

Kesimpulan

Ketika sudah mengetahui apa saja bahaya yang muncul akibat penyalahgunaan narkoba, baiknya hindarilah obat-obatan terlarang tersebut. Serta, bijaklah dalam memilih lingkup pergaulan. Sebab, di zaman yang semakin maju ini, pergaulan semakin bebas.

 

6. Contoh Teks Diskusi Tentang Pembelajaran Jarak Jauh (Belajar online)

Isu

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah membahas tentang pembelajaran jarak jauh alias belajar online. Pihaknya kemudian memberikan wewenang kepada pemerintah daerah, sekolah, dan orangtua terkait kegiatan belajar mengajar tatap muka. Jika ketiga pihak tersebut memberikan izin, maka siswa dapat kembali belajar di sekolah. Tentunya dengan syarat, harus mematuhi protokol kesehatan.

Argumen Mendukung

Keputusan tersebut dirasa sudah tepat. Sebab, hampir dua semester, para siswa menerima pembelajaran secara daring. Sehingga pembelajaran yang diserap tidak seefektif ketika tatap muka. Banyak yang merasa tidak nyaman ketika melakukan belajar online. Bahkan, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, seorang siswa mengakhiri hidupnya karena beban tugas online. Masing-masing daerah memiliki menyebaran Covid-19 yang berbeda-beda.

Pemerintah daerah haruslah bertanggung jawab pada daerahnya masing-masing. Apabila daerah tersebut sudah memasuki zona hijau, maka sebaiknya kegiatan belajar tatap muka sudah boleh terlaksanakan. Selain itu, pihak sekolah dan orangtua, harus turut berperan aktif dalam mendukung pembelajaran tatap muka, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Argumen Menentang

Meninggalnya seorang siswa di Gowa, Sulawesi Selatan, disebabkan karena beratnya beban tugas, bukan karena pembelajaran secara darig. Seharusnya, kejadian tersebut dapat menjadi evaluasi, bagaimana melakukan pembelajaran daring dengan tepat dan seimbang untuk kesehatan mental siswa. Bukan serta merta menghentikannya begitu saja.

Negara kita tidak menjamin tes masal, pelacakan riwayat korban, panangguhan transportasi secara tegas, atau melakukan karantina menyeluruh. Meski sudah masuk zona hijau dan mengikuti protokol, tetapi risiko penyebaran di klaster sekolah sangat besar.

Ada relasi kuasa antara pemerintah daerah, sekolah, dan orang tua. Tidak dapat dipungkiri, orang tua dihadapkan dengan pilihan efektifitas pembelajaran atau keselamatan nyama siswa. Padahal keduanya dapat berjalan beriringan. Kemendikbud harusnya merumuskan kurikulum pembelajaran jarak jauh yang tidak menjadi beban mental siswa, selama Covid-19 masih ada.

Kesimpulan

Kemendikbud mengizinkan pembelajaran tatap muka dengan beberapa syarat. Karena beratnya beban para siswa dalam mengerjakan tugas selama pembelajaran jarak jauh, sehingga menganggu kesehatan mental mereka. Maka Kemendikbud semestinya dapat merumuskan kurikulum pembelajaran jarak jauh yang ramah terhadap kesehatan mental siswa.

 

7. Contoh Teks Diskusi Tentang Internet

Isu

Kehadiran internet banyak membantu setiap aspek kehidupan manusia. Sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun dapat kita lakukan, baik hal positif maupun negatif. Sebagai media komunikasi, internet sangat memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di penjuru dunia.

Argumen Mendukung

Banyak siswa yang cukup terbantu karena kehadiran internet. Bahkan, tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan mencarinya di internet. Meski demikian, selain memberikan dampak positif, internet juga punya sisi negatif. Bagaikan mata uang dengan dua sisi. Namun, hal tersebut tergantung bagaimana kita menghadapinya.

Argumen Menentang

Ada sejumlah pengaruh negatif yang timbul dari internet. Seperti yang beredar di beberapa media, bahwa adanya kasus penculikan yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Kesimpulan

Dari kedua argumen contoh teks diskusi di atas, mengimbau bagi semua pihak, mulai dari orangtua, guru, maupun siswa untuk bijak dalam menghadapi kecanggihan teknologi yang ada. Sebaiknya, kita sama-sama mencegah dampak negatif yang berakibat dari internet. Pemerintah juga harus turut serta dalam memblokir situs-situs yang tidak baik. Untuk para orangtua, diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar mereka tidak terjerumus dalam hal negatif.

 

8. Contoh Teks Diskusi Tentang Olahraga

Isu

Jogging adalah salah satu olahraga ringan yang banyak digemari orang. Seperti setiap wujud olahraga lainnya, jogging juga menjanjikan keunggulan dan risikonya sendiri.

Argumen Mendukung

Lari atau jogging adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan secara rutin. Terlebih, jenis olahraga ini tidak memerlukan banyak perlengkapan. Selama kamu memiliki sepasang sepatu dan waktu luang, kamu bisa melakukannya. Di samping itu, tidak seperti olahraga lainnya yang memerlukan lapangan, jogging bisa dilakukan kapan saja. Dengan begitu, kita akan semakin mudah untuk menekuninya.

Argumen Menentang

Tak sedikit orang yang melakukan olahraga jogging demi melangsingkan tubuhnya. Padahal, pada kenyataannya, ini bukanlah wujud olahraga yang efektif dalam mencapai tujuan tersebut. Memang mudah dan memberikan efek segar, tapi tujuan melangsingkan tubuh, bukan pilihan yang tepat. Kalaupun olahraga ini dapat menurunkan berat badan, mungkin hanya terjadi di permulaan saja. Namun, hal ini diiringi dengan penyusutan massa otot, yang justru memicu lemak dan kenaikan berat badan.

Kesimpulan

Lari dan jogging merupakan salah satu olahraga yang mudah untuk kita lakukan. Meski demikian, jika melakukannya terlalu sering, maka akan mengganggu kesehatan kamu. Untuk itu olahraga lari atau jogging dapat kamu lakukan seminggu 2-3 kali saja. Jangan melakukan jogging atau lari setiap hari, karena akan mempengaruhi kesehatan.

 

9. Contoh Teks Diskusi Tentang COVID

Isu

Covid-19 yang mewabah di dunia, merupakan salah satu di antara jenis penyakit berbahaya yang berasal dari virus Corona. Di mana, mengidapnya dapat merasakan sakit di tenggorokan, sesak napas, sakit kepala, hingga meninggal dunia. Apalagi, virus tersebut dapat menular secara mudah dari satu orang ke orang lain.

Argumen Mendukung

Virus Covid-19 memang sangat membahayakan. Sebab, mengidapnya dapat merasakan efek yang begitu menyiksa. Mulai dari tenggorokan terasa kering, gangguan pernapasan yang membuat sesak napas, gangguan fungsi pada paru-paru, dan gejala lainnya.

Argumen Menentang

Meski Covid-19 dapat memberikan efek yang mengerikan. Namun, virus tersebut tidak akan menyerang apabila kita menjaga pola hidup yang sehat. Mulai dari menjaga kebersihan tubuh, tempat, pakaian, lingkungan, dan makanan. Serta mematuhi seruan yang digemakan oleh pemerintah.

Kesimpulan

Kalau kita sudah mengetahui apa saja bahaya yang terjadi karena virus tersebut. Makan, sudah sepatutunya kita segera menghindari penularannya dengan cara melaksanakan pola hidup bersih dan mematuhi kebijakan pemerintah untuk kebaikan bersama.

 

10. Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi

Isu

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, dapat kita manfaatkan untuk melahirkan sebuah karya. Dengan berbagai cara dan media yang mereka gunakan akhirnya di zaman modern ini sudah banyak berkembang pembuatan film dan pengunggahan video melalui media sosial atau sering kita sebut YouTube.

Argumen Mendukung

Mayoritas dari kita, tentu sudah paham betul mengenai media sosial yang dapat mengunggah dan menonton video. Sebuat saja YouTube. Banyak yang menyukai dan banyak pula yang tidak suka. Mereka berdalih dengan melihat sebuah video, mereka bisa mempermudah belajar bahasa asing, menambah wawasan, menambah motivasi. Selain itu video juga merupakan satu di antara media massa.

Argumen Menentang

Di sisi lain, tak sedikit orang yang kurang menyukai kehadiran industri perfilman dan YouTube. Mereka beranggapan bahwa kedua hal tersebut, lebih banyak memberikan dampak negatif bagi negerasi muda. Selain itu. kedua hal tersebut bisa menjerumuskan dan menghabiskan waktu generasi muda dengan sia-sia, serta karakter asli generasi muda Indonesia juga akan makin tergerus dengan adanya pengaruh dari media sosial tersebut.

Kesimpulan

Oleh karena itu, generasi muda Indonesia harus kita bina dan kita perbaiki agar menghasilkan generasi yang lebih unggul di masa depan. Agar keinginan itu terwujud peran orang tua serta guru di sekolah menjadi satu di antara kunci kemajuan generasi muda.

Baca Juga: 15 Contoh Surat Kuasa Untuk Berbagai Keperluan

Demikianlah informasi yang Seruni berikan mengenai teks diskusi, mulai dari pengertian hingga contoh teks diskusi. Dengan adanya ulasan ini, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

  • Bagikan
seruni.id