Kumpulan Doa untuk Orang Tua Tercinta Lengkap dengan Artinya!

  • Bagikan
Kumpulan Doa untuk Orang Tua Tercinta Lengkap dengan Artinya!
berbagisemanagt.com

Seruni.id – Kewajiban kita sebagai anak adalah berbakti kepada kedua orang tua. Ada beragam cara yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan memanjatkan doa untuk orang tua. Bagi yang masih memiliki orang tua lengkap, kita bisa berdoa agar keduanya dapat diberikan keberkahan usia, kebahagian, dan ketenangan dalam hidup. Sebab, sebagai anak, tentunya kita tidak ingin melihat mereka bersedih, kan?

Begitupun, ketika keduanya atau salah satunya telah meninggal dunia. Bukan berarti kita berhenti untuk mendoakannya, ya. Berdoa harus terus kita lakukan. Sebab, ketika kita memanjatkan doa untuk orang tua, hal tersebut merupakan amalan yang tidak akan terputus, sekalipun orang tua telah tiada. Hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya,

“Jika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Ada beberapa doa untuk orang tua yang bisa kamu baca dan disesuaikan dengan keadaan, misalnya saat orang tua masih ada atau pun sudah meninggal, yakni sebagai berikut:

1. Doa untuk Orang Tua yang Masih Hidup

Kumpulan Doa untuk Orang Tua Tercinta Lengkap dengan Artinya!
sampaijauh.com

Sejak kecil, mungkin kita telah diajarkan untuk memanjatkan doa untuk orang tua. Di mana dalam doa tersebut, kita memohon ampun untuk keduanya, memohon kepada Allah SWT, agar keduanya disayangi. Adapun bacaan doa untuk orang tua yang masih hidup dalam bahasa arab dan latin berikut ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

“Allahumma fighfirlii w liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shagiraa”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil.”

2. Doa untuk Orang Tua Sebagai Permohonan Ampunan

Kumpulan Doa untuk Orang Tua Tercinta Lengkap dengan Artinya!
wajibbaca.com

Orang tua adalah mereka yang paling berjasa dalam hidup kita. Mereka adalah dua orang yang telah mendidik dan merawat kita hingga dewasa, tanpa meminta imbalan apa pun. Bermiliar-miliar uang yang kita miliki, tidak akan bisa membalas jasa keduanya. Maka, berbaktilah kepada mereka. Salah satu caranya adalah dengan berdoa.

Doa untuk orang tua yang satu ini sama seperti doa yang sebelumnya. Hanya saja, lebih panjang. Berikut bacaan doa untuk orang tua beserta huruf latin dan artinya:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَوَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa orang tuaku, kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia.

Dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampunan dan belas kasihanilah karena Engkau Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

3. Doa untuk Orang Tua yang Sedang Sakit

Kumpulan Doa untuk Orang Tua Tercinta Lengkap dengan Artinya!
cnnindonesia.com

Sebagai seorang anak, tentu sangat sedih jika orang tua jatuh sakit. Selain merawatnya, kita juga bisa membacakan doa untuk orang tua yang sedang sakit. Bacaan doa tersebut juga bisa menjadi obat mujarab bagi mereka. Panjatkan doa berikut ini agar Allah SWT segera mengangkat penyakitnya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“Allahumma raabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fuhu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syafaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.”

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah ia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

4. Doa untuk Orang Tua yang Sakit Parah

Kumpulan Doa untuk Orang Tua Tercinta Lengkap dengan Artinya!
haibunda.com

Ketika orang tua dilanda sakit parah, berikut doa yang dapat dipanjatkan oleh anak, sehingga penyakitnya segera diangkat oleh Allah SWT.

اللَّهُمَّ اَحْيِنِي مَاكَا نَتِ الْحَيَاةُ خَيْرً الِّى وَتَوَ فَّنِى مَاكَا نَتْ الوَ فَاةُ خَيْرًا لِى

“Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli.”

Artinya: “Ya Allah, hidupkanlah ia apabila itu yang terbaik baginya. Dan matikanlah ia apabila kematian itu lebih baik baginya.”

5. Doa untuk Orang Tua yang Telah Meninggal Dunia

Kumpulan Doa untuk Orang Tua Tercinta Lengkap dengan Artinya!
islamidia.com

Doa untuk orang tua yang sudah meningggal ini, dialamatkan kepada kita sebagai anak. Kita dapat mengamalkan doa ini setiap hari, tapi akan lebih baik jika membacanya selepas salat wajib. Adapun bacaan doa untuk orang tua yakni sebagi berikut:

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia, dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkanlah ia dengan air salju dan air yang sejuk.

Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya di dunia dengan rumah yang lebih baik di akhirat, serta gantilah keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangkanlah ia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur maupun siksa api neraka.”

Keutamaan Membaca Doa untuk Orang Tua

Setelah mengentahui beberapa doa untuk orang tua dan mengamalkannya. Kita juga perlu tahu apa saja keutamaannya dari membaca doa untuk orang tua. Dengan begitu, kita tak akan berhenti mendoakan keduanya.

Apalagi, memanjatkan doa untuk orang tua menjadi hadiah terindah yang tidak bisa tergantiakn denagn apa pun. Selain itu, dengan mendoakannya setiap saat, kita bisa memperoleh pahala yang besar. Adapun beberapa keutamannya adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan Ridha Allah SWT

Keutamaan membaca doa untuk orang tua yang pertama yaitu, akan mendapatkan ridha dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang disebutkan di dalam hadis, yang diriwayatkan oleh HR. Thabrani berikut ini,

“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.”

Berdasarkan sebuah hadis di atas, kita dapat menyimpulkan, bahwa ketika ingin mendapatkan ridha dari Allah, maka raihlah ridha orang tua terlebih dahulu. Oleh sebab itu, jangan pernah sia-siakan kesempatan untuk meminta ridha dari keduanya.

2. Perilaku yang Allah Cintai

Memanjatkan doa untuk orang tua adalah perilaku yang Allah SWT cintai. Menghormati dan memuliakan keduanya menjadi hal terpuji. Sebagaimana yang tertuang di dalam hadis riwayat HR. Mutaffaqun alaih. Isi dari hadis tersebut intinya, jika amalan yang paling Allah cintai itu salat tepat waktu, berbakti kepada orang tua, dan jihad di jalan Allah.

3. Murah Rezeki

Dengan memanjatkan doa untuk orang tua, Insya Allah, akan dimudahkan dalam meraih pintu rezeki. Perlu diingat, rezeki tidak hanya berbentuk materi saja, ya. Bisa dengan kesehatan, keberkahan usia, atau dikelilingi dengan orang-orang baik. Namun, nikmat sehat menjadi rezeki terbesar yang patut kita syukuri.

Maka dari itu, selalu usahakan untuk memanjatkan doa untuk keduanya. Hal ini juga sudah tampak jelas pada penjelasan surah Luqman ayat 14. Isi dari penjelasan surah tersebut yaitu perintah Allah SWT untuk berbakti kepada kedua orang tua. Sebab, ibu sudah mengandung dalam keadaan lemah dan menyapih dalam waktu 2 tahun.

Maka bersyukurlah kepada Allah SWT dan kedua ibu bapak karena hanya kepada Sang Pencipta semua kembali. Semua akan mendapatkan pahala dari keutamaan doa kedua orang tua.

Cara Berbakti kepada Orang Tua

Selain memanjatkan doa untuk orang tua, kita juga harus tahu bagaimana caranya untuk berbakti kepada keduanya. Karena mereka memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan kita. Memupuk rasa cinta dan kasih sayang kepada kedua orang tua juga akan menghindari kita dari kemurkaan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda,

“Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua, dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua.” (HR Tabrani).”

Adapun beberapa cara berbakti kepada kedua orang tua adalah sebagai berikut:

  • Menunjukkan rasa sopan santun dan hormat pada keduanya.
  • Mematahui perintahnya selama tidak bertentangan dengan agama.
  • Tidak berkata kasar.
  • Menuruti nasihat keduanya. Ketika ditegur kamu akan menyadari bahwa perbuatanmu tidak diridhai orang tua.
  • Membantu pekerjaan orang tua dalam aktivitas sehari-hari.
  • Menjaga nama baik keduanya dengan cara selalu berbuat baik.
  • Menjaga dan merawat keduanya, terlebih ketika mereka sudah memasuki usia lanjut.

Lantas, bagaimanakah cara untuk berbakti ketika orang tua telah meninggal dunia? Kamu bisa menunjukkannya dengan cara berikut ini:

  • Mematuhi segala nasihatnya semasa mereka masih hidup.
  • Menjaga nama baiknya.
  • Sering membacakan doa untuk orang tua agar diampuni segala dosa-dosanya dan dilapangkan kuburnya.

Baca Juga: 25 Hal yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membahagiakan Orang Tua

Mari sayangi dan hormati keduanya selama mereka masih ada. Bahagiakanlah mereka dan jangan membuatnya menangis. Demikian beberapa doa untuk orang tua yang dapat Seruni ulas. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita semua. Jangan lupa bagikan artikel ini, ya.

  • Bagikan
seruni.id