Jarang Diketahui, ini 5 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

Jarang Diketahui, ini 5 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

Seruni.id – Telur adalah bahan makanan yang praktis dan bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang lezat. Kebanyakan orang akan langsung membuang cangkang telur ketika telah digunakan. Sebab, mereka berpikir bahwa kulit telur yang sudah tidak ada isinya maka tidak dapat dimanfaatkan kembali. Padahal, kulit telur tersebut memiliki banyak manfaat untuk tanaman, loh. Hal ini tentu saja akan bermanfaat bagi orang-orang yang memelihara tanaman di rumah.

Jarang Diketahui, ini 5 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman

Salah satu manfaat utamanya yakni dapat meningkatkan nutrisi pada tanaman. Karena hampir seluruh jenis kulit telur terbuat dari kalsium karbonat, yang dibutuhkan tubuh kita untuk kesehatan tulang dan otot. Tanaman juga membutuhkannya dan kita dapat memberikannya kepada mereka melalui beberapa cara, seperti melalui kompos atau tanah.

Sebelum memanfaatkan kulit telur pada tanaman ada baiknya untuk membilasnya terlebih dahulu dan pastikan tidak ada bagian putih lengket yang tersisa. Kemudian, biarkan mengering. Adapun beberapa manfaat kulit kulit telur untuk tanaman, antara lain:

1. Mencegah Hama

Dalam dunia pertanian, hama adalah organisme penganggu tanaman yang bisa menimbulkan kerusakan secara fisik. Maka dari itu banyak para petani berusaha untuk menghilangkan hama tersebut. Cara ini juga berlaku untukmu yang gemar bercocok tanam. Jika sulit menemukan bahan yang dapat mencegah hama, kamu bisa loh memanfaatkan kulit  telur. Kamu hanya perlu menebarkan serpihan kulit telur di sekitar tanaman. Kalau kamu melakukannya secara rutin, maka hama seperti cacing dan siput bisa segera menghilang. Sebab, serpihan cangkang telur bisa menjadi penghalau hama bertubuh lunak karena teksturnya yang keras dan kasar.

2. Sebagai Pupuk

Kamu juga bisa memanfaatkan cangkang telur sebagai pupuk. Bisa kamu tebarkan pada tanaman tomat, paprika, hingga terong. Nantinya tanaman akan menyerap kalsium dari kulit telur sehingga dapat tumbuh tanpa masalah. Untuk manfaat maksimal, taburkan kulit telur ke setiap lubang sebelum ditanam. Kemudian, taburkan cangkang tambahan di sekitar pangkal tanaman setiap dua minggu.

3. Mencegah Hewan Berkeliaran di Sekitar Tanaman

Ada beberapa hewan yang bisa merusak tanaman. Seperti ayam, kucing liar, dan lainnya. Hal ini karena ia suka buang air besar di sekitar tanaman. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tanaman, cobalah taburkan serpihan cangkang telur pada tempat-tempat yang sering hewan kunjungi. Cangkang kulit yang kasar akan membuat mereka menjauhi tanaman dan mencari tempat lain yang di rasa lebih nyaman.

4. Kompos

Kulit telur juga bermanfaat untuk pengomposan. Selain karena mudah memecahkannya, cangkang kulit telur juga bisa menambahkan dosis kalsium yang baik untuk tanaman. Sebelum menambutkannya, pastikan cangkang telur sudah kering, sehingga tidak menarik makhluk lainnya yang tidak kamu inginkan.

5. Pot Bibit

Kamu tidak perlu membeli pot kecil untuk menanam benih tanaman, loh. Sebab, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan sisa agar lebih hemat. Misalnya dengan menggunakan cangkang telur. Selain lebih hemat, dengan cangkang telur pot buatanmu akan tampak aestetik. Cukup siapkan setengah cangkang kulit telur dan isi dengan sedikit tanah. Lalu, masukkan bibit dan siram dengan sedikit air dan tunggi hingga benih siap ditanam.

Baca Juga: Resep Telur Dadar Padang Sederhana Ala Rumahan

Itulah manfaat cangkang telur yang belum banyak diketahui. Jika tertarik, maka jangan lupa simpan kulit telur setelah menggunkannya, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.