11 Makanan yang Bisa Timbulkan Rasa Kantuk

kitamuda.id

Seruni.id – Kita semua pasti berharap mendapatkan energi lebih usai mengonsumsi makanan. Tetapi rasa yang didapatkan setelah beberapa jenis makanan justru berujung pada rasa kantuk yang tak terkendali.

Image result for makanan yang bisa bikin ngantuk
bintang.com

Ragam makanan yang membuat tubuh menjadi lelah, lesu, hingga rasakan kantuk adalah makanan yang mengandung gula tinggi dan berlemak. Berikut ini adalah daftar makanan yang bisa timbulkan rasa kantuk usai memakannya:

Madu

Related image
greenprophet.com

Manis alami madu akan meningkatkan insulin dan membantu asupan triptofan memasuki otak yang dapat menenangkan tubuh dan menyebabkan rasa kantuk. Menurut Lindsey Duncan di DrOZ.com satu sendok madu sebelum dicampur dengan teh kamomil dijamin membuat tidur nyenyak.

Roti

Related image
ramesia.com

Kandungan karbohidart pada roti tidak memberikan cukup serat bagi tubuhmu. Artinya, jika tubuh tidak memnuhi kebutuhannya, maka rasa lelah dapat mengakibatkan rasa kantuk sesaat. Selain itu, mengonsumsi roti juga akan meningkatkan kadar gula darah yang merangsang produksi insulin. Sebagai solusinya, kamu bisa memilih roti berbahan dasar gandum yang lebih baik untuk kesehatan.

Almond

Image result for Almond
healthline.com

Di dalam almond, terdapat kandungan triptofan dan magnesium cukup tinggi dan kedua zat ini berperan dalam membuat fungsi saraf serta otot menjadi berkurang sehingga otomatis kamu bisa merasa sangat rileks dan perlahan akan muncul rasa kantuk. Kedua zat tersebut mampu menstabilkan irama jantung.

Pisang

Related image
hellosehat.com

Buah ini juga mampu memberi rasa kantuk setelah kamu mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membuat saraf serta otot lebih tenang. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam pisang akan membuat triptofan berubah menjadi serotonin sehingga tubuh yang tegang akan berubah menjadi lebih santai.

Permen

Related image
hellosehat.com

Mengonsumsi makanan manis seperti permen, akan mudah membuat seseorang merasa lelah dan malas. Karena kadar glukosa pada darah akan meningkat ketika seseorang mengonsumsi makanan manis secara berlebih. Jika dibiarkan, hal ini akan meningkatkan reproduksi insulin yang menyebabkan penyakit diabetes. Saat produksi insulin meningkat dan glukosa menurun secara tiba-tiba seseorang akan merasa mengantuk dan lelah.

Pizza

Related image
hindustantimes.com

Kelezatan pizza memang tak bisa dipungkiri lagi, namun kandungan dan bahan dasar pizza mengandung lemak yang sangat banyak. Setelah mengonsumsi pizza tubuh membutuhkan lebih banyak energi dalam mencerna dan memproses makanan, sehingga tubuh mudah merasa lelah. Untuk itu, sebaiknya kamu mengonsumsi pizza dalam porsi yang sedikit atau kecil.

Susu

Image result for Susu
Glitzmedia.co

Secangkir susu hangat adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan tidur nyenyak, namun jika kamu mengkonsumsi susu di sela aktivitas, kemungkinan besar kamu akan ditimpa seribu ton rasa kantuk. Penyebab dari rasa ngantuk akibat susu berasal dari kadar lemak yang hadir di dalam segelas susu. Jika kamu berniat untuk menyantap segelas susu di siang hari, pilihlah susu dengan kadar lemak rendah.

Nasi

Related image
klikdokter.com

Nasi yang merupakan makanan pokok kita juga bisa menimbulkan rasa kantuk, kenapa? Karena tinggi kadar glikemik pada nasi dapat merangsang produksi melatonin dan triptofan. Apalagi kalau ditambah lauk seperti sawi, tuna, telur rebus, atau udang. Dijamin kamu bisa terlelap deh.

Baca Juga: Tips Agar Nasi di Rice Cooker Tak Mudah Basi dan Kering

Keju

Related image
hipwee.com

Keju merupakan salah satu produk susu yang sangat nikmat dan disukai oleh berbagai kalangan. Keju memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membuat kamu sehat dan terhindar dari penyakit. Gangguan tidur alias insomnia pun mampu diatasi dengan mengonsumsi keju, karena keju biasanya hanya dimanfaatkan untuk menaikkan berat badan atau menambah asupan mineral. Memang betul, kandungan kalsiumlah yang menawarkan kebaikannya dalam mengobati gangguan sulit tidur alias insomnia.

Dark Chocolate

Image result for Dark Chocolate
food.ndtv.com

Cokelat disebut sebagai makanan penyebab kantuk yang baik dalam membuat tubuh serta pikiran lebih rileks dan cocok untuk dikonsumsi bagi yang tengah berada dalam kondisi stres. Kenyataannya, dark chocolate yang memberikan efek tenang pada pikiran dan tubuh karena kandungan serotonin dalam dark chocolate cukup tinggi, maka saat kamu mengonsumsinya, kamu akan merasa sangat rileks dan cepat mengantuk.

Kangkung

Image result for Kangkung
google.com

Telah dipercaya oleh masyarakat kita bahwa kangkung adalah jenis sayuran yang mampu membuat pengonsumsinya menjadi cepat mengantuk. Terkenal sebagai makanan penyebab kantuk yang bisa memicu seseorang merasa ingin tidur, sebetulnya belum ada penelitian yang dapat menjelaskan secara pasti tentang kebenaran dari efek kangkung tersebut. Namun, banyak yang menduga bahwa kangkung ini memiliki senyawa kimia sedatif. Banyak yang mencurigai adanya zat di dalam kangkung yang dapat membuat pengonsumsinya menjadi lebih tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.