9 Manfaat Buah Matoa

samudrabibit.com

Seruni.id – Kamu mungkin pernah mendengar nama buah matoa? Munkin agak asing di telinga karena buah ini banyak ditemukan ditanah Papua dan sulit ditemukan di daerah lain. Buah ini memiliki bentuk lonjong seperti pinang dan rasanya manis, juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, loh. Apa saja sih manfaat buah matoa yang bisa kita rasakan? Simak penjelasannya dibawah ini.

Menjadikan Mata Lebih Sehat

Image result for Menjadikan Mata Lebih Sehat
liputan6.com

Mata yang kita miliki harus sehat, karena banyak aktifitas yang membutuhkan penglihatan yang baik. Namun, sebagian orang juga memiliki keluhan pada matanya, seperti mata lelah, mata minus, mata merah, mata bintitan dan lainnya. Mata yang sehat biasanya identik dengan tercukupinya vitamin A yang masuk dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah matoa ini, mata kita akan lebih sehat karena ternyata buah matoa mengandung vitamin A yang memang dibutuhkan mata. Selain itu, kita juga mengkonsumsi hal lain seperti jus wortel yang juga baik untuk mata. bahan alami masih lebih baik dan aman untuk digunakan, dibandingkan obat -obatan yang mengandung bahan kimia.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Image result for Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
hellosehat.com

Manfaat buah matoa selanjutnya adalah mampu bantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Bahkan tak hanya daging buahnya saja, ekstrak biji dan daunnya juga terbukti bisa bantu menurunkan darah tinggi.

Ekstrak buah matoa mengandung zat yang bersifat diuresis, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Ketika cairan di dalam tubuh terlalu banyak, tekanan darah akan otomatis meningkat. Jadi, jika kadar cairan kembali normal bisa membuat tekanan darah turun.

Bantu Menangkal Penyakit Kronis

Related image
hellosehat.com

Buah matoa dapat menangkal penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Mengapa buah ini bisa bantu mencegah serangan penyakit kronis? Buah matoa ternyata juga kaya akan zat tanin yang merupakan antioksidan. Antioksidan adalah penangkal utama radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas menyebabkan banyak sel-sel rusak, hingga menyebabkan penyakit kronis, bahkan kanker. Meskipun begitu, manfaat buah matoa yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut. Pasalnya, para ahli belum mengetahui seberapa banyak zat tanin yang harus dikonsumsi supaya radikal bebas tidak terjadi di dalam tubuh.

Membersihkan Racun dalam Tubuh

Related image
medcom.id

Di dalam tubuh kita, ada berbagai zat yang masuk, baik dari makanan dan minuman, obat-obatan, serta gaya hidup yang kita jalani, seperti merokok dan minum minuman keras tentunya akan memberikan dampak yang negative bagi tubuh kita. jika dilakukan terlalu sering, bisa jadi saat mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, racun secara langsung terserap dan masuk ke dalam tubuh kita.

Jika dibiarkan, kita bisa terkena penyakit tertentu yang akan mengganggu aktifitas kita. dengan mengkonsumsi buah matoa, mampu membersihkan racun dalam tubuh dan mengeluarkanya melalui keringat dan sistem pencernaan. Buah matoa memang banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Mencegah Stroke

Image result for Mencegah Stroke
timesindonesia.co.id

Stroke juga cukup sering dialami oleh sebagian masyarakat ini, tidak peduli tua ataupun muda. Gejala stroke juga awalnya ada yang tidak terdeteksi. Stroke biasanya bisa terjadi karena adanya kelebihan kolesterol pada tubuh kita. untuk mengatasinya, tentu saja kita harus merubah pola hidup yang tidak sehat ini menjadi lebih baik.

Selain merubah pola hidup menjadi lebih sehat, sebaiknya coba untuk mengkonsumsi buah matoa secara rutin dan teratur. Buah matoa juga bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke yang umumnya mudah dialami oleh sebagian orang yang rentan terkena kolesterol tinggi. konsumsi buah matoa secara teratur, untuk hasil yang maksimal dan sesuai keinginanmu.

Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Image result for Vitamin dan Mineral
lifestyle.sindonews.com

Salah satu alasan kenapa kamu harus mencoba makan buah matoa adalah kandungan gizi yang dimiliki buah ini cukup tinggi. Buah matoa kaya akan vitamin C dan E, yang diandalkan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, vitamin C juga berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin E dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria. Dalam buah berkonsistensi kenyal ini terkandung pula beberapa mineral seperti kalsium dan kalium.

Mengatasi Stres

Image result for Mengatasi Stres
jogja.tribunnews.com

Stres adalah suatu penyakit yang umumnya diderita hampir sebagian besar orang. Stress datang karena banyaknya tekanan dalam kehidupan, namun terkadang manusia itu sendiri belum siap untuk menjalaninya. Stres tingkat akut bahkan bisa mendorong orang untuk berbuat hal yang tidak masuk akal dan mengancam jiwanya, seperti melukai diri sendiri bahkan hingga bunuh diri.

Dengan mengkonsumsi buah matoa ini, kamu akan terhindar dari stress. Kandungan buah matoa yang dipercaya mampu memberikan efek tenang bagi orang yang mengkonsumsinya, adalah sebab buah ini bisa jadi obat stres. Jika kamu adalah orang yang sedang banyak pikiran saat ini, buah matoa bisa direkomendasikan untuk kamu konsumsi.

Mencegah Penyakit Jantung

Image result for sakit jantung pada wanita
bintang.com

Penyakit jantung tidak kalah berbahaya dari hanya sekedar stress biasa. penyakit Jantung adalah pembunuh no.1 saat ini di Indonesia, karena orang yang menderita serangan jantung sangan minim kesempatanya untuk bisa selamat. Menjaga kesehatan jantung tentunya sangat diharuskan.

Buah matoa kabarnya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, mengkonsumsi buah ini juga mampu meningkatkan fungsi jantung secara signifikan, jika kamu rajin mengkonsumsinya setiap hari. Jantung adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang harus dijaga secara maksimal.

Mencegah Kanker

Related image
bernas.id

Kanker juga merupakan salah satu penyakit yang cukup sering diderita oleh sebagian masyarakat kita. faktor bertumbuhnya kanker dalam tubuh seseorang juga didukung adanya gaya hidup yang tidak sehat, serta terlalu banyak penggunaan bahan kimia untuk tubuh kita. kanker juga bisa membuat sakit kita menjadi tambah parah, bahkan berisiko kematian.

Dengan kehadiran buah matoa, kabarnya bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Buah yang berasal dari tanah Papua ini juga ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan membantu mengobati kanker. penyakit kanker biasanya memiliki tingkatan tertentu, sehingga sebelum makin parah, segera obati sejak dini.

Baca Juga: Hindari 10 Makanan Penyebab Kanker Ini Yuk!

Itulah sembilan manfaat buah matoa yang akan kita dapatkan. Meski begitu, semua manfaat buah matoa ini memang masih harus diteliti lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba buah dengan rasa unik ini, karena memiliki serat dan kandungan nutrisi yang tak kalah dengan buah lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.