10 Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental, Apa Saja?

  • Bagikan
10 Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental, Apa Saja?
journal.sociolla.com

Seruni.id – Kita tidak bisa memendam perasaan sendirian. Selain bersandar dan berserah pada Tuhan, kita juga butuh teman untuk curhat. Sejatinya, manfaat curhat sangat banyak. Bukan saja melegakan perasaan dan pikiran, tapi juga baik untuk kesehatan mental. Adapun beberapa manfaatnya yakni sebagai berikut:

10 Manfaat Curhat untuk Kesehatan Mental, Apa Saja?
journal.sociolla.com

 

1. Dapat Melepaskan Stres

Manfaat curhat yang pertama yaitu dapat melepaskan stres. Biasanya, isi kepala akan penuh ketika kita dirundung sebuah masalah. Memendamnya sendirian, hanya akan membuat stres dan depresi. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk mengeluarkan apa yang dirasa, dengan cara curhat kepada orang yang terpercaya. Setidaknya dengan bercerita, beban pikiran akan berkurang dan stres pun bisa terlepas. Selain itu, hubungan yang baik juga dapat menumbuhkan kesejahteraan emosional dan memicu pelepasan hormon penurun stres.

 

2. Memperkuat Hubungan

Manfaat curhat selanjutnya, akan membantu kita untuk lebih mengenal seseorang. Terlebih tentang hal-hal yang bersifat emosional dan hubungan yang baik dengan orang lain secara otomatis akan membuat hidup jauh lebih bahagia.

 

3. Merasa Dipedulikan

Dengan menceritakan apa yang dirasakan kepada orang yang dipercaya, akan membuat diri kita lebih merasakan kehadiran orang lain. Sehingga, mereka pun akan lebih peduli dan memberikan perhatiannya. Manfaat curhat, juga akan membuatmu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sehingga akan menjadi lebih bersemangat untuk menyelesaikan masalah yang ada.

 

4. Mendapatkan Perspektif yang Berbeda

Ketika dihadapi sebuah masalah, mungkin kita akan sulit untuk berpikir jernih. Itulah mengapa kita membutuhkan teman untuk berbagi cerita. Apalagi, dalam kondisi tersebut, mungkin kita hanya bisa melihat pada satu sudut pandang saja. Dengan bercerita kepada teman, memungkinkan kita untuk mendapatkan pandangan yang berbeda, yang akan memudahkan dalam menemukan solusi.

 

5. Membuat Mood Menjadi Lebih Baik

Manfaat curhat lainnya, akan membuat mood atau perasaanmu menjadi lebih baik. Apalagi, mood yang baik akan membuat hari-hari menjadi terasa indah dan menyenangkan. Mengapa demikian? Tentu saja karena tidak adanya tekanan dari masalah yang sedang dihadapi.

 

6. Mendapatkan Dukungan

Mencurahkan isi hati atau berbagi cerita dengan orang lain, tidak hanya menenangkan, tapi juga akan mendapatkan dukungan dari orang sekitar. Namun, kamu tidak bisa mencurahkan segalanya kepada sembarang orang, ya. Sebab, tidak semua orang dapat dipercaya dan bisa memberikan solusi terbaik. Bahkan, tak jarang, seseorang justru enggan menerima curhatan dari orang lain. Jadi, sebaiknya carilah orang terdekatmu yang bisa mengertimu.

 

7. Membantu Mengatasi Trauma

Manfaat curhat selanjutnya, dapat membantu kamu dalam menghadapi dan mengatasi trauma yang pernah dialami. Sehingga, kamu lebih yakin dan percaya diri dalam mengatasi masalah-masalah yang sedang dihadapi dan yang terpenting, curhat dapat mencegah terjadinya gangguan mental.

 

8. Membangun Mekanisme Bertahan yang Baik

Masing-masing orang memiliki mekanisme yang berbeda dalam mengahdapi masalahnya. Ada yang menangis seharian, mengurung diri di kamar selama berhari-hari, mencari tempat hiburan, melarikan diri ke tempat sepi, atau justru menjadi lebih banyak makan. Curhat dapat menjadi salah satu mekanisme penyesuaian diri yang sehat dalam menghadapi masalah. Juga dapat membantumu dalam membangun ketahanan terhadap stres yang lebih baik.

 

9. Perasaan Menjadi Lebih Lega

Masalah kerap datang bertubi-tubi tanpa kenal waktu. Sering kali, hal tersebut membuat kita stres. Maka dari itu, dengan mencurahkan isi hati kepada seseorang yang dipercaya dapat membuat perasan lebih lega dan nyaman.

 

10. Mengubah Gaya Hidup

Memendam perasaan sendiri, sering kali membuat hidupmu menjadi terbebani. Malas melakukan aktivitas, sehingga berpengaruh terhadap produktivitasmu. Tentunya hal ini akan menimbulkan risiko terjadinya gangguan kesehatan pada mental dan tubuh. Namun, dengan curhat, gaya hidupmu akan berubah dan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 7 Alasan Pentingnya Berhenti Curhat di Media Sosial

Jadi, itulah 10 manfaat curhat bagi kesehatan mentalmu. Tak ada salahnya untuk mencurahkan isi hatimu, tapi pastikan orang yang kamu pilih untuk menjadi tempat curhat adalah yang terpercaya dan dapat memberi solusi.

  • Bagikan
seruni.id