Maraknya Pencurian, Ini Tips Agar Tanaman Hias di Rumahmu Lebih Aman

Maraknya Pencurian, Ini Tips Agar Tanaman Hias di Rumahmu Lebih Aman
dekoruma.com

Seruni.id – Sejumlah tanaman hias mendadak viral selama masa pandemi Covid-19. Berbagai tanaman mulai dari aglogema hingga janda bolong laris di pasaran, meski harganya sangat tinggi. Selain untuk mengisi waktu luang, kemudahan dalam perawatan menjadi alasan mengapa banyak orang yang berlomba-lomba untuk memilikinya.

Maraknya Pencurian, Ini Tips Agar Tanaman Hias di Rumahmu Lebih Aman
republika.co.id

Namun, dengan adanya fenomena ini, justru dimanfaatkan oleh mereka yang tidak bertanggung jawab. Mengetahui tanaman tersebut memiliki harga yang cukup tinggi, membuat marakanya kasus pencurian terjadi. Lalu, bagaimana agar tanamanmu aman dari pencuri? Berikut Seruni berikan tipsnya.

Maraknya Pencurian

Semakin hari semakin marak pencurian sejumlah tanaman hias yang terjadi baru-baru ini, tentunya mendapat perhatian khusus dari sejumlah praktisi dan pemerhati tanaman hias. Ada beberapa faktor yang membuat mereka melakukan tindakan tersebut. Salah satunya seperti yang sudah disebutkan tadi, yaitu nilai ekonomis dari beberapa jenis tanaman hias yang sedang meroket saat ini. Semenjak adanya pandemi yang memaksa orang untuk beraktivitas di rumah, maka memunculkan hobi baru yaitu diantaranya merawat tanaman hias, hal ini tentunya salah satu pemicu permintaan tanaman hias makin maningkat, sehingga mempengaruhi nilai jual tanaman hias itu sendiri.

Tips Agar Tanaman Mama Tidak Dicuri Orang Lain

1. Gunakan Pot yang Besar dan Berat

Tips pertama agar tanaman hias lebih aman adalah dengan menggunakan pot yang besar dan berat. Cara ini dapat mencegah aksi pencurian tanaman. Sebab, dengan menggunakan pot yang besar dan berat, tanaman akan sulit untuk dipindahkan. Meskipun pot tersebut berat namun ada saja yang tetap nekat untuk mengangkat pot tersebut. Ada baiknya, pasanglah rantai atau bau penanam ke tanah. Dengan demikian, si pencuri akan kesulitan untuk mengambil tanamanmu.

2. Tambahkan Pencahayaan

Kurangnya pencahayaan bisa menjadi salah satu peluang terjadinya aksi pencurian. Apalagi, jika di rumahmu terdapat tanaman yang memang mereka incar. Maka dari itu, penerangan perlu diperhatikan, terutama pada tempat kamu menaruh tanaman. Hal ini bukan hanya mencegah pencurian, tapi juga membantu keamanan rumahmu.

3. Pasang Kamera CCTV

Dengan memasang CCTV, kamu akan mengetahui segala aktivitas yang ada di rumahmu. Bukan hanya itu saja, kamera pengintai tersebut akan sangat bermanfaat ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada rumahmu. Apalagi, banyak pencuri yang menganggap ketika mereka mencuri itu tidak akan tertangkap. Ini membuat kamera CCTV menjadi pencegahan yang sangat baik. Kamu bisa pasang kamera tersebut pada setiap sudut rumah yang terdapat tanaman hias, agar jika kemungkinan buruk terjadi dan tanaman hiasmu dicuri, kamu bisa melihat pelaku pencuri tersebut.

4. Pasang Gembok pada Gerbang Rumah

Kalau tanaman hiasmu berada pada halaman belakang rumah, jangan sampai lupa untuk mengunci gerbang belakang rumahmu, ya. Ataupun jika tanaman hias diletakkan pada teras rumah, kamu juga tidak boleh lupa untuk mengunci gerbang halaman rumah. Karena beberapa pencuri masuk begitu saja ketika gerbang rumah tidak terkunci. Nah, untuk meningkatkan keamanan, jika perlu tanaman dengan harga jutaan rupiah sebaiknya letakkan pada tempat yang tak terlihat orang saat malam hari. Hal ini agar tidak mengundang maling untuk mencuri tanaman mahal.

Baca Juga: Mengenal Jenis Tanaman Janda Bolong yang Harganya Selangit

Itulah beberapa tips yang Seruni berikan, agar tanaman hias yang kamu miliki tetap aman. Jangan sampai tanaman hiasmu yang mahal itu raib dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.