10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

  • Bagikan
10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

Seruni.id – Rumah akan lebih nyaman dipandang mata jika terllihat rapi serta didukung dengan dekorasi dan furnitur yang menarik. Untuk mempercantik hunian, menambah tanaman rambat di teras rumah pun tak masalah, loh. Dengan menambahkan tanaman rambat di teras rumah, akan membuatnya terlihat lebih asri dan sejuk. Ada beragam jenis yang bisa kamu pilih, baik tanaman yang merambat pada dinding ataupun pada atap, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu tertarik, kamu bisa melihat beberapa jenisnya berikut ini, ya.

1. Morning Glory

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

Tanaman rambat yang satu ini sudah cukup populer loh di kalangan penggemar tanaman hias. Dengan bunganya yang indah, tentu akan menambah kecantikan teras rumahmu. Morning glory memiliki beragam spesies dan varian warna. Tanaman ini, bisa kamu pilih untuk memperindah taman vertikal di hunianmu atau sebagai penyejuk kanopi yang memberikan kesan lebih segar sekaligus indah.

2. Clematis

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

Apakah tempat tinggalmu saat ini memiliki suhu yang cukup dingin? Kalau iya, tanaman rambat bernama clematis ini, cocok banget kamu pilih untuk menghias teras rumahmu. Selain terlihat cantik, bunga ini juga mengeluarkan aroma yang manis dan menenangkan. Kamu bisa menaruhnya di dinding maupun pagar rumah. Oh ya, warna bunganya juga beragam, loh. Ada warna putih, pink, ungu, hingga merah. Tanaman rambat ini tergolog mudah tumbuh subur dengan paparan matahari yang cukup. Namun, hindari terlalu seiring menyiram akar clematis, ya. Sebab, hal tersebut hanya akan membuatnya cepat busuk.

3. English Ivy

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

Kalau kamu mencari tanaman rambat yang unik untuk mempercantik teras rumah, english ivy bisa menjadi pilihan yang tepat. English ivy atau dikenal juga dengan hedera helix ini, memiliki bentuk daun yang unik, yakni menyerupai kaki bebek. Warnanya yang cukup hijau dan rimbun, cocok sekali untuk membuat suasana rumah menjadi teduh, asri, sejuk, dan nyaman dipandang mata. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik, sekalipun ia terkena sinar matahari di atas 35 derajat celcius.

4. Coral Vine

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

Coral vine alias air mata pengantin ini merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang juga bisa menghiasi teras ruamhmu. Tanaman dengan bunga berwarna pink ini berasal dari Meksiko, tapi cukup populer juga di Indonesia. Karena bentuk bunganya yang unik, sehingga membuatnya sangat cocok jika dipadukan dengan desain rumah minimalis. Meski perawatannya cukup mudah, tapi jangan sampai lupa memangkaasnya secara rutin, ya. Sebab, pertumbuhan tanaman rambat yang satu ini tergolong sangat cepat.

5. Mandevilla

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

Menginginkan konsep teras rumah bernuansa tropical? Tanaman rambat dengan jenis madevilla bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanaman yang dikenal juga dengan nama rokctrumpet, adalah jenis tanaman merambat berbunga yang tumbuh di iklim tropis. Warna bunganya sangat beragam, ada pink, merah, putih, dan kuning. Namun sayangnya, tanaman ini tidak dapat terkena matahari secara langsung, ya.

6. Tanaman Dollar

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

 

Tanaman rambat selanjutnya adalah Ficus pumila atau lebih sering disebut dengan tanaman dollar. Jenis tanaman merambat ini memiliki akar yang mencengkram kuat pada bidang rambatnya. Tak heran kalau banyak orang memilihnya sebagai penghias tembok atau pagar rumah. Untuk dapat tumbuh subur, tanaman ini harus memiliki media vertikal dengan tekstur yang kasar. Tanaman dollar ini merupakan varian tanaman hias dengan warna hijau cerah. Ketika kamu taruh di teras rumah, maka akan memberikan kesan sejuk dan menyegarkan, apalagi perawatannya pun sangat mudah. Namun, rutinlah memangkasnya jika mulai tumbuh berlebihan.

7. Soapwort

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

Teras rumah yang lebih berwarna mampu memanjakan siapa saja yang melihatnya. Warna tersebut bisa kamu dapatkan dari tanaman rambat yang satu ini nih. Sopwort adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh secara merambat dengan menghasilkan bunga-bunga kecil nan cantik beraroma manis. Ternyata tanaman soapwort pada awalnya dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan sabun, loh. Ini karena mengandung saponin tinggi, yakni senyawa yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan detergen ringan dan sabun. Bisa dibilang soapwort merupakan tanaman yang tahan panas, karena ia dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari yang penuh.

8. Vernonia Elliptica (Janda Merana)

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah
dekoruma.com

Lain halnya dengan tanaman rambat sebelumnya, vernonia elliptica alias janda merana adalah jenis tanaman rambat yang tumbuh menjuntai ke bawah. Sangat cocok sekali ditaruh pada bangunan tropis dengan menanamnya pada balkon atau kanopi atas dan membiarkannya tumbuh menjuntai ke bawah dengan indah dan memberikan kesejukan pada hunian.

9. Bougainvillea

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah

Kalau tanaman rambat yang satu ini, pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian. Bougenvillea atau buogenville ini sangat digemari banyak orang karena perawatannya yang cukup mudah. Apalagi, tanaman ini cepat sekali berbunga dan tahan dengan panas. Warnanya pun cukup beragam, mulai dari pink, merah, orange, hingga putih. Karena tahan dengan panas, maka tanaman bougenvillea harus mendapatkan sinar matahari yang cukup banyak. Oleh karena itu, kamu bisa meletakkannya pada tempat yang terkena matahari, salah satunya adalah di teras rumah.

10. Alamanda

10 Jenis Tanaman Rambat untuk Mempercantik Teras Rumah
dekoruma.com

Tanaman bunga indah yang bisa jadi pilihan tanaman merambat untuk taman cantik selanjutnya adalah bunga alamnda. Bunga yang berbentuk seperti terompet ini, memiliki berbagai macam warna dan cocok sebagai tanaman pagar hijau dengan media tanam yang kuat. Berbunga sepanjang tahun, salah satu cara merawat tanaman khusus untuk tanaman ini adalah dengan memangkasnya dan memastikan tidak ada daun gugur yang tersangkut dan membusuk didalam rimbunnya tanaman merambat satu ini.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias yang Mampu Menyerap Racun di Udara

Jadi, itulah 10 tanaman rambat yang bisa kamu pilih sebagai hiasan di teras rumah. Kamu tertarik dengan tanaman di nomor berapa nih?

  • Bagikan
seruni.id