Mengenal Virus Corona Serta Cara Pencegahannya

Mengenal Virus Corona Serta Cara Pencegahannya
apahabar.com

Seruni.id – Virus corona akhir-akhir ini tengah menjadi sorotan, yang membuat geger masyarakat dunia. Sebab, selain dapat menyebar dengan cepat, virus ini juga telah menyebabkan kematian pada banyak orang di beberapa negara di dunia, salah satunya China.

Mengenal Virus Corona Serta Cara Pencegahannya
detik.com

Dilansir dari cnbcindonesia pada Jumat (24/1/2020), pemerintah China menyebut, virus yang pertama kali muncul di daerah Wuhan ini telah memakan korban jiwa sebanyak 25 orang dan menjangkit lebih dari 830 orang sejak pertama kali muncul akhir tahun lalu.

Apa Sih Virus Corona itu?

Menurut peneliti, virus corona merupakan virus yang kerap menginfeksi hewan. Namun, lambat laun, virus tersebut bervolusi dan menyebar ke manusia. Virus juga disebut mirip dengan SARS yang mewabah di seluruh dunia pada 2002-2003 lalu.

Orang yang terjangkit virus ini, akan menyebabkan infeksi pada hidung, sinus, dan tenggorokan. Gejala umumnya hampir mirip ketika kita sedang mengalami pilek. Bahkan penyebarannya pun sangat mudah terjadi. Virus ini dapat menular malalui udara, termasuk saat penderitanya mengalami batuk dan bersin.

Bagi mereka dengan imun yang rendah, misalnya orangtua atau anak-anak, ada kemungkinan virus ini dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius seperti pneumonia atau bronkitis. Bahkan, bisa menyebar menjadi pneumonia dan mengakibatkan kematian jika tidak segera ditangani.

Bagaimana Cara Mencegah Penularan Pneumonia Akibat Virus Ini?

Meskipun belum ada informasi mengenai virus ini di Indonesia, namun kita tetap harus waspada. Karena virus corona dari kota Wuhan, China ini belum memiliki vaksin pencegahan dari penyakit pneumonia berat akibat virus corona. Jadi, sebisa mungkin kita berupaya mencegahnya dengan cara berikut ini:

• Bagi seseorang yang mengalami gejala demam, batuk, sesak napas, dan baru kembali dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum sakit, sebaiknya sesegera mungkin berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Berikan informasi kepada dokter atau tenaga medis tentang riwayat perjalanan.
• Terapkan etika batuk, yakni menutup mulut atau hidung saat bersin atau batuk dengan menggunakan tisu.
• Jika menderita sakit dengan gejala infeksi saluran napas (demam, batuk, dan flu) jangan lupa gunakan masker dan segera berobat.
• Usai beraktivitas dan memegang berbagai benda di sekitar, maka ada baiknya untuk mencuci tangan secara bersih.
• Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta bilas kurang lebih selama 20 detik. Jika tidak tersedia air, kamu dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen.
• Jika sedang sakit, sebaiknya kurangi aktivitas di luar rumah dan batasi kontak dengan orang lain.

Baca Juga: Obat Radang Tenggorokan Akibat Bakteri Dan VirusObat Radang Tenggorokan Akibat Bakteri Dan Virus

Itulah beberapa informasi penting mengenai penyebaran penyakit pneumonia. Semoga bisa dijadikan sebagai langkah tepat dalam mencegah penyakit tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.