Raih Gelar Doktor ke-2, Oki Setiana Dewi Lulus dengan Predikat Cumlaude

  • Bagikan
Raih Gelar Doktor ke-2, Oki Setiana Dewi Lulus dengan Predikat Cumlaude
instagram.com/okisetianadewi

Seruni.id – Oki Setiana Dewi, artis sekaligus pendakwah, berhasil menorehkan prestasinya di bidang pendidikan. Wanita 33 tahun itu, baru saja meraih gelar Doktor untuk yang kedua kalinya. Ia menjalani sidang promosi Doktor di Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an Jakarta, pada 1 November 2022 kemarin.

Raih Gelar Doktor ke-2, Oki Setiana Dewi Lulus dengan Predikat Cumlaude
instagram.com/okisetianadewi

Dihadiri Orang-orang Tersayang

Dalam momen menegangkan sekaligus membahagiakan itu, Oki Setiana Dewi, didampingi oleh orang-orang tersayangnya. Mulai dari sang suami, Ory Vitro, kedua adiknya, Ria Ricis dan Shindy Putri, serta sang ibunda.

Ada yang berbeda dalam sidang kali ini. Dua tahun lalu, Oki menjalani sidang dalam keadaan tengah hamil anak bungsunya dan seluruh keluarga pun masih lengkap menghadiri, termasuk sang ayah. Namun, kini sang ayah telah tiada.

“Ada perbadaan dengan sidang promosi doktor kemarin. Dalam sidang sebelumnya, saya tengah hamil 9 bulan hingga agak merasa lelah ketika berdiri lama dalam mempertahankan disertasi hehe.. Serta seluruh keluarga lengkap menghadiri, termasuk alm. Papa.” tulis Oki melalui akun Instagramnya.

Meski begitu, Oki Setiana Dewi, akan selalu mengingat nasihat dari almarhum ayahnya itu.

“Alm Papa mengajarkan pada kami anak-anaknya, ‘Jangan pernah menyerah sebelum berperang’.”

“Jangan pernah menyerah sebelum mencoba segala sesuatu dengan usaha dan doa semaksimal yang kita bisa untuk meraih impian kita.”

Lulus dengan Predikat Cumlaude

Sidang dilakukan secara terbuka alias promosi dihadapan para guru besar, di antaranya Prof. Dr. K.H Nasaruddin Umar, M.A., Porf. Dr. Darwis Huda, M.Si., Prof. Dr. Hamdani Anwar, M.A., dan Prof. Dr. Ahmad Thib Raya.

Mengambil disertasi dengan judul “Pendidikan Moderasi Agama dalam Keluarga Berbasis Al-Qur’an. Akhirnya, Oki Setiana Dewi dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

Sebelumnya, ibu empat anak itu, menyelesaikan studi S1-nya di Universitas Indonesia dan S2 di Universitas Jakarta. Kemudian, ia mengambil progam studi Doktor di jurusan Pengkajian Islam Konsentrasi Komunikasi dan Dakwah di Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah sejak 2016 silam.

Disertasi miliknya yang berjudul Penerimaan Kelas Menengah Muslim terhadap Dakwah Salafi dan Jamaah Tabligh; Studi Pengajian Selebriti Hijrah (2000-2019) sukses mengantarkannya mendapat predikat cumlaude pada saat itu.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Kamu yang Masih Bingung Soal Minat dan Bakat

Di tahun yang sama, Oki Setiana Dewi juga mengambil program studi Doktor Ilmu Al Quran dan Tafsir Konsentrasi Pendidikan Berbasis Al Quran, di Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an Jakarta dan hari ini dia berhasil menyelesaikannya.

  • Bagikan